Istilah dalam dunia Hidroponik, pemula wajib tau

Hidroponik adalah salah satu metode tanam yang mengandalkan air sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.

Air baku untuk tanaman hidroponik biasanya di beri campuran nutrisi atau bisa juga di kombinasikan dengan kolam ikan sehingga nutrisi tanaman didapat dari kotoran ikan yang ada di dalam kolam.

Istilah yang sering digunakan dalam dunia Hidroponik, pemula wajib untuk mengetahuinya agar lebih mudah memahami dan menggeluti dunia hidroponik.

Jika kita mulai menggeluti sebuah bidang disiplin ilmu yang baru, mungkin kita akan menemukan istilah-istilah asing yang belum pernah kita dengar sebelumnya.

Begitu juga dalam dunia hidroponik. Bagi anda yang masih pemula mungkin akan asing dengan beberapa istilah yang sering digunakan yang beberapanya akan dirangkum dalam daftar berikut ini.

istilah dalam hidroponik


1. Rockwoll
Media tanam yang sering digunakan dalam teknik bercocok tanam secara hidroponik. Rockwoll digunakan untuk menyemail bibit tanaman yang nantinya akan di besarkan secara hidroponik.

2. Abmix
Pupuk nutrisi yang harus dicampurkan ke dalam air baku sebagai sumber nutrisi tanaman.

3. EC Meter
Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui kadar larutan nutrisi dalam air. EC adalah electrical conductivity yang diukur menggunakan EC Meter, merupakan alat bantu untuk mengetahui kandungan garam terlarut dalam air nutrisi.

4. HSS
Singkatan dari hari setelah semai. Adalah satuan ukur untuk mengatahui umur bibit tanaman.

5. HST
Adalah singkatan dari haribaetelah tanam adalah satuan ukur untuk mengetahui umur tanaman setelah bibit diletakan ke media tanam / netpot hingga masa panen.

6. Kutilang
Semacam kekurangan pada tanaman akibat kurangnya pasokan nutrisi atau sinar matahari sehinga membuat ranaman tumbuh kurus tinggi langsing atau biasa juga disebut dengan Etiolasi.

7. Tandon
Tempat penyimpanan air nutrisi. Tandon bisa berupa bak, ember, gentong atau tandon.

8. DFT
Singkatan dari Deep Flow Technique Adalah salah satu sistem hidroponik yang meninggalkan genangan air nutrisi dalam gully untuk suplai "makanan" bagi tanaman.

9. NFT
Adalah singkatan dari Nutrien Film Technique. Yang merupakan salah satu sistem tanam hidroponik yang juga umum digunakan. Dalam sistem ini, air nutrisi mengalir tipis-tipis di akar tanaman sehingga tanaman mendapat suplai udara dan nutrisi yang seimbang.

10. Gully
Tempat budidaya berupa talang dimana netpot di letakan. Gully biasa terbuat dari talang air atau dari pipa PVC bulat. Namun sekarang sudah banyak gully buatan pabrik yang sudah siap pakai tanpa repot-repot bikin sendiri. Meskipun harganya agak mahal dari pada pipa paralon tapi bisa menjadi opsi bagi yang ingin praktis.

11. PPM/TDS
TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solids yang merupakan jumlah padatan terlarut dalam air nutrisi. Satuan larutan air nutrisi untuk tanaman hidroponik ini di ukur dengan satuan PPM, singkatan dari part per milion. Alat ukur yang digunakan adalah TDS meter.

12. Aerator
Alat untuk memompa udara kedalam air nutrisi agar akar tanaman mendapatkan suplai oksigen.

13. Pompa Venturi
Alat yang dapat memompa air dan udara untuk keperluan tanaman hidroponik.

14. Simat
Singkatan dari SInar MATahari. Semacam bahasa prokem bagi praktisi hidroponik untuk memudahkan komunikasi agar tidak kepanjangan jika harus menyebutkan "sinar matahari" saat ngobrol tentang tanaman hidroponik.

15. Netpot
Adalah media tempat meletakkan bibit tanaman sebelum meletakannya ke pipa talang agar bibit tidak hanyut ikut aliran air nutrisi.


Itulah daftar istilh-istilah yang sering digunakan dalam dunia hidroponik. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter