Talang Kotak atau pipa PVC Bulat?

Pertanyaan yang kadang suka muncul bagi petani hidroponik pemula adalah tentang "lebih bagus mana antara talang air atau pipa Pvc untuk berkebun hidroponik?"

Sekarang mungkin anda sedang berniat membuat perkebunan sistem hidroponik tapi bingung memilih media talang yang digunakan, apakah menggunakan talang air yang berbentuk kotak atau pakai pipa PVC yang bulat.

Pemilihan bentuk pipa (kotak atau bulat) biasanya didasari pada 'sistem hidroponik' yang dipilih.

Pemilihan bahan talang bisa saja mempertimbangkan sistem hidroponik yang akan di gunakan sehingga proses penyerapan nitrisi oleh tanaman bisa maksimal yang akhirnya dapat mempercepat masa panen dan meningkatkan kualitas hasil panen.

Tapi faktor budget dan keterampilan serta ketersediaan peralatan juga bida mempengaruhi pemilihan bahan gully.

Untuk siatem NFT, idealnya menggunakan talang air bentuk kotak karena lebih maksimal menciptakan lapisan tipis air didasar talang karena bentuknya yang datar.

Sedangkan pipa PVC bentuk bulat lebih ideal digunakan pada kebun hidroponik bersistem DFT karena bentuk pipa paralon memungkinkan untuk terciptanya genangan didalam pipa. Selain itu pengaturan konstruksi hidroponik lebih fleksibel dengan dukungan banyaknya pilihan jenis konektor maupun diameter pipa sehingga dapat berkreasi menciptakan konstruksi hidroponik yang menarik.

talang atau pvc pipa bulat


Kelebihan dan kekurangan Talang Air untuk gully

Sangat cocok digunakan pada sistem NFT karena memungkinkan lapisan air yang mengalir di akar tanaman relatif tipis sehingga oksigen akan lebih mudah terdifusi yang membuat respirasi tanaman menjadi lancar dan akhirnya tanaman akan tumbuh lebih cepat

Karena bentuk dasar talang datar maka area perakaran lebih luas dan bisa diterapkan tanpa netpot.

Lebih mudah di bersihkan karena konstruksi gully dari talang bisa di buka tutup.

Namun karena permukaan tutup talang relatif datar maka daun tanaman rawan kering karena terkena permukaan talang jika posisi konstrukai hidroponik berada di luar ruangan tanpa perlindungan.

Proses pembuatan gully dari talang relatif rumit dan perlu ekstra tenaga dan waktu dalam pengerjaannya.


Sementara kelebihan dan kekurangan pipa PVC untuk dijadikan gully

Pipa PVC umumnya lebih murah dan banyak pilihan jenis pipa dari berbagai merk yang bisa disesuaikan dengan budget, ini jadi salah satu kelebihan penggunaan pipa PVC.

Sentuhan permukaan pipa dengan daun lebih minim karena bentuk permukaan pipa yang melengkung.

Keuntungan lainnya adalah proses pembuatan gully lebih mudah, tinggal melubangi bagian pipa untuk dudukan netpot sesuai keinginan dan fleksible untuk penambahan gully ke sistem ataupun pembuatan konstrukai baru.

Sementara itu, karena aliran air fokus didasar talang maka pipa PVC kurang efektif untuk sistem NFT karena aliran air kurang tipis dan difusi oksigen kurang maksimal.

Bentuk pipa PVC juga mempengaruhi perkembangan tanaman karena area perakaran kurang luas yang disebabkan desain pipa sempit di bagian dasar. Dan ada kemungkinan aliran air tersumbat jika akar tanaman sudah mulai lebat.

Kendala lainnya dari pipa PVC adalah sulit untuk dibersihkan karena bentuknya yang tertutup.


Sebenarnya tidak ada yang lebih baik antara pipa talang air dan pvc karena semua tergantung kebutuhan, budget dan sistem tanam Hidroponik yang di terapkan.

Dalam dunia hidroponik, banyak benda yang bisa dijadikan media tanam, tergantung bagaimana anda sebagai petani hidroponik mampu mengkreasikan bahan-bahan yang ada, sehingga dapat digunakan sebagai tempat menanam hidroponik.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter