Tanaman apa saja yang bisa di budi daya dengan sistem hidroponik

Tanaman apa saja yang bisa dibudi daya dengan sistem hidroponik adalah pertanyaan yang membuat bingung bagi yang ingin mulai berkebun dengan sistem ini.

Berkebun dengan sistem hidroponik banyak diminati dan mulai gencar di sosialisasikan karena kelebihannya terkait penggunaan lahan yang lebih fleksibel serta perawatannya yang relatif mudah.

Dibanding perkebunan yang langsung di atas tanah dan berada di tanah lapang, bercocok tanam dengan sistem hidroponik memiliki keterbatasan dalam hal pemilihan jenis tanaman yang akan di budi daya.

Anda tentu tidak bisa menanam jenis tumbuhan kayu seperti durian, jambu, kelor dan/atau tumbuhan besar lainnya

Jadi bagi anda yang masih pemula dan sedang ingin membangun perkebunan hidroponik di halaman rumah. Kenali tanaman apa saja yang bisa di kembangkan dengan sistem tanam hidroponik.

selada

Tanaman yang bisa di budi daya dengan sistem hidroponik antara lain.

1. Berbagai macam jenis Sayur mayur bisa ditanam secara hidroponik seperti kangkung, selada, sawi, bayam, kemangi, pagoda dan semacamnya.

2. Kemudian ada juga Sayuran buah yang juga umum di tanam dengan sistem hidroponik seperti terong, cabe, timun, tomat.

3. Selanjutnya Sayuran dari jenis kubis seperti kembang kol dan brokoli cocok juga ditanam dengan sistem hidroponik.

4. Jika anda ingin menanam tanaman hias, bisa mencoba tanaman bunga mulai dari mawar, anggrek, krisan atau jenia bunga yang bisa dimakan (edible flower) yang bisa di budidaya dengan cara hidroponik.

5. Umbi-umbian aeperti lobak, kentang, bawang, wortel menjadi pilihan jenis yanaman yang cocok dengan sistem hidroponik.

6. Buah-buahan seperti semangka, stroberi, melon, blueberry anggur bisa meramaikan kebun hidroponik anda dan tentu menyediakan stok buah untuk keluarga disaat panen.

7. Tanaman jenis herbal seperti daun dewa, ketumbar, daun mint, kumis kucing bisa juga di terapkan dalam sistem hidroponik.

8. Selanjutnya dari kelompok Kacang-kacangan yang bisa di budidaya secara hidroponik seperti kacang panjang, kacang hijau, kacang polong.

9. Dan juga Sayuran batang seperti daun bawang, seledri.


Itulah contoh beberapa tanaman dari sekian banyak tanaman yang bisa di budidaya dengan sistem hidroponik.

Tentunya masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa dibudidaya secara hidroponik. Bahkan dengn perkembangan teknologi sekarang ini membuat tanaman padi pun sekarang bisa di tanam secara hidroponik. Anda bisa melihat channel Youtube bernama "Bengkel Mimpi" untuk mengetahui lebih banyak tentang menanam padi secara hidroponik.

Jika anda termasuk yang baru belajar mulai menanam dengan sistem hidroponik, sebaiknya pilih jenis tanaman yang perawatannya mudah, tingkat kegagalannya rendah dan pertumbuhannya cepat. Sehingga anda lebih mudah mengevaluasi perkembangan tanaman dan meningkatkan pengetahuan anda dalam bercocok tanam hidroponik.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter