Cara mengganti pedal sepeda

Hal yang kadang kurang diperhatikan dari sepeda adalah bagian pedalnya.

Bagian pedal sepeda yang berlapis plastik kadang hanya tersisa as besinya saja karena plastiknya sudah pecah.

Karena dianggap sepele, maka pedal dibiarkan begitu saja selama sepeda masih bisa di gowes. Tapi ini menjadi penyebab ketidak-nyamanan bersepeda.

Pedal sepeda yang hanya tersisa as-nya saja tentunya sangat licin dan rawan melukai mata kaki. Jadi, jika pedal sepeda anda sudah rusak, sebaiknya diganti baru.

Harga pedal sepeda cukup terjangkau. Dan untuk mengganti pedal sepeda yang rusak, tidaklah sulit.

Pertama-tama siapkan kunci pas untuk membuka pedal sepeda yang rusak. Ukuran kunci pas yang digunakan berbeda-beda tergantung ukuran sepeda anda. Pastikan juga ukuran ulir sepeda yang digunakan. Jangan sampai salah beli.

Cara mengganti pedal sepeda

Sepeda yang saya ganti pedalnya kali ini harus dibuka pakai kunci ukuran 14 dan ukuran ulirnya kecil. Perlu di ketahui, ada pedal sepeda yang sama-sama pakai kunci 14 tapi ukuran ulirnya besar.

Jika anda tidak yakin ukuran ulir pedal sepeda anda, sebaiknya bawa contohnya ke toko onderdil sepeda, biar tidak salah beli.

Lepas pedal kanan dan kiri pakai kunci pas yang sudah disiapkan tadi. Perhatikan arah putaran ulir baut pedal sepeda.

Pedal sepeda kanan dan kiri berbeda arah putarannya.

Untuk pedal sebelah kanan, arah putarannya sama dengan baut pada umumnya yaitu; putar kekanan untuk mengencangkan dan putar kekiri untuk melonggarkan.

Cara mengganti pedal sepeda

Sedangkan pedal sebelah kiri berlaku sebaliknya. Putar kekanan untuk melonggarkan.

Cara mengganti pedal sepeda

Jika kesulitan melepas pedalmya karena sudah karatan, getok-getok perlahan ujung pedal agar kerak dan kotorannya rontok.

Untuk memudahkan melepas pedal lama, tahan bagian pedal dan gear seperti terlihat pada gambar ilustrasi diatas.

Setelah pedal lama dilepas, pasang pedal baru. Pasang pedal sesuai "kodratnya", pedal berkode "L" untuk sebelah kiri dan yang berlogo "R" untuk sebelah kanan.

Cara mengganti pedal sepeda

Jadi posisi pedal sepeda ini tidak mungkin terbalik, jikapun anda khilaf memasangnya terbalik (salah posisi), maka pedal tidak akan bisa terpasang karena arah ulirnya berbeda.

Kalau sudah pakai pedal sepeda baru, aktifitas gowes jadi lebih nyaman dan aman. Tidak khawatir kaki terpeleset saat berakselerasi.

Bagaimana? Gampangkan, mengganti sendiri pedal sepeda yang rusak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter