Cara memperbaiki Regulator kompor gas yang bocor

Regulator gas terkadang bermasalah meskipun kondisinya masih baru. Apalagi kalau regulator sudah berumur, maka mulai ada saja masalahnya.

Regulator yang sudah lama biasanya mengalami kerusakan pada knobnya (knob patah/rusak) sehingga regulator tidak bisa mengunci ke tabung gas.

Salah satu masalah pada regulator yang agak mengganggu adalah masalah kebocoran.

Masalah ini bisa timbul karena karet seal yang longgar atau masalah kerusakan pada regulator.

Pada kasus regulator kompor yang bocor biasanya bisa dideteksi dengan mendengar suara mendesis saat regulator dipasang ke tabung gas.

Meskipun kondisi regulator masih baru, dan juga regulator yang digunakan termasuk type yang tidak mudah bocor tapi tidak menutup kemungkinan terjadi kebocoran.

Sumber kebocoran salah satunya berasal dari indikator tekanan gas, karena inilah yang komponen yang bisa terpisah dengan regulator.

Indikator tekanan gas ini berguna memberi informasi kepada kita sebagai pengguna estimasi kapasitas gas yang masih tersisa di dalam tabung.

Sehingga kita bisa memperkirakan kapan waktu mengganti tabung.

Karena kebocoran berasal dari area indikator, maka solusinya adalah melepas indikator tersebut dengan kunci 14 pas. Indikator gas ini bisa di lepas karena terkunci menggunakan sistem drat.

Untuk memperbaiki regulator yang bocor di bagian indikator gasnya. Anda bisa mencoba mengganti indikatornya dengan indikator regulator bekas yang mungkin anda miliki atau menutup lubang saluran ke indikator dengan baut 12.

REGULATOR GAS

Sebelum memasang indikator pengganti atau baut penutup, lapisi bagian ulirnya menggunakan isolasi pipa yang sudah disiapkan.

Lalu pasangkan indikator gas di posisinya. Pada regulator gaa seperti contoh, terdapat neaple dilubang baut indikator.

REGULATOR KOMPOR GAS

Jika anda mengganti indikator gas dari regulator lain, maka biarkan neaple ini tetap terpasang.

Tapi jika anda menggantinya dengan menggunakan baut sebagai penutup, maka anda perlu melepas neaple ini agar baut bisa masuk.

Satu lagi, kalau anda menutup nya dengan baut, maka anda tidak bisa mengatahui perkiraann isi gas dalam tabung. Jadi anda perlu mempersiapkan satu tabung cadangan agar ketika tabung di kompor habis, anda tidak kelabakan harus keluar untuk beli gas ditengah proses memasak.

Itulah sedikit informasi tentang cara memperbaiki regulator gas yang bocor yang disebabkan karena baut indikatornya longgar.

Tentu ada beberapa faktor penyebab kebocoran pada regulator yang bisa juga disebabkan karena pemasangan selang yang kurang tepat, atau ada sebab lainnya.

Perlu diingat!!!, pekerjaan ini cukup beresiko. Jika anda tidak yakin dapat melakukannya, sebaiknya serahkan kepada ahlinya atau beli regulator baru sekalian.

Jika anda benar-benar ingin mencobanya, kerjakan diluar ruangan dan paatikan tidak ada kebocoran setelah anda memasang regulator ke tabung gas sebelum merakitnya kembali ke kompor. KEEP SAFETY, double check hasil pekerjaan anda sebelum menggunakannya kembali.

Penggunaan gas LPG memang praktis tapi perlu teliti dalam pemasangannya. Kendala seperti kompor tidak nyala dan kebocoran gas saat pemasangan mungkin sering terjadi sehingga perlu hati-hati menggunakannya.

Semoga informasi ini bisa jadi referensi dan dapat bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter