Cara ngeprint bolak balik file PDF di printer Canon

Untuk mencetak dokumen dari komputer, kita menggunakan bantuan sebuah printer yang sekarang ini banyak sekali piliahannya. Salah satu printer yang banyak di pakai adalah merk Canon.

Printer buatan Canon dikenal memiliki kecepatan yang tinggi saat ngeprint khususnya untuk file dokumen, dan harganya pun relatif murah sehingga printer ini banyak di gunakan oleh berbagai kalangan.

Biasanya saat kita ngeprint dokumen, hanya satu sisi kertas saja yang dicetak sedangkan sisi kertas lainnya kosong. Namun adakalanya di suatu kondisi atau untuk jenis dokumen tertentu, cetakan harus di lakukan pada dua sisi kertas alias bolak-balik.

Nah, tak jarang masih banyak yang bingung bagaimana cara mencetak bolak balik file PDF di printer Canon. Pasalnya di Printer Canon, tampak seperti tidak ada menu untuk pilihan print bolak-balik.

Cara ngeprint pada bagian dua sisi kertas di printer Canon.

1. Langkah pertama, tentu saja membuka file dokumen yang ingin di cetak. Bisa file PDF atau Ms. Word. Kali ini dicontohkan adalah Dokumen PDF, untuk file Ms. Word sebenarnya tidak jauh berbeda.

2. Tekan Ctrl + P, untuk mulai ngeprint.

3. Kemudian pada menu print, Klik Properties
Cara ngeprint bolak balik file PDF di printer Canon
4. Nah disitu terlihat opsi Additional Features. Ada beberapa opsi yang bisa di centang, salah satunya Duplex Printing. Duplex Printing adalah perintah untuk mencetak pada dua sisi kertas.
Cara ngeprint bolak balik file PDF di printer Canon
5. Selanjutnya anda bisa mengatur kertas dan kualitas cetakan dan mulai ngeprint seperti biasa.

6. Tunggu proses printer hingga semua lembar ganjil tercetak. Selanjutnya anda akan di minta untuk membalik kertas agar proses ngeprint berlanjut untuk sisi sebaliknya. Perhatikan cara membalik kertas seperti yang terlihat pada ilustrasi gambar yang muncul dilayar monitor.
Cara ngeprint bolak balik file PDF di printer Canon

Bagaimana, mudah bukan?

Sekarang anda sudah bisa mencetak bolak balik file PDF dengan printer Canon. Sebenarnya sangat mudah, hanya kadang kita sering silap dengan menu yang ada. Karena istilah untuk perintah print bolak balik di Canon menggunakan istilah Duplex Printing, jadi kadang agak kurang di pahami bagi sebagian pengguna, termasuk saya. hehehe

Terkadang mencetak bolak balik ini juga bermanfaat untuk menghemat kertas. Untuk dokumen non formal dan keperluan pribadi yang tidak terlalu butuh tatanan baku, maka penggunaan kertas bisa lebih di hemat lagi dengan mencentang opsi 4-on-1 printing atau 2-on-1 printing.
Cara ngeprint bolak balik file PDF di printer Canon
Jika pilihan 4-on-1 printing di pilih maka dalam satu halaman kertas akan tercetak 4 halaman dokumen dengan ukuran yang di perkecil.

Begitu juga untuk pilihan 2-on-1 printing maka akan tercetak dua halaman dokumen ke dalam satu halaman kertas.

Kalau di kombinasikan dengan cetak bolak-balik maka akan dapat menghemat kertas lebih banyak. Yaa gak?

Printer Canon kadang memiliki beberapa masalah, salah satunya adalah lampu oranye Blinking 5x yang merupakan problem yang agak bandel.

Untuk mencetak dalam jumlah banyak secara berulang, printer canon kadangkala mengalami masalah sehingga harus di manajemen berapa banyak yang bisa di print dalam sekali jalan. Agar printer awet, maka harus di batasi banyaknya jumlah duplikat yang di print. Sehingga head printer tidak kepanasan dan rusak.

Kadang menunggu printer ini jadimembosankan, maka kalau kebetulan harus mencetak satu file dalam jumlah banyak, bisa pakai metode print otomatis, jadi printer bisa di tinggal untuk mengerjakan aktifitas lainnya

Begitulah cara mencetak dokumen PDF secara bolak balik dengan printer Canon. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter