Cara mengetahui font yang di pakai orang lain

Post a comment
Dalam sebuah media promosi, pilihan font yang tepat dapat mempengaruhi efektifitas pesan yang disampaikan.

Kadangkala saat kita melihat sebuah banner atau iklan, ntah di website atau spanduk di jalan. Kita tertarik dengan jenis huruf yang digunakan.

Kemudian ingin mengaplikasikannya ke project kita, ntah itu untuk kebutuhan promosi produk, informasi pelengkap di thumbnail youtube atau keperluan lainnya.

Nah bagaimana cara mengetahui jenis font yang digunakan pada media promosi tersebut.

Problemnya, jenis font yang kita incar sudah berupa barang jadi berupa file jpeg atau banner bentuk fisik yang bukan lagi olahan program komputer seperti word, corel, atau photoshop.

Kalau masih dalam bentuk word, kita tentu akan mudah mengetahui jenis font yang digunakan. Tapi kalau sudah jadi Jpeg, bagaimana?

Ada cara mudah untuk mengetahui jenis font yang digunakan oleh orang lain yaitu dengan mensreenshoot tulisan pada gambar tersebut dan memeriksanya di website;

https://www.myfonts.com/WhatTheFont/

Kemudian upload gambar hasil screenshot kamu. Tapi sebelumnya crop terlebih dahulu sehingga hanya gambar tulisannya saja yang tersisa. 
Mengetahui jenis font
Upload gambar tulisan ke tempat yang tersedia di halaman whatTheFont tersebut.
Mengetahui jenis font

Lakukan penyesuaian jika posisinya kurang pas agar mudah di tacing untuk mengetahui jenis font yang di incar.
Mengetahui jenis font
Kalau sudah yakin, klik saja tombol panah dengan informasi, click here to indentify the selected font.

Tunggu beberapa detik maka jenis font yang kamu inginkan akan tersaji dengan beberapa pilihan sesuai tingkat kemiripannya.
Mengetahui jenis font

Untuk gambar tulisan dari media offline seperti spanduk, selebaran, koran atau majalah, pastikan anda memfoto tulisannya dengan jelas dan tegak lurus agar hasil deteksinya maksimal dengan tingkat akurasi yang paling tinggi.

Itulah cara mengetahui jenis font yang di pakai orang pada berbagai keperluan, beberapa jenis font mungkin ada yang gratis tapi mungkin juga berbayar.

Ketika anda mencoba mendeteksi sebuah font namun hasilnya tidak akurat alias tingkat kemiripannya rendah, maka anda bisa mencoba meningkatkan kontras gambar yang akan di upload agar gambar tulisannya lebih terlihat. 

Memang adakalanya deteksi font menjadi kurang akurat karena resources gambar yang di upload kurang optimal untuk dapat dideteksi.  Idealnya gambar tulisan harus kontras dengan latar-belakangnya. Dan backgroundnya haruslah polos agar tulisannya ter-expose. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter