Kelebihan dan kekurangan tandon plastik

Kebutuhan air rumah tangga dapat berasal dari tanah berupa sumur atau dari perusahaan air bersih yang disuplai pemerintah.

Saluran air bersih dari mana pun asalnya akan di tampung ke sebuah gentong besar yang biasa di sebut dengan nama tandon.

Tandon penampung air ini ada yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari stanilees steel.

Tandon berbahan plastik lebih banyak dipilih karena kelebihannya.

Apa saja KELEBIHAN tandon berbahan plastik

1. Yang pertama menjadi kelebihan tandon plastik adalah harganya yang relatif murah. Harga tandon plastik lebih ter jangkau jika dibanding tandon stainlees steel.

2. Kelebihan yang kedua adalah bebas karat. Yaa wajar saja karena bahan plaktik, jadi tidak korosi.

3. Terdapat pilihan warna untuk menyesuaikan kebutuhan dan harga. Meskipun pilihan warna yang umum adalah hanya kuning, oranye, biru dan hitam, tapi lumayanlah bisa dipilih sesuai selera.

4. Kemudian tandon plastik memiliki bobot yang ringan, jadi mudah untuk di pindahkan saat pengerjaan posisi tandon.

5. Tandon plastik mudah di bersihkan. Meskipun mudah di tumbuhi lumut, tapi tandon plastik mudah dibersihkan.

6. Tahan terhadap benturan, tandon plastik tidak mudah penyok karena terbuat dari bahan plastik yang elastis.

Tandon plastik

KEKURANGAN tandon berbahan plastik

1. Kekurangan yang paling krusial adalah masalah lumut. Tandon plastik, khususnya yang berwarna kuning, sangat mudah ditumbuhi lumut di bagian dalam tandon. Solusinya adalah memilih tandon berwarna hitam. Tapi harga tandon warna hitam relatif lebih mahal daripada tandon warna kuning.

Atau bisa juga beli tandon warna kuning lalu di cat hitam agar sinar matahari tidak bisa masuk menembus kedalam tandon. Karena tumbuhnya lumut didalam tandon juga karena ada kontribusi dari sinar matahari yang menyinari tandon.

2. Bahan plastik pada tandon lama-kelamaan akan getas dan pecah jika posisi tandon berada di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Daya tahan bahan plastik akan menurun.

3. Tandon Bahan plastik memiliki tampilan yang kurang elegan apalagi kalau sudah agak lama, warnanya mulai kusam. Agak kurang ekslusif jika dibandingkan dengan tandon stainless steel yang kelihatan kinclong dan mengkilap. Tapi ini hanya soal presepsi saja, meskipun umumnya rumah mewah lebih banyak menggunakan tandon stainless.


Itulah kelebihan dan kekurangan tandon plastik, semoga bisa membantu anda mempertimbangkan jenis tandon plastik ini untuk dijadikan tempat penampung air dirumah.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter