Kepanjangan dari istilah yang sering kita jumpai di internet

Post a comment

Kata kata yang sering kita jumpai di internet ternyata sebuah singkatan
Kita banyak menemukan istilah-istilah di internet dan menggunakannya sehari-hari tanpa menyadari bahwa nama istilah yang kita pakai merupakan sebuah singkatan.

Misalnya seperti Google, Yahoo, computer, captcha, dll.

Beberapa istilah tersebut diatas ternyata merupakan sebuah singkatan.

1. GOOGLE
Siapa yang tak kenal dengan nama Google. Umumnya orang pasti sudah pernah menggunakan salah satu layanan dari Google. Ternyata Google memiliki kepanjangan. Kepanjangannya bukan goooooogle tapi "Global Organization of Oriented Group Language of Earth".

2. YAHOO
Yahoo sempat menjadi layanan mesin pencari yang cukup besar seperti google.

Mungkin sekarang sudah jarang ada yang googling di yahoo, ehh. Tapi, jaman dulu, jamannya komputer masih pakai floppy disk, yahoo adalah salah satu pesaing google dalam dunia search engine.

Dan ternyata Yahoo adalah sebuah singkatan yang kepanjangannya "Yet Another Hierarchical Officious Oracle".

Maaf, saya tidak akan men-terjemah-kannya, karena kemampuan bahasa Inggris saya hanya sebatas yes, no, now dan not.

3. CHAT
Pernah chatting? pasti sering kan. Chatting merupakan kata kerja dari "chat", nah ternyata kata chat adalah sebuah singkatan juga.

Kepanjangannya adalah "Conversational Hypertext Acces Technology".

4. CAPTCHA
Ini nih yang kadang paling bikin males kalau ketemu pas buka suatu halaman website.

Dikiranya kita anak TK (Taman Kanak-Kanak), disuruh tebak gambar. πŸ˜…Hehehe

Tantangan captcha biasanya muncul di halaman tertentu yang tidak menginginkan akses bot, seperti halaman download atau halaman khusus member suatu website dan lainnya yang hanya boleh diakses oleh manusia. what!!!memangnya ada robot yang bisa internetan???

Ada kawan, tapi robotnya tidak bentuk humanoid seperti Nao atau Asimo, Tapi berupa script yang bisa bekerja otomatis untuk tujuan tertentu.

Kalau yang sering cari dollar di PTC pasti sering menemukan aneka captcha untuk dapat komisi. Atau malah pernah juga pakai robot untuk meringankan pekerjaan klak-klik iklan.

Captcha sendiri merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart".

Kadangkala ada juga website yang mencurigai pengunjungnya adalah robot sehingga harus menggunakan tantangan captcha. "memangnya siapa yang robot?".

5. WINDOWS
Siapa yang tak kenal dengan nama ini. Bukan window yang berarti jendela melainkan sistem operasi yang banyak digunakan pada komputer atau laptop. Sebenarnya OS (operating system) Windows juga digunakan pada ponsel namun popularitasnya tidak setenar Android.

Windows adalah singkatan dari "Wide Interactive Network Development for Office Work Solution".

6. INTERNET
Kata yang sering sekali kita dengar dan gunakan di jaman sekarang ini. Apa-apa internet, mau cari apa, sarannya cari di internet.

Mau cari jawaban soal - ke internet, cari bahan tugas kuliah - di internet, cari resep masakan pun di internet. Semua serba internet.

Gedeg juga nih sama internet, siapa sih dia?

Internet adalah singkatan dari "Interconnected Network". Dan dia bukan siapa-siapa. πŸ˜‚ Hehehe

7. MULTIMEDIA
Istilah ini lebih ke hiburan berupa musik, video, animasi atau photoslide. Multimedia adalah singkatan dari "Mutiple form of media".

8. WIFI
Sering nyolong wifi tetangga buat mabar? Hayoo ngaku.. kalau ngaku, nanti sy kasih tau apa kepanjangan wifi.πŸ˜πŸ˜€πŸ˜‚.

Wifi itu adalah singkatan kawan, yang kepanjangannyan adalah "Wireless Fidelity".
Sudah tau kan? Ayo sekarang ngaku...!!

Jangan suka nyolong wifi ya kawan, mending patungan/urunan buat beli paketan.

9. SIM Card
Setiap ponsel pasti membutuhkan sim card agar dapat beroperasi dan berfungsi maksimal. Kartu SIM di sediakan oleh perusahaan telekomunikasi dan harus didaftarkan sesuai identitas penggunanya. Kepanjangan SIM Card adalah "Subscriber Identity Module Card".

istilah di internet dan kepanjangannya
10. LASER
Adalah suatu pancaran radiasi elektromagnetik yang menamilkan cahaya tunggal.

Cahaya laser dapat dimanfaatkan untuk atraksi hiburan atau untuk keperluan militer seperti menetukan target. Laser ada yang dapat terlihat dan ada juga yang tak terlihat oleh mata.

Kepanjangan Laser adalah "Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation".

11. COMPUTER
Istilah Komputer yang kita pakai sehari-hari ternyata adalah sebuah singkatan dari sebuah kalimat yang panjang dan njelimet.
Kepanjangan dari komputer adalah
"Common Oriented Machine Particularly United and used under Technical and Educational Research".

Horror juga yaa ternyata kepanjangannya. Bukan horror karena menakutkan, tapi karena tidak tau artinya.😁

12. MALWARE
Malware ini adalah sebuah software yang membahayakan komputer atau laptop. Malware bisa mengandung virus yang dapat merusak system komputer. Kepanjangan malware adalah
"malicious software".

13. VIRUS
Bukan virus yang viral saat pandemi itu yaa. Tapi virus yang menyerang komputer atau handphone dan membuatnya menjadi malfungsi. Seperti layaknya virus yang menyerang manusia, virus komputer juga dapat menjangkiti, menggandakan diri dan menyebar keseluruh sistem dan kemudian melumpuhkannya atau sekedar memata-matai.
Kepanjangan dari virus adalah
"Vital Information Resource Under Siege".

14. IMEI
Identitas penting dari sebuah ponsel yang berupa kombinasi angka untuk mengetahui status ponsel tersebut apakah asli atau bajakan, resmi atau selundupan.
IMEI memiliki kepanjangan yaitu "International Mobile Equipment Identity".

15. EMOTICON
Yang sering chatting pasti sering juga menggunakan fasilitas ini. Emoticon atau biasa dipanggil dengan sebutan emot saja, adalah gambar ikon yang menampilkan berbagai ekspresi. Keberadaan emot ini membuat aktifitas chatting semakin berwarna. Kita bisa menyampaikan perasaan hati lewat gambar emot.

Emoticon adalah singkatan dari "Emotion Icon".

16. LTE
Singkatan ini biasanya kita temui di belakang tulisan 4G. Jaringan 4G LTE adalah yang merupakan terbaik dan tercepat saat ini meskipun di luar sana sudah ada yang 5G, 6G, dst.

LTE merupakan singkatan dari "Long Term Evolution".

Gak tau yaa, mungkin ada istilah short term. Kayak sewa hotel ajah. hehe

Sedangkan 4G-nya adalah singkatan dari "fourth-generation technology".

17. QR CODE
Istilah ini semakin sering kita dengar dan lihat, mulai dari acara kuis di TV, pembayaran cashless, instal dan download aplikasi, dll.

Scan QR saja kaka dan dapatkan diskon menarik, gitu kata iklannya.

Kalau anda masih belum tau apa itu QR, itu adalah sebuah gambar kotak hitam putih dengan motif acak yang mengandung informasi tersembunyi.

Sementara kepanjangan QR adalah "Quick Response Code".

Dulu QR code hanya bisa discan pakai alat khusus. Namun sekarang, kamera ponsel pun bisa melakukannya.


Itulah beberapa istilah yang sering kita jumpai sehari-hari dan tetnyata adalah merupakan sebuah singkatan.

Beberapa istilah mungkin sudah kita anggap menjadi kata baku karena sangking sering digunakan dan tidak perduli akan makna yang terselubung di belakangnya.

Dan akhir kata, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Kalau misalnya tidak manfaat buat anda, tolong share di sosmed anda, mungkin saja teman anda membutuhkannya.πŸ˜€

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter