3 Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih Keyboard untuk Gaming

Keyboard merupakan salah satu komponen penting dalam dari sebuah komputer untuk alat mengetik dan juga bermain game komputer

Keyboard yang memiliki respon cepat, ukuran yang pas dan fitur penunjang yang mutakhir dapat memberi peluang kemenangan yang tinggi saat bermain game.

Keyboard komputer tampaknya tidak banyak mengalami perubahan secara desain dan bentuk. Namun sebenarnya, keyboard komputer mengalami inovasi untuk dapat mengakomodasi penggunaan komputer yang beragam.

Untuk beberapa kondisi, keyboard komputer standart yang biasa digunakan untuk mengetik bisa juga dipakai buat main game. Tapi keyboard komputer standart tidak bisa mengakomodasi frekuensi penekanan keyboard yang cukup sering saat bermain game.

keyboard gaming
Jika mungkin saat ini anda sedang menggunakan keyboard default bawaan komputer untuk bermain game dan ingin menggantinya dengan keyboard khusus game, berikut ini adalah 3 hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih keyboard gaming

1. Ukuran

Hal pertama yang perlu di perhatikan adalah ukurannya. Tidak ada ukuran baku untuk keyboard gaming karena kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing gamer.

Mungkin anda tidak suka ukuran keyboard yang terlalu panjang karena memberi jarak terlalu jauh antara tangan kiri dan kanan yang memegang mouse. Posisi lengan akan terbuka dan mengakibatkan mudah lelah.

Untuk mengantisipasi kondisi ini, ada pilihan keyboard gaming ten key less yang tidak dilengkapi numpad di sisi kanan keyboard. Ini membuat ukuran keyboard menjadi lebih pendek.

2. Type keyboard 

Keyboard komputer di bedakan kedalam dua jenis berdasarkan mekanisme dumper tutsnya.

Keyboard komputer terbagi ke dalam dua jenis yaitu keyboard mekanikal dan keyboard membran.

Keyboard membran yang umum digunakan saat ini pada komputer kebanyakan karena lebih senyap, desainnya menarik, ringan dan lembut saat ditekan sehingga tidak membuat cepat pegal.

Namun belakangan keyboard type mekanikal mulai banyak diminati karena lebih mantap dan awet.

Termasuk para gamer lebih banyak yang memilih keyboard mekanikal karena terasa lebih mantap saat di tekan dengan bunyi suara klik saat tiap tuts keyboard ditekan sehingga tidak membuat ragu-ragu apakah keyboard-nya sudah benar-benar ditekan atau belum seperti pada keyboard membran.

Awalnya keyboard mekanikal adalah teknologi keyboard komputer yanh kemudian beralih ke type membran karena keyboard mekanik berisik. Namun sekarang keyboard mekanik mulai menjadi pilihan dan suara berisik bisa agak sedikit dikurangi dengan pilihan warna switch keyboard. Pilihan warna switch keyboard yang banyak digunakan ada 3 yaitu biru, merah dan coklat. Switch warna biru memiliki suara yang lebih keras daripada yang coklat dan merah.

Tapi jangan salah, untuk keperluan game, keyboard membran juga menyediakan pilihan untuk para gamer. Jadi sesuaikan saja kebutuhan akan type keyboard.

3. Fitur Keyboard

Fitur keyboard yang penting untuk gaming adalah anti ghosting. Gejala ghosting biasanya muncul ketika saat bermain game kiga menekan dua-tiga atau lebih tombol sekaligus dan ketika kita menekan tiga tombol sekaligus namun yang terinput hanya satu tombol saja maka ini dinamakan efek ghosting.

Keyboard game biasanya sudah dilengkapi kemampuan anti ghosting, meskipun beberapa merk keyboard hanya mensupport beberapa tombol saja di keyboard yang anti ghosting yaitu tombol yang sering digunakan saat bermain game sedangkan tombol lainnya tidak.

Fitur lainnya untuk keyboard gaming adalah RGB, yaitu lampu warna-warni yang menghiasi setiap tuts keyboard.

Sekilas tampak norak, tapi lampu warna-warni di setiap tuts keyboard dapat memudahkan anda memastikan jari tidak salah posisi di keyboard. Sehingga pergerakan jemari lebih gesit menekan tombol keyboard tanpa khawatir salah pencet. Apalagi biasanya kalau sedang main game, lampu kamar di buat redup agar lebih konsentrasi dengan setiap pergerakan dalam game.

4. Daya Tahan

Faktor durabilitas keyboard harus di perhatikan. Kita tidak mau kalau keyboard baru sebulan beli sudah jebol.

Kerja keyboard untuk gaming lebih berat dari pada keyboard untuk komputer yang biasa digunakan untuk mengetik.

Pasalnya kondisi emosi saat main game kadang fluktuatif. Saat tensi tinggi, tombol keyboard bisa saja menerima "tekanan 10G (10 kali grafitasi)" 😱😧😅 secara berulang-ulang. Makanya harus di perhatikan durabilitas keyboard. Memang agak sulit untuk mengetahui daya tahan sebuah keyboard. Mungkin bisa cari informasi di forum / grup gaming atau bisa berpatokan dari harga jual keyboard yang jadi incaran.

Fyi, keyboard mekanik bisa bertahan hingga 50 juta kali klik tombol sedangkan keyboard membran biasanya lebih rendah yaitu sekitar 10 juta kali klik saja.

5. Harga 

Dari semua pertimbangan diatas, akhirnya harus kembali ke kapasitas kantong. Keyboard gaming terbaik, harganya memang agak mahal jika dibanding keyboard umumnya. Kemudian keyboard type mekanik juga lebih mahal daripada keyboard membran.

Jadi sesuaikan budget dan kebutuhan anda. Jikalau ingin menjadi gamer profesional, sebaiknya gunakan keyboard terbaik. Tapi kalau bermain gamenya hanya buat iseng-iseng saja, yaa pakai keyboard office yang harga 25 ribuan ajah. Hehehe.😄😅

Related Posts

Subscribe Our Newsletter