Cara memBersihkan saringan udara Honda Beat

Bersihkan saringan udara motor Honda Beat, jangan sampai tumbuh jagung karena debu menumpuk jadi gumpalan tanah sangking terlalu lama tidak dibersihkan.

Kalau hidup di kota yang sedang dalam masa pembangunan, harus rajin rajin memeriksa kondisi motor khususnya dalam hal ini adalah saringan udaranya.

Karena kalau sedang dalam masa pembangunan biasanya banyak proyek disana sini yang menghasilkan debu. Proyek perbaikan jalan, proyek irigasi, peremajaan trotoar, galian pipa, dll. Kesemua aktifitas ini pasti membuat jalanan penuh debu.

Debu-debu yang berterbangan dijalanan ini bisa terakumulasi di saringan udara dan menumpuk hingga tampak memungkinkan hingga bisa ditanami jagung, yaa atau setidaknya untuk nursing benih jagung mungkin.

Membersihkan saringan udara Honda Beat bukanlah pekerjaan sulit. Oleh karenanya bisa dikerjakan sensiri dirumah, namun kadang memang aras-arasen untuk melakukannya. Padahal dengan bermodalkan obeng kembang alias obeng plus atau bahasa latinnya adalah obeng philips, sudah bisa mem bersihkan saringan udara Honda Beat.

Kalau kebetulan lagi pegang obeng, langsung saja jongkok di sisi belakang motor, bisa di siai kanan atau di sisi kiri. Lalu intip ke kolong motor, tepat didepan roda belakang dan lepas baut penutup filter udara. Tiga baut bisa di lepas dari sisi kiri sedangkan dua baut sisanya di lepas dari kanan.

saringan udara Honda Beat

Setelah baut penutup filter udara dilepas, selanjutnya melepas panutup filter udara. Tarik penutup filter udara honda beat kebelakang lalu keluarkan kearah kanan motor.

Bedanya dengan tutup saringan Yamaha Mio GT yang di buka dari samping kiri karena posisi filternya ada di samping kiri.

Perhatikan tingkat kekotoran filter udara dan box filter udara.

saringan udara Honda Beat

Kalau motor sering jalan di area berdebu, mungkin box filter udara ini akan sangat kotor sekali. Untuk box filter udara bisa di bersihkan dengan kain lap. Sementara tutup filter udara bisa dicuci dengan air kalau memang terlihat kotor sekali.

Sementara filter udaranya JANGAN DICUCI, dibersihkan saja perlahan pakai kuas dan di semprot pakai kompresor dari arah bagian dalam-keluar. Kalau gak punya kompresor, bisa minta tolong tukang tambal ban untuk membersihkannya. Tapi kalau sudah kotor sekali dan memang berumur, sebaiknya ganti dengan yang baru.

saringan udara Honda Beat

Membersihkan saringan udara motor beat atau motor jenis apapun, harus dilakukan secara rutin agar mesin bisa bekerja optimal.

Kalau saringan udara sudah penuh kotoran maka aliran udara tidak berjalan dengan lancar, akibatnya bahan bakar jadi boroos. Karena kalau saluran udara tersendat, kondisinya sama seperti karburator bekerja dalam posisi di choke.