Fungsi lain dari Slot USB selain untuk transfer Data

Post a comment

Universal Serial Bus atau biasa di kenal dengan julukan USB memiliki fungsi yang luar biasa dapat memudahkan pekerjaan dan pengkoneksian perangkat pendukung ke laptop atau computer.

Slot USB memiliki fungsi lain selain untuk memindahkan data dari dan ke komputer/laptop. Berikut ini adalah fungsi lain dari USB selain untuk transfer data.

1. Menghubungkan berbagai perangkat ke PC/Laptop

Kalau duluu (sedikit bernostalgia), setiap perangkat pendukung computer memiliki port-nya masing-masing. Misalnya keyboard dan mouse, harus menancap di port PS/2 dan tidak boleh tertukar karena kalau tertukar maka mouse/keyboard tidak akan berfungsi. Begitu juga dengan printer yang harus terpasang di port khusus.

Setelah teknologi USB di temukan maka fungsi slot USB pun bertambah. Segala pheriperal yang perlu terhubung ke PC / Laptop bisa dengan mudah terdeteksi hanya dengan menghubungkannya ke port USB. mulai dari Printer, scanner, keyboard, mouse, Stik game, webcam, dll.

2. Menginstal OS

Fungsi Slot USB bisa digunakan untuk menginstal Operating System yang baru ke dalam komputer / laptop. Jangan salah, duluu sebelum perkembangan teknologi USB, menginstla windows atau linux ke komputer/laptop hanya bisa dilakukan menggunakan CD/DVD.

3. Mengunci Komputer/Laptop

USB bisa digunakan untuk pengamanan dimana laptop / komputer baru dapat digunakan setelah user menancapkan flashdisk khusus yang sudah di program sedemikan rupa sehingga menjadi kunci akses ke komputer, keren kan.

Anda bisa memanfaatkan software Predator (https://www.predator-usb.com/predator/en/index.php) untuk melakukan pengamanan terhadap komputer agar tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

Ketika anda ingin meninggalkan komputer sesaat, maka anda bisa melepas flashdisk sehingga komputer tidak bisa digunakan karena mouse dan keyboard komputer akan terkunci, sementara layar akan meredup. Dan ketika anda kembali, tancapkan flasdisk dan Anda bisa melanjutkan pekerjaan kembali.

4. Menjalankan Aplikasi Portable

terkadang kita perlu bekerja lintas komputer/laptop, sementara tidak semua laptop/komputer yang biasa kita gunakan. Anda hanya perlu mengunduh versi portable dari program yang sering digunakan tersebut agar bisa dijalankan pada komputer atau laptop yang berbeda.

Jika tidak ada versi portable dari program yang digunakan, Anda bisa membuat sendiri program yang terinstal di komputer menjadi portable.

5. Menjalankan OS dari FD

Disaat darurat ketika komputer atau leptop mengalami masalah, misalnya tidak bisa booting atau kendala di hardisk yang tidakterdeteksi, Anda bisa menjalankan OS dari FlashDisk untuk menganalisa kerusakan pada komputer/laptop.

atau ketika ingin mencoba sensasi OS versi baru namun masih enggan beralih dari OS lama yang selama ini digunakan, maka anda bisa melakukan uji coba dengan menginstal OS versi baru tersebut ke flashdisk dan menjalankan OS tersebut dari FD tanpa melakukan install ulang di komputer/laptop.

Untuk keperluan ini, Anda bisa menggunakan software Win to USB untuk menginstal OS windows agar dapat berjalan lewat USB.


Itulah beberapa fungsi Slot USB selain sebagai media untuk transfer data dari komputer ke flashdisk atau sebaliknya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter