Membuat lilin darurat dengan bahan seadanya

Lilin sangat di perlukan saat mati lampu. Namun saat sekarang ini, lilin sudah jarang di persiapkan dan tersedia di rumah. Karena selain jarang mati lampu, banyak perangkat pengganti lilin seperti hape dan lampu emergency.

Masalahnya, hape dan lampu emergency sangat tergantung dengan baterai. Kalau baterainya habis, yaa sudah, selesai.

Sebagai sumber pelita, kita bisa membuat lilin darurat dengan bahan seadanya yaitu minyak goreng dan kapas atau tisu.
Membuat lilin darurat dengan bahan seadanya
Pertama-tama cari wadah anti api/tahan panas yang akan digunakan untuk menampung minyak goreng. Bisa pakai gelas kaca atau piring kaca atau wadah minuman kaleng yang dipotong atasnya.

Ambil selembar atau dua lembar tisu, lalu pilin memanjang menyerupai sumbu. Jika menggunakan kapas muka atau kapas luka untuk membuat lilin darurat, sama juga prosesnya.

Setelah itu jepitkan pada kertas karton yang sudah di gunting tengahnya. Kertas ini akan membuat ujung tisu tetap berada di atas permukaan minyak.

Untuk membuat lilin darurat, kita membutuhkan minyak goreng. Bisa pakai minyak jelantah yang sudah berwarna hitam dan tidak layak pakai. Tuang minyak goreng ke wadah yang sudah disiapkan, lalu masukan / rendam tisu/kapas yang sudah dipilin menyerupai sumbu tadi.
Membuat lilin darurat dengan bahan seadanya
Biarkan minyak meresap ke sumbu beberapa menit lalu coba nyalakan.

Lilin darurat ini dapat bertahan lama tergantung banyaknya minyak dan bahan sumbu yang di pakai.

Lilin darurat ini memiliki nyala api yang cukup terang dan lebih bisa di maksimalkan jika anda menggunakan gelas kaca sebagai wadah minyaknya. Tapi jangan lupa, jika membuat lilin darurat pakai gelas kaca agar memberi alas piring kecil yang berisi air di bawahnya, karena kahawatir nanti gelasnya terlalu panas dan pecah.
Membuat lilin darurat dengan bahan seadanya

Selain dijadikan bahan bakar pelita, minyak goreng ini juga bisa dipakai untuk membuat nyala lilin lebih lama.

Itulah sedikit informasi mengenai cara membuat lilin sederhana dengan bahan seadanya. Semoga bermanfaat.