Tips menjaga suhu laptop tetap DINGIN

Post a comment

Bekerja dengan laptop memiliki kelebihan karena kita bisa melakukannya secara mobile. Meskipun sekarang, beberapa pekerjaan kantor bisa dilakukan lewat handphone, namun kadangkala finishing nya harus menggunakan “alat berat” seperti komputer atau laptop.

Salah satu problem laptop adalah panas. Ketika laptop mulai panas maka kinerjanya menurun jadi lemot, hang atau bahkan restart.

Agar suhu laptop tetap dingin saat digunakan, berikut ini adalah tips menjaga suhu laptop tetap dingin.

1. PERHATIKAN SIRKULASI UDARA

Laptop memiliki ventilasi udara di bagian bodinya, ntah di bagian samping atau belakang.nah ketika menggunakan laptop, pastikan sirkulasi udaranya lancar, tidak terhalangi dan tidak tertutupi. Yang menjadi penyebab laptop kepanasan adalah salah satunya karena sirkulasi udaranya tidak lancar.

Kadang kebiasaan pemakaian laptop yang kurang tepat bisa menyebabkan laptop cepat rusak. Bisa karena menggunakan laptop diatas kasur, meletakan di dekat tembok atau menghalangi sirkulasi udara dengan gelas minuman.

Selain ventilasi di samping laptop, aliran udara di bagian bawah laptop juga tidak boleh terganggu. Jika di perhatikan, di bagian bawah laptop terdapat karet penyangga laptop yang salah satu fungsinya adalah memastikan sirkulasi udara pada laptop berjalan lancar.

2. MENGGUNAKAN COOLING PAD

Untuk menyempurnakan penyaluran udara panas yang dihasilkan laptop, ada baiknya ketika menggunakan laptop dengan dukungan cooling pad. Banyak macam desain dan type cooling pad. Biasanya cooling pad di letakan di bawah laptop yang bisa berupa meja laptop atau hanya sekedar rangkaian dari beberapa kipas pendingin. Cooling pad memanfaatkan USB sebagai sumber tenaga untuk memutar kipas pendinginnya.

Jika kinerja cooling pad dianggap kurang memuaskan, Anda bisa mencoba membuat sendiri pendingin laptop dengan bahan yang mudah didapatkan. Dengan mengkombinasikan kipas dan air, DIY cooling pad yang anda buat, pasti akan membuat laptop tetap dingin saat digunakan.

3. MEMATIKAN LAPTOP

"Tips macam apa ini.!!?" Yaa iyalah yaaa, mematikan laptop pasti akan otomatis membuatnya dingin seperti mantan, ehh

Maksudnya, matikan laptop saat tidak digunakan. Biasanya ketika bekerja dengan laptop, ada saatnya selingan lewat, ntah kepikiran sang mantan, atau kepingin bikin kopi atau ada tukang bakso lewat. Nah saat seperti ini, jangan biarkan laptop tetap menyala ketika akan di tinggalkan. Matikan terlebih dahulu atau perintah laptop untuk masuk mode tidur. Di laptop ada pilihan untuk meminimalisir kerja laptop seperti hibernate atau sleep.

Kalau sekiranya laptop masih akan di gunakan lagi dalam waktu dekat, maka posisikan laptop ke mode sleep agar laptop tetap dingin, karena dia tidak terus aktif sementara kita sibuk chatting dengan gebetan atau nyari menu makan malam di apliaksi ojol.

4. LAKUKAN PERAWATAN

Sebagai perangkat elektronik yang didalamnya terdapat komponen mekanis dan komponen penghasil panas, maka laptop juga perlu perawatan rutin. Perawatan yang di lakukan kepada laptop adalah membersihkan kipas pendingin dan heatsink, mengganti pasta prosesor dan membersihkan bodi laptop dari debu untuk meminimalisir tumpukan debu menyusup masuk kedalam laptop.

Debu dan kotoran bisa masuk ke dalam laptop karena hisapan kipas pendingin saat laptop beroperasi. Akumulasi debu dan kotoran bisa menyumbat ventilasi udara sehingga panas dari dalam laptop tidak bisa keluar. Untuk menjaga laptop tetap dingin, lakukan perawatan rutin dengan mengganti pasta prosesor dan bersihkan laptop secara berkala.

Mengganti pasta prosesor laptop mungkin menjadi pekerjaan sulit, jadi sebaiknya serahkan pada ahlinya. Tapi jika anda ingin mengerjakannya sendiri, pahami seluk beluk laptop anda karena mengganti pasta prosesor laptop tidak semudah di CPU komputer desktop.


Itulah tips menjaga laptop tetap dingin saat digunakan. Yaa memang tidak sampai dingin kayak kulkas, tapi suhu kerjanya tetap terjaga ideal, tidak sampai overheating. Karena selama laptop bekerja pastilah suhunya akan meningkat. Setidaknya dengan cara diatas, suhu laptop hanya sampai hangat saja, tidak sampai panas sekali. Kalau mau dingin banget, matikan saja laptopnya, tinggal ngopi plus ngudut nanti lanjut kerja kalau sudah adem (adem kepalanya).hehehe. 😀😅

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter