Cara membuat lilin menyala lebih lama

Post a comment

Lilin adalah salah satu sumber penerangan disaat-saat tertentu seperti ketika mati lampu. Lilin juga biasa digunakan sebagai media entertainment ketika candle light dinner atau acara ulang tahun.

Sebagai penerang, lilin memiliki keterbatasan terkait durasi waktu menyalanya. kadangkala pemadaman bergilir harus menghabiskan satu pak lilin. meskipun sebenarnya harganya tidak terlalu mahal, tapi kalau pas habis di tengah malam buta kan horor juga yaa, tiba-tiba gelap gulita.

Untuk mengantisipasi agar nyala lilin bisa awet dan tahan lama, kita bisa gunakan trik sederhana yang bisa dilakukan tanpa banyak persiapan.

Cara membuat lilin menyala lebih lama

Pertama, siapkan lilin yang akan dinyalakan sebagai penerang. Lalu berdirikan lilin di dalam gelas kaca yang tembus pandang. Lebih bagus kalau menggunakan gelas bening agar cahayanya bisa terang.

Cara membuat lilin menyala lebih lama

Setelah lilin berdiri didalam gelas, masukan minyak goreng hingga kira-kira batas gelas. Tidak perlu penuh, yang penting merendam lilin hingga menyisakan sedikit sumbu diatas permukaan minyak.

Cara membuat lilin menyala lebih lama awet

Kalau sudah, anda bisa mulai menyalakan lilin untuk penerangan saat gelap gulita.

Jika menggunakan gelas kaca, mungkin ada baiknya anda memberi alas piring kecil yang diisi air di bawahnya. Ini untuk mencegah gelas pecah/retak karena kepanasan. Yaa buat antisipasi saja, daripada nanti hemat lilin tapi korban gelas, kan malah rugi.

Cara membuat lilin menyala lebih lama

Meskipun mungkin sekarang ini penggunaan lilin untuk penerangan sudah mulai jarang karena banyak peralatan lain yang bisa dijadikan sumber penerang seperti handphone, power bank, usb lamp atau lampu emergency. Tapi menggunakan lilin lebih nyaman karena tidak menggunakan baterai. Sementara handphone masih bisa dipakai untuk aktifitas lain daripada hanya sekedar dijadikan penerang.

Tapi perlu di perhatikan ketika meletakan lilin untuk menerangkan ruangan. Sebaiknya jangan di dekat jendela, kursi sofa, horden, atau perabot yang mudah terbakar lainnya. Dan penting juga untuk menjauhkannya dari jangkauan anak kecil jika di rumah ada anggota keluarga yang masih kecil.

Dengan cara ini, lilin bisa menyala lebih lama, setengah potong lilin warna putih, bisa bertahan semalaman, jadi lebih hemat....

....Hemat lilin tapi boros minyak goreng.😀

Biar gak kepikiran, Minyak gorengnya pakai yang bekas saja, biar sekalian aroma teraphy. Apalagi kalau bekas goreng ikan asin plus sambel terasi. Mantap!!! 😂

Related Posts

Post a comment

Subscribe Our Newsletter