Mengatasi resleting yang tidak bisa menutup

Resleting adalah salah satu metode mekanisme penutup yang banyak di gunakan dalam berbagai alat sehari-hari.

Pada penggunaannya, resleting akan mengalami kerusakan, salah satu yang paling umum adalah ketika resleting sudah tidak bisa lagi menutup.

Meskipun sudah di geser ke arah menutup namun relsleting tetap dalam keadaan membuka.

Untuk mengatasi resleting yang tidak bisa menutup sangatlah mudah. Kita hanya perlu sebuah tang kecil yang berujung lancip mirip mulut buaya.

Tang ini kita gunakan untuk menjepit bagian belakang slider resleting/kepala resliting.

Mengatasi resleting yang tidak bisa menutup
Karena salah satu penyebab gerigi resliting tidak saling barkait adalah karena gap penjepit resliting sudah renggang.

Jepit atau rapatkan celah slider resleting secara perlahan, jangan terlalu kuat, nanti kepala res-nya malah macet atau gupil karena biasanya materialnya sudah getas karena umur pemakaian.
Mengatasi resleting yang tidak bisa menutup
Kalau tidak ada tang, bisa coba pakai alat lain. Gunakan imajinasi anda untuk menemukan alat yang tepat di sekitar rumah yang bisa digunakan untuk mengatasi resleting yang tidak bisa menutup, asal jangan minta bantuan anak T-Rex yaa. 😀😂

Mengatasi resleting yang tidak bisa menutup

Mungkin anda bisa menggunakan gunting kain yang terbuat dari besi atau di ketuk-ketuk saja perlahan pakai ulekan atau terserahlah pakai apa yang sekiranya bisa membuat celah kepala res menjadi rapat lagi.

Setelah resliting bisa kembali menutup, ada baiknya memberi sedikit pelumas mesin jahit atau gosok-gosokan dengan lilin pada gerigi resliting agar ia bisa saling berkaitan lagi sehingga hasilnya lebih maksimal.

Perlakuan mengatasi resleting yang tidak bisa menutup ini sifatnya sementara, mungkin suatu waktu nanti, resleting akan kumat, tidak mau menutup lagi.

Ini di karenakan bahan material kepala res sudah mulai getas dan sudah tidak kaku lagi karena faktor umur dan pemakaian sehingga gampang berubah bentuk yang membuat celah penjepitnya menjadi renggang lagi.

Jadi, kalau memang perlu dan bisa, sebaiknya segera ganti resletingnya dengan yang baru agar nyaman digunakan.

Tapi biasanya resleting jaket ini hanya bermasalah pada kepala res-nya saja, sedangkan rel-nya umumnya masih bagus. Jikalau rel atau gerigi resliting-nya masih bagus, maka Anda bisa mengganti kepala reslitingnya saja. Ditoko peralatan jahit biasanya ada yang jual atau kalau terpaksa, bisa beli di Olshop langganan Anda, meskipun nanti kena harga ongkir yang lebih mahal dari harga barang. 😀

Atau kalau punya jaket lama yang sudah sempit atau sudah tidak terpakai, bisa diambil kepala reslitingnya (asalkan ukurannya sama) untuk digunakan ke jaket yang kepala res nya rusak tersebut. Tapi sekali lagi pastikan ukuran resnya sama.

Kepala res bisa di keluarkan lewat bagian atas jaket (di area kerah) dengan sedikit merusak pembatasnya.

Resliting ini banyak sekali pemanfaatannya di dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari celana, jaket, dompet, sepatu, tas dan lain sebagainya.

Mekanisme buka tutup resleting sangat praktis dan menjamin barang yang tersimpan dalam tas tidak berhamburan keluar. 

Itulah cara mengatasi resleting yang tidak bisa menutup. Semoga bermanfaat.