Cara Hemat dan Praktis membersihkan Injektor Motor

Injektor di mesin sepeda motor seperti kepunyaan Yamaha Mio GT seyogya-nya perlu di bersihkan secara rutin agar kerak atau kotoran yang menyumbat di lubanginjektor tidak sampai mengganggu aliran bensin yang di semprotkan ke mesin.

Namun kadangkala, kita agak malas untuk melakukan perawatan terhadap injektor. Nanti kalau motor mulai mbrebet-mbrebet, tiba-tiba mogok barulah kepikiran untuk melakukan perawatan.

Yaa memang sih, motor jaman sekarang ini lebih mudah soal perawatan tapi bukan bearti tidak perlu dirawat. Setidaknya pas ganti oli, sempatkan untuk bersih-bersih saringan udara dan injektor.

Tapi memang kalau urusan bersih-bersih injektor bukanlah pekerjaan sederhana. Karena seperti pada beberapa motor, untuk dapat menjangkau injektor, perlu melepas beberapa part lain yang lumayan banyak. Akhirnya injektor ini jarang sekali tersentuh hingga akhirnya dia mulai tidak bisa lagi menyemprotkan bahan bakar dengan sempurna dan akhirnya membuat motor mogok atau mbrebet.

Nah kalau sudah begini, mau tidak mau harus bongkar dan besihkan injektor atau paling parah, terpaksa harus ganti.

Harga injektor sendiri agak lumayan mahal jika kondisi kantong tidak siap sedangkan jika harus menservis injektor pun harus ada ongkos yang di keluarkan untuk jasa ke tukang servisnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada opsi menarik yang lebih hemat dan praktis untuk membersihkan injektor motor yang mulai kotor dengan gejala mesin motor mbrebet, susah dihidupkan, kalau di gas mati dan bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Opsinya ada dua yaitu servis injektor atau beli injektor baru. Keduanya sama sama butuh biaya.

Kalau mau hemat namun sedikit nyeleneh, ada cara murah-meriah yang bisa di coba untuk membersihkan sisa carbon yang menyumbat lubang injektor. 

Yaa daripada injektor nya sudah kadung dilepas tapi gak bisa ngapa-ngapain karena keterbatasan alat serta sarana dan prasarananya, mending pakai cara membersihkan injektor motor secara sederhana ini saja.

Injektor sudah dilepas, mau di semprot pakai carbon cleaner kalengan, gak punya barangnya. Mau di semprot pakai kompresor, juga gak punya alatnya. 

Yaa direbus saja 😱😁😂

Kenapa direbus?

Yaa.. karena air panas biasanya mampu melunak-kan dan sebenarnya tidak ada alasan teknis yang masuk akal kenapa harus membersihkan injektor motor dengan cara merebusnya.

Tapi its worth, coba saja, rugi kalau gak nyoba. Tapi Resiko tanggung sendiri yaa 😂😁

Lepas Injektor dari mesin kemudian bagian saluran bensinnya di lepas saja karena dia tidak perlu ikut campur dalam urusan ini, termasuk juga karet seal nya. 

membersihkan Injektor Motor

Untuk memisahkan bagian-bagian injektor, lepas kawat pengunci yang bentuknya seperti pegas jepitan baju. Contoh kali ini adalah injektonya Mio GT, kalau motor lain mungkin tidak jauh berbeda.

membersihkan Injektor Motor

Melepas kinciannya tidak sulit namun agak rumit jadi harus hati-hati. Dan memisahkan saluran bensin dan rumah injektornya juga mungkin agak sedikit keras, jadi perlu hati-hati agar injeltor tidak rusak ayau malah patah.

membersihkan Injektor Motor

Jadi yang kita rebus nanti, hanya bagian ujung injector tempat dimana bensin di semburkan. Tidak perlu khawatir konslet atau meleleh karena injektor ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan panas yang sepertinya percampuran antara plastik kualitas tinggi dan keramik. maybe😁

Isulatornya pun cukup kuat dan tidak mudah diresapi air rebusan tadi, jadi aman dari kemunginan konslet karena dia kedap air. 

Oke langsung saja kita mulai operasi membersihkan injektor cara hemat dan praktis.

Daripada gabut gak tau harus bagaimana mengatasi mio yang mbrebet dan mesinnya mati saat digas. 

Simpan obengmu mari mulai memasak.

Siapkan air dalam panci. Gunakan panci kecil saja dan pakai panci bekas, jangan panci yang masih bagus dan dipakai buat memasak.

Kalau tidak ada panci, bisa pakai wadah kaleng bekas kemasan susu kental manis atau bekas wadah biskuit dari kaleng, yang penting cukup untuk merendam injektor.

membersihkan Injektor Motor

Rebus air hingga mendidih, kalau sudah mendidih, masukan injektor kedalamnya dan biarkan proses merebus injektor berjalan hingga kurang lebih 5-10 menit atau sekiranya kotoran yang menyumbat lubang saluran bensin di injektor sudah agak melunak atau rontok.
membersihkan Injektor Motor

Kalau sekiranya sudah matang, ehh, sudah cukup, angkat injektor dan keringkan menggunakan lap atau tisu sambil digetok-getok perlahan ke permukaan lunak seperti kayu agar kotorannya bergeser dan tidak menyumbati saluran bensin. 

Untuk mengeringkan injektor dari air, Tidak perlu menjemur injektor untuk mengeringkannya, cukup dilap saja dengan lap kering.

Kalau sudah di keringkan, rakit kembali injektor dan pasang ke posisinya semula.
Semoga saja berakhir bahagia dan bisa mengatasi meson motor Mio yang mbrebet atau mogok karena masalah injektor kotor.

Karena cara ini merupakan metoda un-extraordinari alias tidak biasa dan tidak ada dalam buku panduan manapun, jadi tingkat keberhasilannya mungkin akan berbeda. bisa jadi, injektor anda malah jadi rusak total karena menerapkan metode ini. Jadi, Please do it with your own risk!!!
 

Dan sebelum Anda benar-benar memberlakukan injektor dengan tidak sopan seperti ini, ada baiknya anda memastikan sumber masalah kenapa motor anda mbrebet atau tiba-tiba mogok. Karena bisa jadi, ada sebab lain seperti karena busi, saringan atau aki soak.

Untuk mendeteksi gejala mbrebet yang disebabkan oleh injektor, Anda bisa melakukan pengetesan sederhana. 

Setelah injektor dilepas dari throotle body, pasang kembali selang bensin dan konektor soketnya. Pasang juga kembali Aki motor dan posisikan di tempat aman. Arahkan semburan injektor ke tempat aman dan coba tekan starter tangan dan lihat semburan bensin di injektor, apakah semburannya kecil,, putus-putus atau malah tidak menyembur sama sekali.

membersihkan Injektor Motor

Dari sini anda bisa menyimpulkan apakah injektornya bermasalah atau malah fuel pump nya yang perlu diservis. Atau mungin malah injektornya baik-baik saja. Semoga bermanfaat.