Penyebab Drone Mini tidak bisa Terbang

Drone memang sedang booming belakangan ini. Banyak hal bisa kita explore dengan menggunakan Drone.

Pilihan Drone sendiri banyak macamnya, dari yang kelas berat hingga kelas ringan yang hanya berfungsi sekedarnya.

Drone kelas atas tentu harganya mahal namun fitur dan fungsinya melimpah.

Drone Mini tidak bisa Terbang

Beberapa type drone memiliki kemasan yang cukup baik dan juga kokoh sehingga terlihat berkelas.

Drone Mini tidak bisa Terbang

Kali ini kita akan membahas tentang drone mini yang tiba-tiba tidak bisa terbang.

Sebenarnya, ketika di beli dari sebuah toko online dan mulai mencoba menerbangkannya, drone dapat terbang, namun karena masih pemula, drone pun terbang tak terkendali dan menabrak tembok hingga beberapa propelernya terlepas.

Nah disinilah sumber permasalahannya. Ketika propeler dipasang kembali, drone pun tiba-tiba tidak dapat terbang seperti semula.

Apakah drone ini rusak?

Masa' sekali terbang langsung rusak.

Ternyata, setelah di utak atik kanan kiri depan belakang atas bawah, maka ketemulah sumber permasalahanya yang menjadi penyebab drone tidak bisa terbang.

Penyebabnya dikarenakan pemasangan propeler yang salah.

Ketika menabrak tembok tadi, ada propeler yang terlelas dan kemudian dipasang pada posisi yang tidak tepat.

Karena jika di perhatikan, propeler milik mini drone ini di beri tanda huruf dan angka yaitu huruf A dan B.

Arah kemiringan bilah propeler A berbeda dengan bilah propeler B. Jadi, jika tidak dipasang pada tempatnya maka drone tidak akan bisa terbang.

Jadi, kalau anda menemukan masalah drone tiba-tiba tidak bisa terbang, mungkin tidak ada salahnya memeriksa posisi propelernya, mungkin saja tertukar.

Posisi propeler yang benar untuk mini drone ini adalah saling menyilang.

Drone Mini tidak bisa Terbang

Jadi, jika propeller A berada di depan bagian kanan maka belakang bagian kiri juga propeller A. Sedangkan propeller B menempati sisi kiri depan dan sisi kanan belakang.

Setelah posisi propellernya sudah benar, maka drone bisa terbang seperti sedia kala.

Mini drone ini cukup lumayan untuk dimainkan, fiturnya juga cukup identik dengan Drone pada umumnya, meskipun tidak selengkap drone mahal. Bissaalaah buat latihan kalau-kalau nanti kesampaian beli drone sekelas DJ Phantom 4 Pro. :)

Fitur menarik seperti launch button yang bisa membuat drone take off secara otomatis hingga ketinggian 2 meter. Dan dengan tombol yang sama untuk membuat drone landing.

Ketika drone tiba-tiba terbang miring, maka bisa di atur agar terbangnya stabil. Pengaturannya bisa di lakukan secara otomatis maupun manual. Karena drone ini sudah dilengkapi sensor gyroscope sehingga bisa terbang stabil diposisi horizontal.

Suatu ketika, mungkin saja saat take off dia akan miring karena sebelumnya sempat tertabrak sesuatu. Maka ini bisa diperbaiki dan di kalibrasi, caranya bisa di lihat pada buku manualnya.

Yaa lumayannya, tidak seperti helikopter mainan yang tiba-tiba terbang miring karena ada bagiannya yang lepas/hilang.

Mini drone ini juga dilengkapi tombol back to home seperti layaknya drone pada umumnya. Yang tak kalah menarik adalah adanya kamera untuk merekam dan mengabadikan gambar dengan drone.

Meskipun kualitas kameranya seadanya tapi lumagannya untuk menambah keesyikan bermain drone mini ini. Kalau bisa di bilang, kualitas kamera drone mini ini sama dengan ponsel candybar jaman dulu yang masih 2MP.

Drone Mini tidak bisa Terbang

Untuk dapat memotret menggunakan drone ini, anda perlu menghubungkannya dengan handphone Android atau IOS.

Namun sebelumnya anda perlu menginstal aplikasi yang bisa didapatkan dengan menscan barcode yang ada di buku panduan agar ponsel bisa terhubung dengan kamera drone.

Jika ponsel sudah terhubung dengan drone, maka anda bisa memanfaatkan kameranya dan bahkan mengendalikan drone pakai ponsel.

Saat bermain drone mini ini sebaiknya didalam ruangan atau kalau mau memainkannya di luar ruangan sebaiknya saat pagi hari atau saat kondisi angin tidak terlalu kencang.

Karena bentuknya yang kecil, akam mudah oleng kalau terkena angin.

Drone mini ini bisa terdeteksi Anti Drone gak yaa? :)

Begitulah kiranya informasi tentang bagaimana mengatasi drone yang tidak bisa terbang. Dan ini mungkin hanyalah salah satu penyebab kenapa Drone Mini tidak bisa terbang. Selain kemungkinan ini, bisa saja Drone mini tidak bisa terbang dikarenakan baterainya yang soak (perlu di charge), belum di kalibrasi/dikoneksikan dengan remotnya atau memang terjadi kerusakan pada unit Drone. Semoga bermanfaat.