Cara Pasang SETUP BOX di TV Panasonic dengan kabel RCA

Penambahan perangkat setup box terpaksa harus dilakukan untuk menuruti kemauan pemilik kebijakan yang katanya akan men shut down tv analog.

Kebijakan ini membuat masyarakat yang punya TV, wajib menyediakan sebuah alat yang bernama setup box agar tv yang masih analog, bisa menerima tv digital.

Jadi mau tidak mau kita harus menuruti kemauan nya dari pada nanti tv hanya jadi pajangan atau malah berubah fungsi jadi akuarium. Hehehe๐Ÿ˜ƒ

Semoga saja saat waktunya tiba nanti, ada program bagi-bagi setupbox gratis dari pemerintah. Hehe

Soalnya, satu setupbox ini hanya bisa dipakai untuk satu TV, kalau punya dua tv dirumah, yaa harus beli dua setupbox.๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜ƒ

Memasangkan setup box ke tv sebenarnya relatif mudah. Namun untuk lebih mempermudah anda melakukannya sendiri dirumah, berikut ini adalah langkah-langkah memasangkan setup box ke tv panasonic sebagai contohnya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membeli setup box. yaiyalahyaa๐Ÿ˜„

Harga dan jenis setup box bermacam-macam, pilih saja yang sesuai kebutuhan dan budget.

Beberapa setup box, ada yang memiliki fitur untuk menonton youtube dan ada juga yang hanya berfungsi merubah tv analog menjadi tv digital. Semakin lengkap fiturnya maka harganya pun tentu menyesuaikan.

Kemudian untuk koneksi antara setup box ke tv bisa menggunakan kabel RCA (warna hijau, putih, merah), ada juga yang pakai kabel HDMI. 

Ini penting untuk di perhatikan. Jika TV anda termasuk keluaran lama, sebaiknya pilih koneksi pakai kabel RCA. Karena tv keluaran lama dan/atau tv tabung, biasanya belum mengenal HDMI. Atau cek dan ricek lagi bagian belakang TV, apakah ada port HDMI nya atau tidak.

Kalau Anda berencana untuk bisa sekalian nonton Youtube di TV, sebaiknya anda pun sekalian beli wifi dongle sepaket dengan setup-box nya. Kalau beli terpisah, khawatirnya nanti tidak cocok. Karena dongle untuk setup box harus type/seri tertentu.

Kalau sudah beli alat setup-box, langsung saja di pasang ke TV. Contohnya kali ini adalah TV Panasonic yang sebenarnya sudah ada port HDMI nya. Tapi karena dalam paket penjualan setup-box hanya menyertakan kab RCA, yaa pakai ini saja. Daripada beli kabel HDMI lagi.

Sambungkan kabel RCA sesuai warnanya. Baik yang di TV maupun yang di setup-box nya. Pemasangan ini sangat mudah dan tidak mungkin salah karena sudah ada pembeda warnanya yaitu merah, kuning dan putih, tinggal disesuaikan saja.

Jangan lupa pindahkan colokan antena dari TV ke Setup-box.

Cara pasang setupbox

Sudah selesai instalasi, selanjutnya langsung nyalakan televisi dan setup-box nya.

Pilih input dari AV pada settingan TV. Kalau misalnya pakai koneksi HDMI, yaa pilih HDMI.

Cara pasang setupbox

Setelah inputnya di setting maka di layar akan muncul tampilan menu dari setup-box.

Setup-box ini pakai yang merk Welhome. Tampilan user interface nya lumayan user friendly.

Untuk mencari siaran, langsung saja pilih menu Instalasi.

Cara pasang setupbox

lalu pencarian otomatis. Tunggu beberapa saat hingga semua siaran yang tersedia di kota anda terdeteksi.

Cara pasang setupbox

Perlu diketahui bahwa jumlah siaran televisi digital yang tersedia di setiap kota, berbeda. Jadi jangan salahkan penjualnya kalau ternyata di kota anda masih belum banyak siaran TV digitalnya.

Setup-box merk welhome ini tidak hanya bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital saja, tapi juga bisa digunakan untuk menonton Youtube, membuka aplikasi Vidio, Tiktok, weTV dan siaran radio.

Tapi untuk bisa digunakan menonton Youtube, anda harus mengkoneksikan setup-box dengan jaringan internet melalui koneksi wi-fi.

Dan untuk terkoneksi internet, setup box ini harus dipasangkan dongle wifi yang kebetulan waktu itu di beli sepaket dengan setup box nya di toko yang sama karena kawatir salah, kalau di beli terpisah.

Cara pasang setupbox

Untuk mengkoneksikan setup box lewat jaringan wifi. Colokan dongle wifi pada port USB yang tersedia lalu masuk ke menu "Jaringan", kemudian koneksikan ke wifi yang ada dirumah anda atau bisa juga thatering dari hape.

Setupbox ini kinerjanya cukup baik. Meskipun hanya bermodalkan antena indoor yang dipasang outdoor. 

Kadang kalau berurusan dengan antena, suka hemat atau gak niat ๐Ÿ˜†. Namun hasil tangkapannya lumayan sangat baik. Siaran TV terlihat sangat jernih dan nyaman dilihat. 

Antena tv

Tapi ini bergantung dari letak geografis rumah kita juga. Kalau posisi rumah agak jauh dari pemancar, mungkin perlu antena yang lebih baik dan posisi yang agak tinggi.

Demikianlah cara memasang setupbox di TV panasonic, dan mungkin bisa juga diterapkan pada TV lain yang menggunakan koneksi kabel RCA. 

Setelah pakai pakai setupbox, pengoperasian TV menggunakan dua remote. Satu remote TV (untuk on/off TV), satu lagi remote setupbox (untuk pindah saluran/channel). Jadi agak ribet tapi dinikmati sajalah. ๐Ÿ˜

Gambar remote

Nanti kalau punya uang banyak, beli TV baru saja lagi yang sudah digital. ๐Ÿ˜†

Bagaimana, mudah bukan memasang setupbox ke TV pakai kabel RCA, selamat mencoba, semoga bermanfaat.