Cara Melepas Kampas ganda Mio GT tanpa tracker

Peralatan perbengkelan jumlahnya sangat banyak, dari yang memiliki fungsi spesifik dan fungsi umum. Tracker salah satu peralatan yang memiliki fungsi khusus salah satunya adalah untuk melepas mangkuk kampas ganda motor Mio GT.

karena tracker termasuk kedalam "peralatan khusus" maka jarang yang memilikinya jika bukan pengusaha bengkel.

Kendala dari ketiadaan peralatan ini sering kali menjadikan pemilik motor untuk berpikir dua kali ketika hendak memperbaiki motornya sendiri di rumah. Khususnya ketika ingin mengganti kampas kopling Mio dan harus menghadapi kendala saat melepas "mangkok kopling".

Namun dengan sedikit improvisasi, melepas kampas ganda tanpa tracker sangat mungkin untuk dilakukan.

yang perlu di persiapkan adalah Tang, Kunci 14 untuk membuka mur pengunci tracker dan pipa besi panjang. 

cara melepas kampas ganda mio GT kita mulai dari memposisikan tang dan pipa panjang untuk menggantikan tracker.

Karena saya tidak memiliki pipa panjang maka disini saya menggunakan martil yang di sambung dengan besi betel yang kemudian di kaitkan ke ujung kaki standart tengah, sementara ujung lainnya di sela antara gagang tang.

Cara Melepas Kampas ganda Mio GT tanpa tracker

Memang agak sedikit sulit memposisikannya dengan baik dan benar, lebih mudah jika anda memiliki seseorang yang membantu memegangnya. Namun jika tidak pun sebenarnya bisa dilakukan sendiri, hanya perlu sedikit gerakan atraksi, 😃

Selanjutnya meulai membuka mur mangkok kopling. Sebaiknya gunakan kunci shock dengan gagang panjang agar momen putarnya besar.

karena kalau baru pertama kali dibuka, mur mangkok kopling ini sangat keras.

Setelah Murnya terlepas langsung keluarkan mangkok kampas kopling, biasanya tidak sulit untuk dilepas. kalau ternyata sulit, bisa dicukit pelan-pelan pakai obeng.

Selanjutnya melepas kampas mur kampas ganda, bisa pakai kunci pipa atau pakai cara tradisional yaitu di betel. :)