Cara mengganti kampas rem belakang MIO GT

Cara mengganti kampas rem belakang MIO GT bisa dilakukan sendiri di rumah. Yang penting Anda punya peralatannya, yaitu kunci T12 atau kunci shock 12. Harus pakai kunci T atau shock yang panjang, agar mudah menjangkau baut knalpot di blok silinder. Kemudian anda juga harus menyediakan kunci 22. Bisa pakai kunci ring atau shock, jangan pakai "kunci pas" yaa. Lalu sediakan juga balok kayu yang bisa di masukan ke sela palang Velg.

mengganti kampas rem Mio GT

Mari kita mulai mengganti kampas rem Mio GT. 

Pertama kondisikan motor pada standart tengah. Lalu selipkan balok kayu diantara palang pelg seperti pada gambar dibawah ini.

mengganti kampas rem Mio GT mengganti kampas rem Mio GT

Jadi nanti posisi balok kayu akan tertahan di kabel rem dan knalpot. Hal ini bisa mungkin dilakukan karena saya memakai kunci Pas-Ring 22. Kalau pakai kunci shock atau kunci ring, kemungkinan tidak bisa karena space nya tidak cukup. Jadi harus melepas knalpot terlebih dahulu.

mengganti kampas rem Mio GT

Setelah posisi balok kayu sudah tepat dan dapat menahan putaran roda, barulah kita melepas mur pengunci roda.

Injak ujung kunci pas-ring 22 dengan yakin dan jangan ragu. kalau misal terasa kurang meyakinkan, bisa tambah bantuan pipa untuk meningkatkan moment. Tapi dengan kunci pas-ring 22 saja seharusnya mur roda bisa lepas.

Setelah mur roda kendur, barulah kita melepas knalpot agar roda belakang Mio GT bisa di keluarkan dari AS-nya.

mengganti kampas rem Mio GT

Proses mengganti kampas rem Mio GT selanjutnya adalah melepas kampas rem lama, perhatikan posisi per kampas rem, jangan sampai terbalik saat measangnya nanti.

Sebelum kampas baru dipasang, bersihkan terlebih dahulu area tromol dan rumah rem, beri sedikit stempet pada pengungkit kampas rem, namun jangan memberi stempet pada as roda karena akan membuat roda susah di lepas nanti di kemudian hari jika ingin mengganti kampas rem lagi.

mengganti kampas rem Mio GT

Sebelum memasang roda, jangan lupa melonggarkan setelan rem agar roda dapat masuk dengan mudah. kencangkan mur roda sebisanya, lalu pasang knalpot.

Setelah knalpot terpasang, kencangkan mur roda dengan bantuan tahanan balok kayu seperti saat melepas roda tadi namun posisinya disesuaikan sedemikian rupa sesuai putaran pengencangan baut.

Terakhir, atur jarak main rem menyesuaikan kondisi kampas rem yang baru. Semoga bermanfaat.