Mengapa harus Android

Perkembangan teknologi mobile saat ini semakin lama semakin maju seperti yang terlihat pada kemajuan teknologi smartphone dan PC tablet yang memiliki beragam fitur baru yang canggih. Hal ini yang membuat para konsumen gadget semakin bergeliat untuk berburu gadget terbaru kesayangan mereka.

Untuk jenis gadget yang sering banyak diburu saat ini adalah smartphone dan tablet yang berbasis android. Mengapa harus android? Banyak alasan mengapa orang lebih memilih sistem operasi berbasis android salah satunya adalah kebanyakan gadget saat ini mengadopsi OS ini sehingga membuat penggunanya lebih familiar. OS android juga sudah mengalami banyak peningkatan dari masa ke masa hingga hadirnya versi android terbaru pengganti Kitkat 4.4 yaitu android Lollipop 5 .

Itulah mengapa harus Android yang dijadikan OS untuk smartphone maupun handphone. Karena memang selera pasar sedang menggilai Android, jadi mau tidak mau semua vendor, produsen, outlet handphone, developer game wajib menyediakan gadget berbasis Android. Tidak berbeda dengan saat-saat dimana Java maupun Symbian yang sempat booming di masanya.

Mengapa harus Android
Sebenarnya OS android ini juga bukan merupakan OS mobile yang baru, karena sudah diperkenalkan sejak tahun 2008 silam. Sejak itu pula banyak brand smartphone dan tablet yang mengusung OS ini untuk ditanamkan dalam device mereka. Ketenaran android pun semakin diketahui banyak orang sejak adanya update terbaru dari sistem operasi besutan Google ini dan membuat para pengguna merasa cocok menggunakannya.

Berbagai perbaikan pun dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada versi android sebelumnya seperti bug, crash, lag, dan sebagainya. Untuk versi android Kitkat 4.4 telah banyak mengemparkan dunia pecinta gadget maupun geek karena fitur, performa, dan kestabilannya yang lebih bagus dari versi sebelumnya. Hal ini sudah dibuktikan oleh tester yang mencoba sistem operasi ini untuk bermain game yang cukup berat dan hasilnya pun cukup lancar hampir tidak ada lag di perangkat berbasis android ini dengan RAM hanya 512mb.

Pihak Google selaku pengembang OS ini tampaknya telah mempersiapkan sistem ini matang-matang. Bahkan pihaknya berani mengambil nama Kit-kat yang berasal dari perusahaan Nestle untuk dijadikan nama dalam OS terbarunya dan tentunya ijinnya juga tidak cukup murah. Dalam memainkan game di perangkat yang berbasis Kitkat anda juga tidak akan diragukan lagi dengan kemampuannya.

Sekarang berbicara mengenai stabilitas OS android dibanding OS yang lain misalnya OS Mobile miliki Apple yaitu iOS. OS android Kitkat 4.4 mengalami rata-rata crash lebih sedikit dibanding iOS 7 yaitu 0.7% sedangkan untuk iOS 7 sekitar 2.1%, dengan begitu bisa dikatakan bahwa OS terbaru android ini dapat menghandle beberapa aplikasi dan game dengan baik dibanding iOS dari Apple. Itulah salah satu alasan mengapa harus Android.

Kemudian masih berbicara mengenai pertanyaan mana lebih stabil antara android dengan OS yang lain? Disini kita akan mengambil contoh OS mobile lain yaitu dari Microsoft yang diberi nama Windows Phone yang saat ini gencar ditanamkan diperangkat Nokia Lumia, karena Nokia telah bekerjasama dengan Microsoft.

Tapi sebelum berbicara mengenai kestabilan kedua OS ini, kita akan membahas sedikit mengenai user interface dari dua OS andalan ini, dan yang pertama adalah Windows Phone milik Microsoft, tampilannya masih terkesan kaku untuk dinikmati karena iconnya terlalu menyatu dan memberikan kesan kurang leluasa untuk mengakses menu. Meskipun simpel namun kurang atraktif dibanding android yang memberikan space untuk setiap iconnya dan tampilannya ikon

Windows Phone ini tergolong kaku dan kurang menarik. Sedangkan untuk OS android tampilannya lebih enak dilihat dan mengoperasikannya lebih nyaman dirasakan. Hal ini pun tidak lepas dari kebiasaan pengguna handphone yang sudah familier dengan android.

Dari segi peluasan pasar perangkat Windows Phone bisa terlihat tidak sepopuler OS android yang memiliki kinerja yang lebih baik. Selain itu butuh pembiasaan dalam mengoperasikan sistem operasi Windows Phone yang cukup rumit dibanding android terutama bagi user awam.

Kenapa memilih Android?
Untuk penggunaan sehari-hari android cukup nyaman digunakan dan dengan tampilannya yang atraktif cenderung tidak membosankan. Meskipun terkadang sering ditemukan bug atau masalah lainnya, pihak Google biasanya akan segera tanggap untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan merevisinya ke dalam bentuk update versi OS terbaru.

Anda juga dapat berpartipasi dalam penanganan masalah dalam versi android yang anda pakai dengan cara mengirimkan permasalahan yang terjadi pada OS anda ke pihak Google. Berbeda dengan OS lain yang terbatas seperti iOS misalnya, sehingga banyak pengembang aplikasi dan game dapat berkecimpung dalam membuat aplikasi dan game mereka dalam platform android. Dengan begitu banyak game atau aplikasi yang akan anda dapatkan dan beberapa widget dan buku dari pengembang dan publisher.

Hal ini mengingat banyaknya produsen smartphone dan tablet yang mengikut sertakan OS android ke dalam perangkat mereka dan tentunya akan lebih banyak lagi pengembang yang akan membuat game dan aplikasi untuk OS android.

Untuk performa perangkat yang mendukung OS android juga mendapatkan peringkat tertinggi dalam uji coba  test bencmark seperti Samsung Galaxy Note 3 yang berulang kali menduduki peringkat atas dengan OS android tentunya. Terlebih disisi harga gadget yang mengusung OS android tergolong mumpuni dengan harga yang lebih murah dibanding gadget berbasis iOS.

Dengan harga yang tidak terlalu tinggi andapun akan bisa mendapatkan perangkat android yang tergolong memiliki performa tinggi. Tentu ini hanyalah sebuah fenomena pasar yang akan terus berganti sesuai perkembangan jaman. Sama seperti dulu waktu symbian begitu booming dipasaran, kemudian disusul RIM besutan Blackberry dan sekarang Android yang sedang merajai pasar.

Mungkin saat ini OS lain sedang diam-diam merayap sambil menunggu momen yang tepat untuk mendobrak pasar dengan OS versi terbaru yang lebih fresh. Ketika OS android telah mencapai titik jenuh. Meski begitu tidak semua pengguna ponsel antusias dengan OS Android ini, tentu ada beberapa pengguna ponsel yang anti mainstream lebih memilih OS windows mobile ataupun IOS agar tampil beda dan ekslusif.

Demikianlah sedikit ulasan mengapa harus OS android dan bukan OS (operating system) lain, semoga anda bisa lebih mendapatkan ulasan yang informatif mengapa harus Android, dan perbandingannya dengan beberapa OS lain. Bagaimana menurut anda? 
Semoga bermanfaat.



0 Response to "Mengapa harus Android"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.