Cara mengatasi lampu motor yang selalu putus saat di gas

Lampu motor putus saat di gas memang menjadi masalah yang membingungkan. Bagaimana tidak bingung kalau setiap tarik gas motor, lampu langsung putus. Memangnya mau jalan dengan langsam.

Hal ini sering terjadi pada motor yang masih menggunakan aliran AC untuk lampu. Jadi lampu utama mendapat suplai listrik dari spul di mesin.

Salah satu contohnya adalah pada Vespa yang saya gunakan kali ini.

Lampu utama di Vespa ini disuplai oleh listrik AC dari aki yang sebenarnya sudah melalui Kiprok. Namun karena kiprok bermasalah, jadi kemungkinan tidak mampu lagi menahan atau membatasi arus listrik ke Lampu sehingga lampu menerima listrik overvoltage. 

Jadi pada putaran rendah hingga sedang, lampu masih bisa bertahan namun ketika mesin berputar pada rpm tinggi, lampu pun ikut melotot alias menjadi terang benderang mengikuti putaran mesin yang akhirnya putus karena overvoltage tadi.

Sebenanrnya mudah saja mengatasinya yaitu mengganti Kiprok. Tapii kalau dana teebatas, ada cara yang murah meriah tapi manjur untuk mengatasi lampu motor putus saat di gas. Sebenarnya cara ini bisa diterapkan pada motor jenis lain yang juga bersistem AC untuk lampu utamanya.

Oke langsung saja kita atasi agar lampu tidak putus saat di gas.

Pertama siapkan Dioda 6A dua buah yang bisa di beli di toko peralatan elektronik. Ingat toko peralatan elektronik yaa, yang khusus jual komponen elektronik. Bukan toko elektronik yang jual barang elektronik, nanti malah ditawari TV, Kulkas, Mesin cuci dan sejawatya.

Kalau sidah sampai di toko uang jual komponen elektronik, bilang saja mau beli dioda 6A. nanti dikasih benda hitam seperti gambar di bawah ini. Harganya antara 1000-3000 Rupiah perbiji, beli 2 biji.

Kalau sudah siap diodanya, selanjutnya buka batok lampu dan langsung saja hubungkan dioda tadi ke lampu.

Jadi posisi dioda berada diantara lampu dan sumber listrik. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

pasang dioda di lampu motor

Jadi, dua buah dioda tadi di hubungkan secara pararel, sedangkan posisinya dengan lampu dan sumber listrik dirangkai seri.

Perlu diperhatikan posisi dioda jangan sampai terbalik. Bagian yang ada cincin peraknya mengarah ke lampu.

dioda 6a untuklampu motor

Dengan begini, lampu akan menjadi sedikit redup tapi akan tahan meskipun di gas pada putaran tinggi. Kalau mau eksperimen, bisa coba pakai satu dioda terlebih dahulu untuk mendapat cahaya lampu yang sedikit terang. Kalau ternyata masih putus, pasang dua dioda.

Begitulah cara mengatasi lampu motor yang sering putus saat di gas. Cara ini bisa di jadikan solusi sementara yang murah meriah sembari menunggu tabungan cukup untuk membeli kiprok baru. Syukur-syukur kalau diodanya bisa bertahan lama, jadi pembelian kiprok bisa ditunda. 

Meskipun sebenarnya harga kiprok gak mahal-mahal amat, kira-kira antara 50-150 ribu. Tapi uang segitu lumayan buat beli beras dan kebutuhan sehari-hari, yaa gak?

Sekian dulu informasi sederhana ini, semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter