Cara memperbaiki pompa angin yang tidak mengeluarkan angin

Pompa angin manual yang di operasikan dengan tangan kadangkala tidak mengeluarkan angin. Saat bagian cop pompa dipasangkan ke pentill ban, maka angin dalam ban akan keluar, tapi ketika tuas pompa di tekan malah loss, tidak ada tekanan sama sekali dan tidak ada angin yang masuk ke dalam ban. Walahdalah, ciloko 12 ini,😀 ban terlanjur kempes total, ehh pompanya ngambek.

Tenang kawan, hal ini sering terjadi pada pompa angin manual. Penyebabnya adalah di karenakan karet klepp yang ada di dalam pompa sudah keras, kaku atau rusak. Tidak mengapa karena kerusakan ini umum terjadi dan bisa di ganti, dan penggantinya banyak dijual di toko peralatan sepeda untuk memperbaiki pompa angin manual yang tidak mengeluarkan angin.

Buka saja tutup pompa dan tarik keluar tuas pompa beserta as-nya, nanti anda bisa melihat ada karet klep diujung as pompa tuas pompa tersebut. Lihat kondisinya apakah masih utuh atau sudah robek.

pompa tangan manual

Pompa manual yang tidak mengeluarkan angin kemungkinan hanya disebabkan oleh kondisi karet valve yang kering dan mengeras. Kalau memang begitu, coba cuci dengan air sambil diurut perlahan-lahan hingga karet valve nya menjadi lentur. kalau sudah agak lentur, pasang kembali namun sebelumnya oelsi sedikit oli sebelum memasangkannya kembali ke rumah pompa. 

Cara ini biasanya berhasil untuk meperbaiki pompa angin yang tidak mengeluarkan angin, meskipun tekanan angin yang dihasilkan kurang sempurna.

Namun jika tidak berhasil dan memang kondisi karet valve-nya sudah tidak layak, sebaiknya diganti saja. Harga karet valve pompa tangan manual tidak mahal, tidak sampai 5 ribu Rupiah. 

Ketika membeli penggantinya, bawa serta karet pompa yang lama agar anda tidak salah membeli. Karena karet klep model begini terdapat beberapa pilihan ukuran. Jangan sampai anda salah membeli karet klep untuk lampu petromaks atau karet klep pompa semprotan pestisida.😀😄

Kemudian bahan klep pompa biasanya terbuat dari kulit, mungkin ada juga pompa tangan manual yang pakai klep dari karet. Sesuaikan saja bahan klep yang dipakai, kalau klep pompa bawaannya pakai bahan kulit yaa beli yang bahan kulit juga.

Melepas dan memasang klep pompa pada as-nya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu kunci 10 untuk melepas karet yang lama dan menggantinya dengan yang baru. 

Saat pemasangan, harus di perhatikan posisi ring pengiringnya, jangan sampai terbalik, karena ini mempengaruhi kinerja pompa nantinya.

pompa angin

Kalau karet klep yang baru sudah terpasang, jangan lupa olesi dengan oli, sedikit saja. Olesi juga sedikit oli di dinding dalam selongsong pompa, agar pergerakan karet klep di rumah pompa mulus. 

Itulah cara memperbaiki pompa angin manual yang tidak mengeluarkan angin. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter