Emulator android MEmu, Ringan tapi kok Black Screen

Dewasa ini pilihan Emulator Android semakin beragam, ringan dan semakin User Friendly tanpa banyak memakan resource komputer dan mampu menjalankan mayoritas Game atau Aplikasi android.

MEmu salah satu emulator android yang bisa diinstal pada komputer guna membantu menjalankan game android ataupun aplikasi android yang saat ini jumlahnya sudah sangat banyak dan bermacam-macam.

MEmu memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mengklaim diri menjadi emulator yang memiliki performa paling tinggi bahkan jika dibandingkan dengan beberapa Ponsel Android dan Bluestacks.

Emulator android MEmu

MEmu membutuhkan minimum requirement yang tidak jauh berbeda dengan Emulator lainnya seperti Koplayer, Bluestacks, Andyroid, dll.

MEmu System Requirements:
- Windows Vista/Windows 7 SP1/Windows 8.1/Windows 10
- Intel or AMD CPU (with Virtualization Technology support preferred)
- GPU with OpenGL 2.0+ support
- At least 1 GB free system memory
- At least 2 GB of free disk space under installation path

Note: It’s not recommended to run MEmu App Player in another virtual machine software.


Dengan ukuran file instaler sebesar 271 MB yang dapat di download langsung di halaman resminya http://www.MEmuplay.com, MEmu dapat digunakan secara gratis bagi pengguna komputer untuk menjalankan game android di komputernya.

Proses instalasinya pun tidak sulit dan tidak memakan waktu lama. Hanya saja, ketika ingin mencoba memainkan salah satu game yang biasanya berjalan baik pada emulator lain, ternyata mengalami black screen jika di buka melalui MEmu.

Emulator android MEmu sebenarnya cukup ringan jika di banding Blusatcks, apalagi Laptop yang digunakan untukmenginstal MEmu bermesin lumayan meskipun tidak terlalu spesial, yaitu Core i3 RAM 6 GB, tapi ketika akan digunakan untuk memainkan game android ternyata Black Screen.

Entah dimana letak kesalahannya, mungkin ada pengaturan yang terlewatkan sehingga beberapa game tidak bisa dimainkan disini.

Emulator android MEmu


Sebenarnya dengan tampilan antar muka yang sederhana, Emulator ini tergolong ringan, tidak membutuhkan waktu lama bagi MEmu untuk loading hingga terbuka sempurna.

Emulator android MEmu

Hanya saja, ketika membuka salah satu game android, diperlukan waktu lama untuk loading dan kemudian akhirnya hanya tampil layar hitam meskipun soundtrack game sudah terdengar.

Game android seperti Bad Piggies, Ramboat, Hotwheels Race Off, dan Angry Bird Stella yang bisa berjalan baik di Bluestacks ataupun Koplayer tanpa banyak melakukan setingan khusus, ternyata menampilkan layar hitam saat di buka lewat MEmu.

Emulator android MEmu


Mungkin kendala pada Driver Graphic atau VGA pada Laptop yang digunakan masih sistem shared sehingga kurang optimal untuk menjalankan game android menggunakan emulator MEmu ini.

MEmu Menempatkan sidebar di sisi kanan dengan berbagai menu utama diwakili berbagai ikon semakin mempermanis tampilan antar muka dan mempermudah pengguna mengakses berbagai fungsi sesuai kebutuhan.

Menu-menu umum seperti Key mapping, Screenshot, shake, Apk instaler, Screen Record, dan yang cukup menarik adalah Kill process yang dapat membantu Memudahkan melakukan proses memory cleaning.

Pada menu Setting juga terdapat pilihan pengaturan untuk menentukan tipe handphone yang ingin dijadikan Device, serta berapa banyak resources komputer yang ingin “dikerahkan” untuk menjalankan emulator ini.

Emulator android MEmu


Itulah emulator android bernama MEmu yang sebenarnya cukup Ringan tapi kok Black screen saat ingin digunakan untuk memainkan game android.

Jika anda mengalami kendala black screen yang sama ketika ingin memainkan game android dengan bantuan MEmu, mungkin anda bisa mencoba emulator android seperti Bluestacks yang meskipun agak berat tapi bisa diandalkan.

Ada juga pilihan emulator bernama Koplayer yang juga punya fitur screen record atau emulator android lainnya yang mungkin bisa berjalan sempurna dan kompetible dengan spesifikasi komputer atau laptop yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat.

Please Share if You like "Emulator android MEmu, Ringan tapi kok Black Screen" :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Emulator android MEmu, Ringan tapi kok Black Screen"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.