Desain Fairing Motor MotoGp 2017

Setelah peraturan pelarangan winglet di terapkan untuk balapan Motogp 2017, bukan berarti pabrikan berhenti melakukan riset terkait upaya peningkatan performa melalui segi aerodinamika.

Bagian fairing yang bertugas membelah angin pun dibuat dengan desain yang sedemikian rupa agar tetap dapat berfungsi maksimal seperti layaknya ketika menggunakan winglet.

Pabrikan yang bersaing di MOTOGP pun berupaya menciptakan desain fairing dengan winglet baru yang berfungsi sama tapi dengan bentuk yang jauh berbeda.

Berikut tampilan fairing motor motoGP yang digunakan pada test pra musim motoGP 2017 dan memiliki desain winglet terselubung didalamnya.

Aprilia
Mendesain fairing dengan dua lubang besar di kanan kiri, desain ini di harapkan mampu menghasilkan downforce untuk meningkatkan grip ban tanpa mengorbankan top speed.

Desain fairing Motor aprilia MotoGp 2017

Yamaha
Tampilan fairing Yamaha dengan winglet yang tampak sederhana. Sekilas terlihat hanya penambahan penutup disisi luar dengan bilah winglet yang tidak terlalu lebar.

Desain fairing Motor yamaha MotoGp 2017

Ducati
Tampil cukup ekstreme dengan desain fairing yang tampak kokoh dengan lubang besar di kanan kiri sebagai saluran angin yang diharapkan mampu menambah downforce.

Desain fairing Motor ducati MotoGp 2017

Honda
Tidak jauh berbeda dengan desain winglet Yamaha, Honda tidak melakukan perombakan besar pada struktur fairing utama hanya saja terlihat lebih lebar dengan desain winglet baru.

Meskipun sempat terjatuh saat menguji coba fairing baru ini namun Marques merasa optimis dengan desain fairing barunya.

Desain fairing Motor Honda MotoGp 2017

Suzuki
Secara prinsip, desain winglet pada fairing motor Suzuki tidak berbeda dengan Yamaha dan Honda hanya saja posisinya sedikit lebih tinggi.

Desain fairing Motor MotoGp 2017


Peraturan baru MotoGP 2017 yang membatasi agar motor yang bertarung di balapan MotoGP harus memiliki desain aerodinamika seperti motor jalanan pada umumnya membuat para pabrikan harus berpikr ektra keras untuk mendesain fairing baru dengan tetap mempertahankan keunggulan ketika menggunakan winglet.

Jika desain aerodinamika balapan motor motoGP kembali seperti sebelum menggunakan winglet maka akan tampak sebagai suatu langkah kemunduran dalam hal riset dan development khususnya dalam hal aerodinamika.

Please Share Artikel "Desain Fairing Motor MotoGp 2017" ini :)

0 Response to "Desain Fairing Motor MotoGp 2017"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.