4 motor tahun 80an yang telah dilengkapi turbocharger

Turbocharger menjadi salah satu perangkat yang dapat mendongkrak performa mesin dengan jalan meningkatkan takanan udara yang masuk keruang bakar.

Untuk kendaran modern, sangat lumrah kita temukan kendaraan yang secara default mesinnya sudah dilengkapi turbocharger dari pabriknya.

Tidak mengherankan jika kendaraan keluaran terbaru telah dilengkapi dengan perangkat ini, apalagi untuk motor yang memang mengejar performa seperti Kawasaki Ninja H2.

Tapi bagaimana dengan motor-motor lawas, apakah ada motor yang secara default telah dilengkapi perangkat turbo khususnya untuk motor yang lahir di tahun 80an.

Berikut ini 4 motor tahun 80an yang sudah dilengkapi Turbo

Suzuki XN85

Di tahun 1983 Suzuki menelurkan motor bertubocharer yang diberi nama Suzuki XN85. Konon nama 85 diambil dari tenaga yang bisa dihasilkan oleh mesin turbo 673 CC 4-Tak berpendingin udara yang dipasang secara transversal di rangka.

Meskipun lahir di tahun 80an tapi XN85 telah dilengkapi sistem injeksi dan pengapian elektronik.


Honda CX500 Turbo

Motor buatan Honda tahun 1982 ini juga telah dilengkapi turbo dari sananya. CX500 dirilis pada tahun 1982 dan harus discontinu di tahun yang sama.

Menggunakan mesin V Twin 80 derajat 498 CC OHV (Over Head Valve) 4 katup per silinder yang di gerakan oleh Pushrod. Motor ini sudah menerapkan sistem injeksi dan pengapian CDI.

Baca juga : Berbagai posisi katup di mesin


Yamaha XJ 650 Turbo

Diproduksi tahun 1982 hingga 1984 buatan Yamaha ini mengunakan mesin 4 silinder Transvere dengan dua katup persilinder DOHC.

Kapasitas mesin 653 CC dengan menerapkan mesin Overbore Bore 63 x Stroke 53.4 menggunakan sistem pendingin udara dan sudah menerapkan sistem pengapian CDI.

Lihat juga : Perbedaan overbore, overstroke dan square engine


Kawasaki Z 750 Turbo

Motor beraliran Sport buatan Kawasaki dengan bentuk fairing yang khas membantu mengarahkan udara ke mesin untuk memaksimalkan proses pendinginan mesin.

Motor ini di produksi tahun 1985 dengan mengusung mesin 739 CC inline Four yang bisa mencapai kecepatan 225 km/h dari dukungan sistem injeksi, pengapian elektronik dan transmisi 5 percepatan.

motor dengan turbocharger otonao.com


Penggunaan mesin turbo di sepeda motor mulai diterapkan pada motor balap untuk mempercepat pencampuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke mesin sehingga mudah terbakar.

Kemudian riset terhadap turbocharger berkembang dan mulai diterapkan pada motor produksi masal untuk memaksimalkan performanya.

Please Share Artikel "4 motor tahun 80an yang telah dilengkapi turbocharger " ini :)

0 Response to "4 motor tahun 80an yang telah dilengkapi turbocharger "

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.