Cara mudah mengetahui kode html warna

Apakah anda pernah merasa ingin mengetahui kode html dari sebuah warna pada image yang anda temukan di layar monitor anda.
Dan anda sangat penasaran sekali untuk mengetahui warna apa yang dipakai pada image tersebut. Jika iya, anda berada ditempat yang tepat. Karena saya ingin menceritakan cara mudah mengetahui kode warna dengan menggunakan bantuan Corel draw X7.

Sebagai contoh, saya ingin mengetahui kode warna yang dipakai pada salah satu blog diluar sana.
Pertama kita siapkan software corel pada posisinya. Buka software corel draw yang ada dikomputer anda, jika tidak punya silahkan langsung ke bagian akhir tulisan ini. Rubah tampilan full screen corel menjadi windows mode dengan meng-klik ikon bergambar kotak disudut kanan atas. 

Cara mudah mengetahui kode html warna,cara tahu kode html warna,

Kemudian Double klik pada daftar warna di toolbar bagian kanan lembar kerja corel draw. Maka akan muncul tab Pallete editor. Kemudian klik pada pilihan Edit Color dan akan muncul tab Select Color.

Setelah corel draw siap pada posisinya, tinggalkan sejenak dan buka blog anda atau blog apa saja di browser favorit anda. 

Cara mudah mengetahui kode html warna,cara tahu kode html warna,

Setelah terposisi dengan baik sekarang bagian pokok permasalahannya. Yaitu mengetahui kode warna yang digunakan pada blog anda dengan bantuan corel draw. Contohnya kita ingin mengetahui kode warna yang dipakai pada salah satu bagian di halaman blog diluar sana. klik ikon eyedropper yang ditunjukan dengan nomor satu dan arahkan cursor kebagian halaman blog yang ingin anda ketahui kode warnanya. Klik pada bagian tersebut untuk mengetahui kode warnanya.

Cara mudah mengetahui kode html warna,cara tahu kode html warna,

Dengan Corel juga anda dapat mengetahui sebuah warna dari kode html-nya. Misalnya saja anda menemukan kode HTML warna seperti #FFFFFF. Anda mungkin belum mengetahui warna apakah itu yang berkode #FFFFFF? nah.. untuk mengetahuinya, anda tinggal mengisikan kode #FFFFFF tersebut kedalam kolom Kode warna seperti yang ditunjukan panah pada gambar diatas.

Bagaimana, bingung bukan. Kalau melihat runutan dan penjelasan diatas, Memang agak membingungkan tapi jika dipraktekan secara langsung dilapangan pasti akan sangat mudah. Walaupun sebenarnya memang tidak mudah dan cukup ribet.

Tapi tenang.. jika anda merasa kesulitan dengan cara diatas dan bagi anda yang tidak memiliki software Corel Draw di komputernya. Sebenarnya ada cara lebih mudah dan praktis untuk mengetahui kode warna sebuah gambar yaitu dengan menggunakan software Instant Eyedropper atau colorpic yang berukuran sangat kecil dan ringan jika dibandingkan corel draw.

Berikut sedikit keterangan cara menggunakan Instant Eyedropper
Klik dan tahan ikon Instan Eyedropper yang ada ditoolbar windows, kemudian geser cursor mouse ke-area yang ingin anda ketahui kode warnanya.

Cara mudah mengetahui kode html warna,cara tahu kode html warna,


Berikut sedikit screenshoot cara menggunakan colorpic
Buka software colorpic yang sudah anda download, kemudian geser kursor ke-area yang ingin anda kenali kode html warnanya.

Cara mudah mengetahui kode html warna,cara tahu kode html warna,



Jika kedua cara diatas masih terlalu sulit dan merepotkan karena harus instal software tambahan. Ada cara yang paling mudah untuk mengetahui kode HTML warna tanpa perlu software tambahan, cukup dengan memanfaatkan fasilitas Inspect Element yang ada di browser.

Caranya buka halaman web yang ingin diketahui kode html warnanya. Setelah terbuka klik-kanan pada bagian halaman web yang ingin diketahui warnanya dan pilih menu Inspect Element.

cari tau kode html warna

maka akan terlihat keterangan lengkap tentang halaman yang dibuka yang memberikan informasi kode warna komponen halaman web tersebut.

cari tau kode html warna

Dari sini anda pun dapat mencoba mengganti warna dari halaman web yang anda buka untuk menemukan kombinasi warna yang pas dan serasi. Tapi segala perubahan yang terjadi hanya preview dan akan kembali ke kondisi semula ketika anda merefresh halaman web tersebut.

cari tau kode html warna

Anda pun dapat mengetahui kode html dari warna pada halaman web yang anda buka dengan mengarahkan pointer kemana-mana sesuai lokasi warna yang ingin diketahui kodenya.

Cara mudah mengetahui kode html warna,kode html warna,


Setelah mengetahui cara mudah mengetahui kode warna menggunakan corel, Inspect Element, Instan Eyedropper ataupun Colorpic.
Yang jadi pertanyaan, Apa perlunya mengetahui kode warna tersebut? Entahlah.. saya juga bingung. Tapi saya yakin informasi ini memiliki tujuan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Jika anda ingin menambahkan fungsi dari mengetahui kode html suatu warna pada image atau halaman web, dapatlah kiranya berbagi melalui kolom komentar. Terima kasih.

Akhir kata, apapun software atau metide yang anda pilih untuk mengetahui kode html sebuah warna, Semoga bisa membantu memudahkan anda dalam mengenali setiap warna dalam versi HTML nya dan menghapus jauh rasa penasaran anda yang telah lama terpendam. Lebih dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat. 



4 Responses to "Cara mudah mengetahui kode html warna"

  1. wah ternyata lebih mudah ya, tapi kayanya harus download dulu Instan Eyedropper

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. tapi softwarenya kecil kok mbak cuma sekitar 200KB :) downloadnya juga g sampai setengah jam :)

      Delete
  2. mantap gan dapat jurus baru lagi nih ane.... ijin donlot y gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan gan.. semoga bermanfaat :)

      Delete

Silakan tinggalkan komentar anda.