Pendingin laptop super cooler

Kebutuhan pendingin pada laptop merupakan hal yang termasuk sangat penting demi kelangsungan hidup laptop itu sendiri. Mengingat laptop cukup sensitif terhadap udara panas yang berlebih, sehingga diperlukan pendingin laptop tambahan untuk membantu menjaga suhu sekitar laptop tetap dingin.

Meskipun laptop pada umumnya telah memiliki fitur pengaman untuk mencegah overheat, seperti otomatis shutdown juka suhu batas atas telah tercapai untuk mengamankan komponen laptop terhadap kerusakan.

Mengingat pentingya komponen pendingin pada laptop maka diperlukan sebuah pendingin laptop super cooler yang ekonomis dan dapat dibuat dari bahan yang mudah didapat. Untuk membuat pendingin laptop super cooler ini tidak diperlukan biaya yang mahal.

Pendingin laptop

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat pendingin laptop adalah: wadah tempat makanan yang kedap udara. Kemudian kipas bekas cpu yang tidak terpakai. Kalau tidak ada anda dapat membelinya ditoko komputer yang harganya cukup murah.

Anda dapat memilih dari berbagai macam pendingin CPU yang tersedia di pasaran. Selanjutnya kabel USB bekas kabel data hape. Kabel charger hape jaman sekarang umumnya sudah mengadopsi sistem usb jadi rasanya tidak akan sulit mendapatkan kabel seperti begini.

Karena rata rata setiap orang memiliki handphone lebih dari satu dan hanya menggunakan satu charger karena sudah universal. Kabel ini akan berfungsi sebagai penyalur sumber daya kipas dari laptop, karena kita akan mengambil sumber dayanya melalui USB laptop.

Selanjutnya buat lubang pada tutup wadah makanan untuk mensirkulasikan udara dari dalam wadah kelaptop. Sebaiknya posisikan lubang ini tepat mengarah ke sumber panas pada laptop. Disini saya membuatnya tepat pada jalur ventilasi udara kipas prosesor pada laptop.

Kemudian pasangkan kipas yang sudah disiapkan.arah hembusan kipas keluar sesuai arah hembusan kipas prosesor. Dan sambungkan kabel USB ke kabel kipas sesuai warnanya. Pada kabel USB terdapat 4 kabel, tapi kita hanya akan menggunakan kabel yang berwarna merah dan hitam saja. Pastikan anda membungkus sambungan kabel dengan selotip untuk menghindari konslet.

Pendingin laptop

Anda dapat menambahkan beberapa kipas lainnya sesuai kebutuhan yang mengarah ke sumber panas seperti hardisk dan memory agar pendingin laptop dapat bekerja maksimal. Untuk detail bentuk konstruksinya anda dapat melihat gambar berikut ini.

Pendingin laptopPendingin laptop

Dengan cara ini anda dapat menjaga suhu laptop tetap stabil dan laptop tidak mengalami overheat karena bekerja terlalu berat. Kenapa harus memakai wadah makanan mungkin anda sempat bertanya-tanya. Kenapa tidak dibuat saja seperti cooling pad untuk pendingin laptop yang tersedia dipasaran.

Salah satu kelebihan pendingin laptop super coller ini adalah anda dapat menurunkan Suhu laptop dengan cepat jika terasa suhu pada laptop sudah sangat tinggi, yaitu dengan menambahkan batu es kedalam wadah sehingga suhu yang dalam wadah menjadi sangat dingin dan udara yang dihembuskan menjadi dingin dan otomatis menurunkan suhu laptop dan performa laptop tetap terjaga. Untuk pemakaian normal anda dapat mengisikan sedikit air kedalam wadah guna membantu proses pendinginan agar lebih maksimal.

Pendingin laptop

Pendingin laptop super cooler ini sangat efektif digunakan jika anda sering berlama-lama mengbabiskan waktu didepan laptop. Selain itu pendingin laptop super cooler ini dapat berfungsi sebagai meja laptop. Namun perlu diperhatikan penempatan dan penggunaanya harus di permukaan yang rata karena bahan isiannya yang berupa air, sangat rentan tumpah jika anda menggunakannya diatas kasur atau tempat tidur.

Mungkin selanjutnya anda dapat memasukan ikan-ikan kecil dan menggunakan kipas CPU berlampu untuk menyemarakan suasana. Sehingga dapat sekaligus menjadi sarana penghilang stress setelah seharian bekerja didepan laptop.

Demikian cara membuat pendingin laptop super cooler yang dapat membantu mendinginkan laptop agar tidak overheating saat digunakan sekaligus sarana penghilang stress bagi penggunanya. Semoga bermanfaat.



2 Responses to "Pendingin laptop super cooler"

Silakan tinggalkan komentar anda.