Mengatasi oli gardan avanza rembes

Mengatasi oli gardan avanza yang rembes tanpa harus membongkar gardan.
Rembesan oli yang keluar melalui sela paking gardan avanza memang cukup mengganggu.

Selain tetesan oli yang keluar dapat mengotori lantai garasi rumah, jika dibiarkan terus menerus maka dapat berpotensi mengganggu kinerja gardan avanza karena kekurangan oli akibat menetes keluar melalui celah paking yang bocor.

Untuk mengatasi oli yang merembes pada gardan avanza adalah mengganti paking gardan dengan paking yang baru. Tapi cara ini tentu membutuhkan biaya yang lumayan. Bagaimana kalau dana belum ada untuk perbaikan dan mengganti paking gardan.

Untuk pertolongan pertama sambil menunggu biaya terkumpul anda dapat melakukan sedikit upaya untuk meminimalisir rembesan oli yang keluar dari gardan tanpa harus membongkar gardan. Tapi jika rembesan oli yang keluar dari gardan sudah sangat parah, mungkin cara ini pun kurang efektif.

Bahan yang perlu disiapkan adalah, isolasi pipa yang berwarna putih, dan lem silikon warna merah yang mampu menahan suhu tinggi (high temp) yang biasa digunakan pada lapisan paking

Mengatasi oli gardan avanza rembes

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengolesi lem silikon pada bagian gardan yang terdapat rembesan oli, tapi, sebaiknya bersihkan dahulu bekas oli yang menempel pada gardan agar lem dapat menempel sempurna.

Kemudian lilitkan isolasi pipa pada area celah gardan (antara gardan dan rumah gardan). Lilitkan sebanyak dua sampai tiga kali, kemudian tutup hasil lilitan isolasi pipa dengan lem silikon.

Lalu lilitkan lagi dengan isolasi pipa, lakukan hingga terbentuk tiga atau empat lapisan atau hingga dirasa cukup. Setelah selesai diamkan terlebih dahulu sekitar satu hingga dua jam agar lem mengering sempurna. Dan mobil pun siap digunakan sebagaimana mestinya.

Mengatasi oli gardan avanza rembes

Untuk hasil maksimal anda dapat mengganti oli gardan dengan viskositas yang lebih tinggi. Seperti SAE90 atau SAE140. Namun hal ini tentu akan memberatkan kinerja mesin secara keseluruhan, dan upaya menghemat bahan bakar yang mungkin saja sedang anda jalankan akan terganggu efektifitasnya. Tapi dengan oli yang lebih kental diharapkan oli tidak dengan mudah menyusup melalui sela-sela paking yang bocor tadi.

Selain menambal gardan dengan isolasi pipa dan lem silikon, anda juga dapat menggunakan lem plastic steel untuk menutupi area rembesan oli pada gardan. Cukup oleskan lem plastic steel pada bagian gardan yang rembes.

Mengatasi oli gardan avanza rembes

Ini hanyalah bersifat sharing pengalaman saja dan tentu cara diatas hanya bersifat sementara, dan daya tahannya pun hanya sesaat. Tentu jalan terbaik untuk mengatasi rembesan oli pada gardan adalah dengan mengganti pakingnya di bengkel terpercaya.

Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang belum memiliki budget untuk memperbaiki gardan avanza yang rembes. Atau bagi anda yang memiliki trik rahasia cara mengatasi oli gardan yang menetes tanpa harus membongkar gardan, dapatlah kiranya berbagi melalui kolom komentar.

Demikian sedikit informasi mengenai cara mengatasi oli rembes pada gardan Avanza tanpa harus membongkar gardan. Semoga bermanfaat.