Memilih Gamepad untuk bermain game PC

Penggunaan komputer atau laptop tidak lepas dari yang namanya Game. Dari sekedar game ringan seperti Solitaire, Chess Titans yang telah menjadi game standar pada windows sejak lama.

Hingga berbagai game dari berbagai Genre yang memang telah banyak diciptakan untuk memanjakan pengguna PC atau laptop untuk mengisi waktu luang atau sekedar pelepas penat di sela aktifitas sehari-hari bersama komputer tercinta.

Beberapa jenis game PC atau Laptop dapat dimainkan hanya dengan berbekal keyboard dan mouse tapi beberapa game jenis lainnya meskipun tetap dapat dimainkan menggunakan keyboard tapi akan lebih nyaman jika dimainkan mengunakan stick.

Sebut saja game ber-Genre racing yang tentu saja dapat di mainkan menggunakan keyboard dengan memanfaatkan tombol fungsi arah, namun tentu agak kurang nyaman dan sensasinya pun berbeda dengan saat memainkan game tersebut menggunakan stick.

Apalagi jika game yang dimainkan sudah mendukung fitur getar, pastilah akan kurang nikmat jika memainkannya menggunakan keyboard.

Atau game ber-genre sport lainnya seperti sepak bola yang jika dimainkan mengunakan keyboard membutuhkan minimal 6 jari untuk mengendalikan pemainnya.

Jika anda pernah memainkan game sejenis winning eleven menggunakan keyboard, setidaknya anda memerlukan jari telunjuk, tengah dan jari manis bahkan terkadang peran serta Ibu-jari pun dibutuhkan untuk standby di posisinya tergantung mapping keyboard sesuai fungsinya masing-masing.

Biasanya tombol A,S, D,W atau kombinasi J, K, L, I akan mewakili fungsi Tombol kotak, silang, bundar dan segi-tiga yang biasa terdapat pada stik PS, jangan lupa juga R1, R2, L1, L2 yang biasanya di akomodir oleh Ibu-jari kanan dan kiri (tergantung situasi dan kondisi).

Bisa anda bayangkan bermain game dengan 6 jari melekat di tuts keyboard?, anda akan terlihat seperti Pianis ketimbang sedang bermain game di PC.

Memilih Gamepad untuk bermain game PC

Menggunakan Stick PS atau gamepad khusus PC untuk bermain game di PC atau Laptop juga dapat menghemat umur keyboard.

Anda mungkin sudah sangat paham saat-saat dimana emosi yang sempat meluap ketika mencoba menembus pertahanan lawan untuk menghasilkan skor. Seberapa kuat anda menekan tombol keyboard secara simultan?

Keyboard yang sering digunakan untuk bermain game akan terasa empuk pada beberapa bagian tuts-nya dibanding tuts lainnya, setidaknya pada area A,S,D,W / J,K,L,I atau tombol empat arahnya.

Baca juga: Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet

Telah banyak pilihan stik yang dapat anda gunakan untuk bermain game di PC atau Laptop. Stik khusus PC dengan koneksi USB tersedia banyak pilihan dengan rentang harga bermacam-macam.

Ada yang berbentuk mirip stick Playstation, ada juga yang bentuknya seperti stick kepunyaan XBox. Dari yang tipe biasa tanpa analog, hingga stick beranalog dengan fitur getar bahkan ada pula yang wireless.

Selain itu, anda pun dapat menggunakan stik PS, jika mempunyai Konsol playstation, anda dapat menghubungkan stik PS tersebut ke PC atau laptop dengan bantuan Converter PS2 to USB.

Jika anda berminat untuk membeli stick untuk komputer atau laptop kesayangan anda, Anda perlu mempertimbangkan bila ingin membeli Stick khusus PC atau laptop yang bersistem Dual Gamepad (Satu colokan USB untuk 2 stik), karena jika salah satu stick rusak maka anda terpaksa harus menggantinya satu set jika tetap ingin bermain multiplayer.

Selain itu jika anda ingin “bersolo karir” anda akan terganggu dengan keberadaan “stick dua” yang tetap harus ikut walaupun tidak digunakan.

Jika anda menggunakan yang tipe single (satu USB untuk 1 stick), anda tidak perlu ribet dengan kabel stick dan keberadaan stick atau gamepad “player dua” jika ingin bermain solo. Dan jika salah satu stik rusak anda hanya perlu membeli stik secara satuan.

Dari segi harga, stik dengan sistem satu USB untuk dua Gamepad tampak lebih murah dibandingkan jika membeli stik single (satu USB 1 Gamepad) sebanyak dua buah dengan kualitas dan fitur yang sama.

Meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh, namun selisih harganya cukup lumayan membuat bingung. Tapi kembali lagi kepada tujuan anda ingin membawa pulang gamepad untuk komputer atau laptop.

Apakah nantinya akan sering dipakai berdua atau sendiri. Perhatikan juga jumlah slot USB yang tersedia di PC atau laptop apakah masih banyak tersedia slot USB kosong atau tidak.

Jika slot USB terbatas, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih Gamepad dengan satu colokan USB untuk dua Stick.

Penggunaan USB Hub untuk gamepad pada komputer dapat mengurangi respon gamepad itu sendiri, tapi bisa diatasi dengan menggunakan USB Hub yang memiliki sumber power tersendiri atau menggunakan USB Hub yang benar-benar berkualitas.

Jika anda memilih menggunakan stik PS2 dengan bantuan Converter PS2 to Usb untuk PC atau laptop, anda dapat menggunakan stick khusus PlayStation yang banyak dijual dipasaran dengan rentang harga yang bermacam-macam dari yang termurah hingga yang paling mahal.

Jika stick mengalami kerusakan, yang biasanya dan paling sering rusak adalah karet bantalan tombolnya yang robek karena faktor umur dan pemakaian, anda dapat dengan mudah mencari komponen penggantinya.

Tapi anda perlu budget tambahan untuk membeli Converter PS2 to USB yang harganya setara dengan satu buah stik khusus PC yang tipe single.

Memilih Gamepad untuk bermain game PC

Bermain game di PC dapat menghemat biaya jika anda hanya sesekali memanfaatkan PC atau laptop untuk bermain game Dibanding jika harus membeli konsol game khusus yang harganya lumayan bikin manyun.

Komputer atau laptop pun dapat digunakan untuk memainkan banyak pilihan game dari berbagai konsol dengan bantuan emulator, seperti game-game android yang sangat banyak pilihannya, juga dapat dimainkan di PC dengan bantuan emulator android untuk PC.

Anda pun dapat memainkan game android di PC menggunakan stick tanpa harus memiliki handphone android.
Semoga bermanfaat.



0 Response to "Memilih Gamepad untuk bermain game PC"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.