Memilih Gamepad untuk bermain game di PC

Penggunaan komputer atau laptop tidak lepas dari yang namanya Game. Dari sekedar game ringan seperti Solitaire, Chess Titans yang telah menjadi game default bawaan windows sejak dahulu kala.

Hingga beragam game dari berbagai Genre yang memang telah banyak diciptakan untuk memanjakan pengguna PC atau laptop untuk mengisi waktu luang atau sekedar pelepas penat di sela aktifitas sehari-hari bersama komputer tercinta.

Beberapa jenis game PC atau Laptop dapat dimainkan hanya dengan berbekal keyboard dan mouse, tapi beberapa game jenis lainnya meskipun tetap dapat dimainkan menggunakan keyboard tapi akan lebih nyaman jika dimainkan mengunakan stick.

Sebut saja game ber-Genre racing yang tentu saja dapat di mainkan menggunakan keyboard dengan memanfaatkan tombol fungsi arah, namun tentu agak kurang nyaman dan sensasinya pun berbeda dibandingkan jika memainkan game tersebut menggunakan stick.

Apalagi jika game yang dimainkan sudah mendukung fitur getar, pastilah akan kurang nikmat jika memainkannya menggunakan keyboard.

Atau game ber-genre sport lainnya seperti sepak bola yang jika dimainkan mengunakan keyboard membutuhkan minimal 6 jari untuk mengendalikan pemainnya.

Jika anda pernah memainkan game sejenis winning eleven menggunakan keyboard, setidaknya anda memerlukan jari telunjuk, tengah dan jari manis bahkan terkadang peran serta Ibu-jari pun dibutuhkan untuk standby di posisinya tergantung mapping keyboard sesuai fungsinya masing-masing.

Biasanya tombol A,S, D,W atau kombinasi J, K, L, I akan mewakili fungsi Tombol kotak, silang, bundar dan segi-tiga yang biasa terdapat pada stik PS, jangan lupa juga R1, R2, L1, L2 yang biasanya di akomodir oleh Ibu-jari kanan dan kiri (tergantung situasi dan kondisi).

Bisa anda bayangkan bermain game dengan 6 jari melekat di tuts keyboard?, anda akan terlihat seperti Pianis ketimbang sedang bermain game di PC. Sangat tidak nyaman dan membuat jemari keram.

Solusi menggunakan gamepad untuk memainkan game di PC atau laptop adalah yang paling penting untuk dijadikan pertimbangan jika anda ingin bermain game dengan nyaman.

Memilih Gamepad untuk bermain game PC

Selain membuat senssasi bermain game labih nyaman, menggunakan Stick PS atau gamepad khusus PC untuk bermain game di PC atau Laptop juga dapat menghemat umur keyboard.

Anda mungkin sudah sangat paham saat-saat dimana emosi yang sempat meluap ketika mencoba menembus pertahanan lawan untuk menghasilkan skor di permainan winning eleven series. Seberapa kuat anda menekan tombol keyboard secara simultan?

Keyboard yang sering digunakan untuk bermain game akan terasa empuk pada beberapa bagian tuts-nya dibanding tuts lainnya, setidaknya pada area A,S,D,W / J,K,L,I atau tombol empat arahnya. Dan ketika digunakan untuk mengetik maka respon keyboard akan terasa berbeda.

Baca juga: Cara memperbaiki tombol keyboard yang macet


TIPS Memilih Gamepad untuk bermain Game di PC Desktop atau Laptop

1. DESAIN STICK

Telah banyak pilihan stik yang dapat anda gunakan untuk bermain game di PC atau Laptop. Stik khusus PC dengan koneksi USB tersedia banyak pilihan dengan rentang harga bermacam-macam.

Ada yang memiliki desain bentuk mirip stick Playstation, ada juga yang bentuknya seperti stick kepunyaan XBox. Anda bisa memilih desain bentuk yang seperti apa yang ingin anda gunakan yang sekiranya memiliki ergonomi yang baik saat di genggam.

2. TEKNOLOGI YANG DIUSUNGNYA

Game pad dilengkapi beragam teknologi untuk memaksimalkan pengalaman penggunanya. Dari tipe stik biasa tanpa analog, hingga stick beranalog dengan fitur getar bahkan ada pula yang sudah dibekali teknologi wireless.

Gamepad berteknologi wirelees membutuhkan baterai untuk sumber tenaganya, entah baterai yang bisa di charge ulang atau baterai sekali pakai. Respon gamepad bisa terganggu ketika baterainya mulai drop dan ini bisa mengganggu kenyamanan anda saat bermain game di PC.

Sedangkan gamepad berkabel akan terlihat smerawut jika perkabelannya tidak di tata dengan baik namun responnya cenderung stabil dan tidak perlu terganggu dengan kondisi baterai soak.

3. JENIS GAMEPAD

Anda bisa memilih jenis gamepad yang memang khusus untuk Komputer/Laptop dengan koneksi USB di ujung kabelnya atau menggunakan stik khusus PS (Play Station) yang harganya relatif lebih murah.

Anda bisa memilih menggunakan stik PS, jika mempunyai Konsol playstation, anda dapat menghubungkan stik PS tersebut ke PC atau laptop dengan bantuan Converter PS2 to USB.

Jika anda memilih menggunakan stik PS2 dengan bantuan Converter PS2 to Usb untuk PC atau laptop, anda dapat menggunakan stick khusus PlayStation yang banyak dijual dipasaran dengan rentang harga yang bermacam-macam dari yang termurah hingga yang paling mahal.

Jika stick mengalami kerusakan, yang biasanya dan paling sering rusak adalah karet bantalan tombolnya yang robek karena faktor umur dan pemakaian, anda dapat dengan mudah mencari komponen penggantinya.

Tapi anda perlu budget tambahan untuk membeli Converter PS2 to USB yang harganya setara dengan satu buah stik khusus PC yang tipe single.

Memilih Gamepad untuk bermain game PC

4. TYPE GAMEPAD

Selanjutnya adalah pilian gamepad yang type single atau dual gamepad. Perbedaan keduanya adalah pada system perkabelannya dimana yang type single untuk menggambarkan type gamepad satu stick untuk satu slot USB sedangkan yang type dual adalah dua stick menjadi satu colokan slot USB.

Jika anda berminat untuk membeli stick untuk komputer atau laptop kesayangan anda, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing type gamepad tersebut.

Stick khusus PC atau laptop yang bersistem Dual Gamepad (Satu colokan USB untuk 2 stik) jika salah satu stick rusak maka harus mengganti semuanya, karena jika salah satu stick rusak maka anda terpaksa harus menggantinya satu set jika tetap ingin bermain multiplayer.

Selain itu jika anda ingin “bersolo karir” anda akan terganggu dengan keberadaan “stick dua” yang tetap harus ikut walaupun tidak digunakan.

Jika anda menggunakan yang tipe single (satu USB untuk 1 stick), anda tidak perlu ribet dengan kabel stick dan keberadaan stick atau gamepad “player dua” jika ingin bermain solo. Dan jika salah satu stik rusak anda hanya perlu membeli stik secara satuan.

Dari segi harga, stik dengan sistem satu USB untuk dua Gamepad tampak lebih murah dibandingkan jika membeli stik single (satu USB 1 Gamepad) sebanyak dua buah dengan kualitas dan fitur yang sama.

Meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh, namun selisih harganya cukup lumayan membuat bingung.

Namun kekurangannya jika menggunakan gamepad type single, kadang stick suka ketelingsut atau respon gamepad tidak identik antara stick-1 dan stick-2 tergantung port USB yang digunakan. Dan juga membutuhkan port USB lebih dari satu. Biasanya slot USB standart CPU ada 4 buah dan sudah terisi oleh keyboard dan mouse, satu slot lagi biasanya untuk printer atau modem. hanya tersisa satu slot USB. Jadi kalau mau main game, terpaksa harus mengorbankan salah satu pheriperal komputer untuk di lepas.

Jika slot USB terbatas, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih Gamepad dengan satu colokan USB untuk dua Stick.

Penggunaan USB Hub untuk gamepad pada komputer dapat mengurangi respon gamepad itu sendiri, tapi bisa diatasi dengan menggunakan USB Hub yang memiliki sumber power tersendiri atau menggunakan USB Hub yang benar-benar berkualitas.

Tapi kembali lagi kepada tujuan anda ingin membawa pulang gamepad untuk komputer atau laptop.
Apakah nantinya akan sering dipakai berdua atau sendiri. Perhatikan juga jumlah slot USB yang tersedia di PC atau laptop apakah masih banyak tersedia slot USB kosong atau tidak.


Bermain game di PC dapat menghemat biaya jika anda hanya sesekali memanfaatkan PC atau laptop untuk bermain game Dibanding jika harus membeli konsol game khusus yang harganya lumayan bikin manyun.

Komputer atau laptop pun dapat digunakan untuk memainkan banyak pilihan game dari berbagai konsol dengan bantuan emulator, seperti game-game android yang sangat banyak pilihannya, juga dapat dimainkan di PC dengan bantuan emulator android untuk PC.

Anda pun dapat memainkan game android di PC menggunakan stick tanpa harus memiliki handphone android. Semoga bermanfaat.