Mengatasi pengunci catridge canon patah

Printer, bagian dari perangkat komputer yang mungkin tidak terlalu umum menemani setiap PC atau laptop dirumah. Tidak seperti monitor yang merupakan komponen wajib untuk sebuah rangkaian Personal Computer (PC) yang terkadang membuat penggunanya sedikit bingung memilih monitor yang tepat.

Baca Juga: Tips Memilih Monitor Komputer

Beberapa pemilik komputer atau Laptop tidak menyediakan anggaran untuk pengadaan printer karena selain harganya yang lumayan, tingkat keterpakaiannya (#antepmodeon) pun cenderung lebih jarang kecuali bagi beberapa orang yang bergelut dengan pengolahan data dan dokumen.
Konon katanya, printer yang jarang dipakai cenderung lebih cepat rusak, entahlah, mungkin sekedar mitos atau hanya fakta.

Printer canon iP2770 termasuk printer low end yang memiliki kemampuan untuk mencetak dokumen maupun foto dengan kualitas yang cukup baik dan harga jual nya pun tergolong murah meskipun saat ini mungkin mulai sulit ditemukan.

Printer dengan desain minimalis dengan hanya memiliki dua tombol diatasnya yang berfungsi sebagai tombol On/Off dan tombol Reset ini menggunakan sistem katridge dimana head dan wadah tinta menyatu menjadi satu. Catridge printer ini dapat diganti dengan mudah, cukup hanya membuka mekanisme pengunci katridge maka katridge printer canon pun dapat dilepas untuk dibersihkan atau diganti.

Pengancing katridge canon iP2770 sebenarnya cukup kuat dan jarang mengalami kerusakan meskipun bahan dan bentuknya tampak ringkih, namun karena pemakaian atau karena sering di buka tutup misalnya untuk membersihkan headnya atau untuk mengganti catridge dengan yang baru, pengancing katridge ini bisa saja patah. Kalau sudah patah, akan sulit mencari penggantinya karena komponen ini termasuk yang jarang rusak.

Untuk mengatasi kancing atau pengunci katridge canon yang patah ini, anda dapat mencari penggantinya atau jika beruntung anda dapat mencomot dari printer canon yang sudah rusak, mungkin rekan anda memiliki printer canon yang sudah tidak terpakai dan dapat dimanfaatkan bagian pengancingnya tersebut. Karena printer canon seperti canon iP2770 termasuk printer yang banyak digunakan karena harga dan kemudahan pengoperasiannya. Tapi pekerjaan membuka dan memasang pengancing katridge canon tersebut berpotensi menghasilkan kerusakan baru pada printer canon anda karena cukp sulit jika tidak berhati-hati.

Jadi untuk mengatasi pengunci katridge canon yang patah, anda dapat menggunakan kabel ties untuk mengikat catridge canon pada tempatnya. Gunakan kabel ties berukuran kecil agar dapat masuk di sela bawah rumah catridge sehingga tidak mengganggu pergerakan catridge saat printer beroperasi.

printer canon ip2770

Cara ini cukup ampuh, hanya saja yang menjadi kendala ketika ingin membersihkan head katrid yang mungkin sudah dipenuhi ceceran tinta akibat pemakaian atau saat ingin mengganti katrid karena tintanya habis jika masih menggunakan katrid aslinya tanpa modifikasi.

printer canon ip2770

Beberapa pengguna printer terkadang memodifikasi printernya dengan memasangkan infus agar printer dapat digunakan terus-menerus tanpa khawatir kehabisan tinta karena pemantauan dan pengisian tinta menjadi lebih mudah dengan adanya tangki penampungan tinta yang diletakkan diluar printer.

Pada printer canon, masalah yang biasanya dihadapi jika menggunakan sistem infus adalah adanya udara yang menyelinap masuk kedalam selang infus atau tinta yang mengalir ke katridge terkadang kembali ke penampungan saat printer sedang tidak digunakan. Untuk itu perlu di periksa secara berkala kondisi tinta pada selang infus apakah terdapat udara atau tidak untuk mencegah kerusakan pada katrid mengingat harga katrid canon lumayan mahal jika dibandingkan dengan harga printer itu sendiri.

printer canon ip2770

Beberapa teknisi menyarankan penggunaan Damper untuk mencegah hal ini. Damper berfungsi sebagai One Way Valve agar tinta tidak kembali ke tabung penampungan yang mengakibatkan masuknya udara pada sistem infus yang dapat merusak katrid. Dengan adanya udara yang menyelinap masuk kedalam sistem infus maka akan membuat suplai tinta dari penampungan menjadi tidak lancar. Hal ini dapat membuat katrid tidak mendapatkan suplai tinta yang memadai sehingga membuat hasil print menjadi tidak maksimal dan jika keadaan ini dibiarkan berlarut-larut maka akan merusak katrid dan terpaksa harus menggantinya dengan yang baru.

Demikian cara mengatasi pengunci catridge canon yang patah. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Mengatasi pengunci catridge canon patah"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.