3D Printing, ciptakan apapun yang anda inginkan dalam bentuk 3D

Teknologi printing sekarang telah memasuki babak baru. Tidak hanya mampu mencetak di media datar, perkembangan terbaru teknologi printing mampu menghasilkan benda 3dimensi dengan sempurna.

Teknologi 3D Printing tidak hanya mencakup dunia manufacture, seni dan arsitektur bahkan dunia kuliner pun tak mau ketinggalan memanfaatkan teknologi 3D printing untuk menghasilkan bentuk hidangan makanan dengan cara yang berbeda.

Dengan ukuran printer yang semakin kompak, banyak kalangan dapat memilikinya tanpa harus menyiapkan tempat khusus, hanya saja printer 3 Dimensi masih cukup mahal untuk satu unit printer 3 dimensi bisa mencapai puluhan juta.

Sebut saja printer merk Zeus yang dihargai $2.899 lengkap dengan filament 4 warna. Mampu bekerja tanpa harus terhubung dengan komputer (standalone) dan sudah dilengkapi dengan 3D Laser Color Scanner.

printer 3 dimensi
http://www.zeus.aiorobotics.com
Ada pula Ideawerk buatan Weistek produsen 3D printer yang berkmarkas di China menawarkan sebuah 3d Printer seharga $450 dengan kemampuan mencetak hingga 450mm/s, adapula orang Indonesia yang berhasil membangun 3D Printing mulai dari nol dan banyak merk dan jenis 3D printing yang dapat anda lihat dan bandingkan harganya di http://www.3ders.org/pricecompare/3dprinters/

Pembentukan objek melalui 3D Printing di proses layer per layer hingga sebuah objek terbentuk sempurna. Terdapat beberapa perbedaan proses pembentukan layer pada proses pencetakan 3D objek diantaranya; SLS (selective laser sintering), FDM (fused deposition modeling) & SLA (stereolithograhpy).

SLA (stereolithograhpy) 


SLS (selective laser sintering) 


FDM (fused deposition modeling) 


3D printer didukung teknologi scanner yang juga memiliki Kemampuan scanning objek dengan kemampuan 3D sehingga anda dapat membuat duplikat dari barang-barang yang ada disekitar.

Anda butuh 10 vas bunga untuk menghiasi rumah? Cukup beli satu vas bunga dan duplikat sesuai keinginan. Tapi jika anda memiliki kemampuan mengolah gambar dengan software 3D tentu tidak perlu membeli vas bunga, Cukup desain sesuka hati kemudian print.



0 Response to "3D Printing, ciptakan apapun yang anda inginkan dalam bentuk 3D"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.