Fungsi karet di bawah laptop

Seberapa sering anda melihat-lihat bagian bawah laptop yang anda pakai saat ini. Mungkin sangat jarang sekali, kecuali ketika ingin melepas baterai.

Bisa dimaklumi memang, karena tidak banyak hal menarik yang bisa di lihat di bagian bawah laptop kecuali tulisan tentang informasi nomor seri dan simbol-simbol yang menandakan bagaimana laptop tersebut di produksi, di pasarkan dan bagaimana seharusnya diperlakukan.

Tapi tahukah anda bahwa pada bagian bawah laptop tersebut terdapat karet yang biasanya diletakkan di keempat sudut nya.

Tahukah anda Fungsi karet di bawah laptop tersebut? apakah hanya sebagai hiasan pemanis semata atau ada tujuan lain.

Berikut beberapa fungsi penting adanya karet penyangga di bagian bawah laptop.

Sebagai pengaman casing laptop
Karet ini dapat mencegah kontak langsung antara bodi laptop dengan alas media tempat diletakannya.

Karet ini menjadi perantara yang menjadi pemisah antara casing laptop dengan permukaan meja atau lantai sehingga tetap awet dan tidak mudah lecet.

Selain itu stiker nomor seri atau garansi jadi tidak mudah rusak atau terlepas karena bergesekan dengan lantai atau meja.


Sebagai Anti slip
Penggunaan laptop tidak hanya sekedar di pangkuan, tak jarang laptop juga digunakan di lantai ataupun diatas meja beralas kaca.

Fungsi karet di bawah laptop adalah sebagai anti slip, agar tidak licin saat digunakan maka bagian bawah laptop di lengkapi penyangga berbahan karet ini.

Dengan adanya karet ini maka laptop dapat menjejak nyaman di berbagai macam jenis permukaan termasuk diatas kaca tanpa takut tergelincir dan pengguna dapat mengoperasikan laptop dengan nyaman tanpa harus “kejar-kejaran” menangkap atau menahan laptop yang bergeser kesana kemari.


Untuk mendukung sirkulasi udara
Hal ini jelas, karena jika diperhatikan pada bagian bawah laptop terdapat lubang-lubang yang dibuat khusus sebagai jalur sirkulasi udara agar panas yang dihasilkan oleh prosesor dan komponen laptop lainnya dapat bersirkulasi dengan baik.

Fungsi karet di bawah laptop

Biasanya lubang-lubang ventilasi di bawah laptop ini terhubung dengan kipas prosesor dan menjadi jalur masuk udara segar dari bawah laptop yang kemudian akan dikeluarkan melalui sisi atau belakang laptop yang akan terasa hangat jika disentuh.

Dengan adanya karet ini maka laptop tidak menempel terlau rapat ketika diletakkan di meja. Ada sedikit celah yang memungkinkan udara dapat mengalir sehingga dapat menyelamatkan laptop anda dari overheating.

Fungsi karet di bawah laptop

Itulah sebabnya penggunaan laptop diatas kasur atau bantal sangat tidak dianjurkan karena dapat menutup ventilasi udara di bagian bawah laptop ini.

Baca juga pendingin laptop super cooler

Saluran ventilasi ini perlu dibersihkan secara berkala agar tidak tersumbat oleh debu ataupun kotoran yang tentu saja dapat menghambat sirkulasi udara masuk dan keluar laptop.


Menjaga posisi laptop tetap stabil
Seperti yang sudah disampaikan diawal terkait penggunaan laptop yang mungkin di letakkan pada permukaan yang bervariasi.

Karet dibawah laptop ini juga dapat menstabilkan posisi laptop ketika digunakan pada permukaan yang tidak rata dan bergelombang atau pada permukaan lantai keramik yang tidak rata sambungan nat-nya.

Fungsi karet di bawah laptop


Itulah ternyata beberapa alasan mengapa bagian bawah laptop di topang oleh empat penyangga berbahan karet.

Mulai sekarang rawat baik-baik karet penyangga laptop ini, jaga jangan sampai hilang.

Beberapa pengguna laptop sering mengabaikan benda kecil yang satu ini dan membiarkannya berkeliaran sampai akhirnya hilang dan ketika menggunakan laptop di lantai atau di permukaan yang licin menjadi kesulitan karena laptop bergeser kesana kemari.

Meskipun sepele dan tidak mahal, ada yang di banderol hanya 15 ribu per biji...

...Wait 15 ribu perbiji!! untuk karet sekecil itu,.??? lumayan juga, bisa dapat semangkok bakso yaa..

harga karet penyangga laptop

Tapi masalahnya tidak semua tipe laptop dapat ditemukan pengganti kaki karet kecil ini, beberapa tipe laptop cukup sulit mencari penggantinya bahkan tidak tersedia part pengganti karet penyangga tersebut.

Memang bisa diganti dengan karet penghapus, karet ban-dalam, karet sendal atau karet apapun yang sekiranya berbahan karet tapi tentu akan mengurangi nilai estetika dari laptop itu sendiri.

Semoga bermanfaat.

Please Share if You like "Fungsi karet di bawah laptop" :)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Fungsi karet di bawah laptop"

Silakan tinggalkan komentar anda.