Power window avanza macet mungkin perlu ganti saklar

Power window sudah menjadi fitur standar bagi mobil-mobil keluaran baru. Pada mobil-mobil lama yang masih menggunakan sistem engkol pada kaca jendelanya pun menjadikan modifikasi power window sebagai prioritas utama dalam mempermanis tampilan interior mobil.

Salah satu mobil sejuta umat yang telah menggunakan sistem power window adalah Toyota Avanza.

Power window mengandalkan saklar tipe push-on untuk membuka atau menutup kaca jendela bisa saja mengalami gangguan seperti macet atau tidak bereaksi ketika tombol di tekan.

Gejala kaca jendela avanza tidak mau membuka atau menutup mungkin saja terjadi disebabkan oleh saklar yang korslet dan perlu diganti.

Biasanya, jika saklar ini rusak maka kaca jendela mobil tidak bisa dibuka meskipun lewat saklar pusat di pintu supir.

Jika anda mengalami gangguan power window avanza yang macet anda bisa mulai memeriksa pada bagian saklar sebelum memeriksa bagian lainnya.

saklar power window avanza

Untuk melihat apakah kondisi saklar perlu diganti atau tidak, Anda perlu melepas panel tepat dudukan saklar power window.

Melepasnya tidaklah sulit hanya dibutuhkan sebuah obeng kembang namun perlu berhati-hati karena panel berbahan plastik dan kunciannya bisa saja patah jika tidak di perlakukan secara perlahan-lahan.

Setelah terbuka anda bisa mencoba menukarnya dengan saklar power window dari pintu lainnya yang masih normal.

Jika sudah dipastikan penyebab Power Window avanza macet dikarenakan saklarnya perlu diganti maka anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru atau mencoba membersihkan saklar yang ada jika masih memungkinkan.

Mungkin saja hanya konektornya yang kotor, sehingga aliran listrik tidak dapat tersalur sempurna ke motor power window. Bisa di coba bersihkan konektornya dengan amplas halus.

saklar power window avanza

Saklar power window untuk avanza dijual sekitar 60-80 ribuan. Cukup lumayan untuk saklar sekecil itu namun mengingat fungsinya yang membantu buka-tutup kaca jendela mobil, sepertinya harga segitu cukup sepadan daripada harus bikin sendiri dan belum tentu jadi.

Sedangkan untuk saklar utama yang ada pada pintu supir harganya lumayan mahal yaitu sekitar 300 ribuan.

Demikian sedikit upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi power window yang macet akibat saklar yang mengalami gangguan. Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment