Benarkah kalau Kebanyakan kangkung, AYAM jadi Lemas?

Kebanyakan makan kangkung, ayam jadi terlihat lemas. Mungkin sama juga dengan kita kalau terlalu banyak makan tumis kangkung, mata jadi ngantuk.

Jadi, penting untuk selalu memperhatikan efek yang terjadi setiap kali memberi variasi makanan pada ayam. Apakah memberi dampak pada ayam pada keesokan harinya pasca pemberian menu makan yang baru.

Benarkah kalau Kebanyakan kangkung, AYAM jadi Lemas?

Berdasarkan pengamatan yang terlihat dari sejak mencampur pakan ayam dengan kangkung, tampaknya ayam menjadi lemas keesokan harinya. Sebenarnya tidak ada bukti empiris apakah benar ayam jadi lemas karena kebanyakan makan kangkung.

Tapi jika suatu saat terlihat ada ayam yang lemas atau tampak lumpuh, mungkin itu pengaruh dari terlalu banyak memberi kangkung sebagai makanannya.

Kalau sudah begitu, sebaiknya hentikan dulu memberikan kangkung untuk pakan ayam. Ganti dengan bahan alami lainnya seperti Batang Pisang.

Kalaupun tetap ingin memberi kangkung pada ayam, sebaiknya di kombinasikan atau di selang seling dengan bahan alami lainnya.

makanan ayam alternatif berupa kangkung

Kangkung menjadi salah satu bahan makanan alternatif untuk ayam yang relatif mudah didapat.

Pemberian kangkung sebagai makanan alternatif untuk ayam bisa dicampur dengan dedak hingga persentase 80 persen kangkung banding 20 persen campuran dedak dan konsentrat. Atau bisa juga 100 persen kangkung kalau kepepet :).

kangkung bikin ayam lemas

Karena kangkung banyak tumbuh di sekitar kita, bahkan terkadang tumbuh liar dengan subur. Apalagi didaerah pedesaan yang masih banyak tanah kosong yang yang tidak terawat.

Oleh karena tanaman ini mudah didapat maka tak sedikit yang memanfaatkannya sebagai pakan ternak, termasuk untuk ternak ayam.

Tidak hanya daunnya, batang kangkung pun sangat di gemari oleh ayam, tentu setelah di rajang kecil-kecil terlebih dahulu agar ayam mudah memakannya.

Tapi efek kangkung yang bikin ayam lemas jika di berikan terlalu banyak, cukup membuat khawatir. Karena terkadang ayam tampak sulit berdiri seperti terkena gejala lumpuh.

Mungkin tidak semua ayam yang di beri makan kangkung kemudian menjadi lemas, karena karakter lingkungan serta daya tahan ayam tentu berbeda-beda. Atau juga karena jenis kangkung tertentu yang bisa menjadi penyebabnya.

Tapi kalau ayam terlihat lemas dan loyo bukan karena kangkung, berarti perlu di konsultasikan dengan ahlinya (dokter hewan atau peternak yang sudah berpengalaman).

Semoga informasi ini bisa menjadi referensi, khususnya bagi peternak pemula yang menemukan ayam yang tiba-tiba lemas, mungkin anda terlalu banyak memberi/menambahkan kangkung dalam porsi makannya. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Benarkah kalau Kebanyakan kangkung, AYAM jadi Lemas?" ini :)

0 Response to "Benarkah kalau Kebanyakan kangkung, AYAM jadi Lemas?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.