Tips Dan Trik Membaca Cepat

Pada suatu kondisi terkadang kita perlu membaca sebuah informasi dalam waktu singkat. Informasi tersebut bisa saja penting tapi hanya bisa terlihat sesaat, seperti text berjalan di bawah layar TV atau informasi pada spanduk di pinggir jalan.

Membaca cepat juga perlu di kuasai bagi para pelajar untuk dapat denagn cepat menyerap informasi dari sebuah bacaan atau untuk dapat cepat mengerjakan soal ujian atau terlebih lagi bagi mereka yang menerapkan gaya belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Dimana semua materi selama satu smester, dipelajari hanya dalam satu malam untuk persiapan ujian besok harinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara bisa membaca cepat, maka cobalah untuk menyimak bentuk penjelasan dari tulisan yang satu ini.

Karena pada tulisan yang satu ini, kita akan menjelaskan mengenai beberapa cara yang merupakan bentuk tips dan juga trik dalam membaca cepat yang dapat anda coba dan praktekan.

Cara membaca cepat tentunya merupakan sebuah keahlian yang sangat penting. Hal ini dikarenakan bagaimana dalam  melakukan pengecekan terhadap bentuk tulisan agar tidak menjadi salah maksud pada saat dibaca oleh orang banyak selaku penerima informasi.

Agar Anda juga dapat mencerna bentuk tulisan dengan cara yang lebih baik, dan juga sesuai dengan maksud serta tujuannya, maka biasakanlah untuk mengikuti beberapa tips dan juga trik di bawah ini ;

1. Menjaga Konsentrasi

Menjaga konsentrasi adalah hal yang paling utama untuk harus dilakukan dalam cara cepat membaca, karena tanpa adanya konsentrasi yang utuh, maka bacaan yang sudah dibaca tersebut pun tidak akan diketahui jenis dari maksud bacaan tersebut seperti apa.

Selain itu kondisi fisik juga turut berpengaruh, apabila Anda berada dalam kondisi fisik yang kurang fit, biasanya akan terasa malas untuk membaca, dan bahkan pada saat membaca pun Anda tidak akan mengerti dengan apa yang sudah Anda baca itu tadi. Oleh karena itulah konsentrasi dan juga kondisi fisik sangat berpengaruh dalam hal membaca cepat.

Tips Dan Trik Membaca Cepat

2. Membaca Gagasan Dan Bukan Isinya

Apabila Anda membaca jenis buku materi, maka tidak akan sulit bagi Anda untuk mencari gagasan utama dan hanya membaca pada bagian-bagian pentingnya saja yang memang merupakan bagian dari point-point utama yang harus dimengerti.

Akan tetapi apabila Anda dihadapkan dengan jenis novel, tentunya akan terasa sangat sulit dalam menentukan gagasan utamanya.

Karena dalam sebuah novel itu sendiri apabila tidak keseluruhan bagian di baca, akan menyebabkabn rasa yang kurang dalam menyerap maksud dari gagasan utamanya. Karena itulah untuk membaca jenis novel maka diperlukan cara khusus untuk cara bisa membaca cepat lainnya.


3. Cara Melompat Dalam Membaca

Anda mungkin pernah berfikir  mana hal yang penting dan juga hal yang tidak penting dari sesuatu bacaan yang sudah Anda baca. Atau mana hal pokok dan juga hal selingan dalam bacaan yang Anda baca. Hal-hal seperti inilah yang patut anda perhatikan dalam cara cepat untuk membaca.

Karena dengan melewati atau melompati beberapa hal yang Anda rasa kurang penting, juga dapat mempersingkat waktu anda dalam membaca buku-buku atau pun tulisan tersebut, sehingga Anda hanya bisa membaca bagian yang pentingnya saja, atau bagian yang menurut Anda perlu untuk Anda baca dan berguna bagi pengetahuan Anda ke depannya.


4. Mengenal Dan Memahami Kata

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan dengan dalam membaca cepat adalah dengan mengetahui terlebih dahulu mengenai penggunaan kata yang digunakan dalam tulisan tersebut.

Dengan demikian maka tidak akan ada kata yang membuat Anda merasa bingung dan juga berfikir terlalu lama, karena setiap bentuk tulisan yang Anda baca tersebut sudah dapat anda pahami dengan lebih baik.

Karena itulah, perbanyak perbendaharaan dari kata dasar yang Anda miliki agar lebih membantu Anda dalam melakukan cara cepat untuk membaca tersebut.


5. Mengelompokkan Kata

Mengelompokkan kata adalah cara terakhir yang dapat Anda lakukan dalam cara membaca cepat, karena seperti yang sudah kita ketahui secara umum, bahwa mata yang kita miliki dapat berfungsi untuk menangkap sebanyak 3 hingga 5 kata dalam waktu sekaligus.

Maka dengan cara yang satu ini, tulisan dalam sebuah buku atau artikel pun dapat dibaca dalam waktu yang lebih singkat dengan mencapai angka 10 hingga 15 kata secara sekaligus.

Demikianlah beberapa tips dan juga trik yang dapat penulis sampaikan dalam cara bisa membaca cepat. Semoga bermanfaat.