Ingin beli kulkas baru, perhatikan hal-hal ini

kulkas alias refrigenerator memang menjadi barang elektronik yang sangat penting bagi kebanyak rumah tangga di seluruh dunia karena bisa menjaga makanan dan minuman tetap awet dan tahan lama, sehingga tetap lezat ketika dinikmati kembali.

Namun, jika anda berencana membeli kulkas baru, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Selain masalah harga yang bilangannya sangat relatif.

Sebenarnya faktor-faktor di bawah ini jauh lebih penting karena bisa dijadikan tips memilih kulkas.

1. Daya tampung kulkas

Ketika akan membeli kulkas, anda harus memikirkan daya tampung kulkas, apakah ukurannya sudah sesuai dengan jumlah anggota keluarga anda? Jangan membeli kulkas dengan daya tampung yang terlalu besar, terutama jika keluarga anda adalah keluarga kecil ataupun anda yang seorang lajang, Begitu pula sebaliknya.


2. Model kulkas

Model kulkas tidak hanya mengenai desain dan ukuran, tetap juga memengaruhi kapasitas energi. Setidaknya terdapat empat model kulkas yang ada dipasaran, yaitu model singel door, model dual door, model side-by-side, dan model french-door.

Model singel door merupakan kulkas dengan satu pintu yang freezer (ruang pembeku) berada di bagian paling atas, sedangkan model dual door merupakan kulkas dua pintu dimana freezer berada di bagian atas.

Model side-by-side merupakan kulkas dua pintu yang memisahkan ruang pendingin dan freezer secara vertikal. Sementara model french-door merupakan kulkas dengan tiga atau empat pintu yang memisahkan ruang pendingin dan freezer, dimana freezer biasanya ada di bagian bawah.

memilih kulkas,kulkas


3. Material kulkas

Teliti dengan material yang digunakan pada bodi kulkas. Pastikan kulkas dengan material yang kualitas dan mutunya baik, seperti kokoh, antigores, antikarat dan sebaginya.

Pre Coated Material atau PCM merupakan material yang kokoh, antigores, antikarat, serta memiliki tampilan rapi dan mengkilap. Perhatikan juga bagian pintu, dan penopang kulkas.

Pastikan jika pintu kulkas bisa menutup dengan sangat rapat, dan engsel pintunya terpasang dengan benar, serta kaki penopangnya juga kuat.


4. Teknologi pendingin pada kulkas

Teknologi pendingin pada kulkas biasanya akan diberi label bergambar bintang, label energy star menggunakan energi 20 persen lebih rendah, dan biasanya terpasang di pintu atas bagian kanan.

Label bintang dimulai dari bintang tiga hingga bintang lima. Pada kulkas dengan label bintang 3 kemampuan pendinginnya hingga -150 derajat celcius, sementara kulkas dengan label bintang 5 kemampuan pendinginnya hingga -210 derajat celcius.


5. Fitur pada kulkas

Fitur pada kulkas yang wajib ada adalah multi air flow, yaitu kemampuan untuk membuat suhu dingin rata pada seluruh ruangan di dalam kulkas.

Serta fitur penyimpanan atau wadah, seperti rak penyimpanan telur, penyimpanan buah, penyimpanan sayuran, penyimpanan minuman dan makanan, serta wadah pembuangan yang berada di belakang dan memiliki sirkulasi udara yang baik.


6. Garansi kulkas

Pastikan kulkas memiliki garansi resmi yang memadai, serta memiliki service center 24 jam. Hal ini agar untuk meminimalisir kerugian dari pembelian kulkas, serta agar anda cepat bisa berkonsultasi mengenai servis dan biaya perawatan ketika kulkas mengalami kerusakan.


7. Konsumsi listrik kulkas

Sebagaimana kebanyakan orang yang hidup di Indonesia, dan bergantung dengan sumber listrik negara yang kadang tidak stabil membuat anda harus bijak memilih kulkas yang bisa menyeimbangkan kondisi ini.

Kulkas yang kualitasnya baik akan mengimbangi kondisi listrik yang tidak stabil, sementara kulkas cepat bisa mengalami kerusakan akibat listrik yang tidak stabil dapat disimpulkan sebagai barang berkualitas buruk.


8. Harga Kulkas

Masalah harga tentu menjadi pertimbangan tersendiri ketika akan membeli kulkas. Dari sekian banyak pilihan kulkas dari berbagai merk dan tipe, tentu beragam juga harga yang ditawarkan dengan pilihan pembayaran secara Kredit maupun Tunai.


9. Biaya-biaya dari kulkas

Seperti umumnya barang elektronik lainnya yang memiliki masa pakai, maka ketika membeli kulkas, anda harus mengetahui dan sudah merencanakan masalah biaya operasional dari kulkas itu sendiri khususnya yang berkaitan dengan tagihan listrik setiap bulannya.


Setelah anda yakin dengan semua tips memilih kulkas di atas anda bisa membeli kulkas baru sesuai impian yang sudah disesuaikan dengan anggaran anda.

Serta jangan lupa untuk memperkirakan dimana lokasi peletakan kulkas baru anda, agar tidak membuat rumah terlalu sempit ataupun kepenuhan.

Terakhir, gunakan kulkas baru anda dengan bijaksana dengan meletakan secara cermat produk buah, sayur, daging, hingga susu di dalam kulkas.

Bagaimana, Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang ingin membeli kulkas baru untuk keperluan di rumah. Semoga bermanfaat.