Mengapa Katup Hisap lebih besar dari pada Buang

Katup merupakan bagian mesin motor yang mengatur aliran Gas yang masuk dan keluar dari dan ke ruang bakar. Pada mesin Pembakaran Dalam khususnya mesin 4Tak, keluar masuknya aliran udara segar dan Gas sisa pembakaran di atur oleh katup berbentuk seperti jamur (poppet valve).

Jika diperhatikan, terdapat perbedaan ukuran diameter antara saluran masuk dan keluar pada mesin 4Tak. Dimana katup hisap memiliki diameter yang lebih besar dibanding katup buang.

Hal ini bertujuan untuk mencegah Knocking dan Penyalaan Dini, dan juga untuk memastikan agar ruang bakar bisa lebih bersih karena kandungan gas udara yang masuk ke ruang bakar juga berfungsi membilas ruang bakar dari sisa pembakaran untuk proses pembakaran selanjutnya.

Selain itu alasan mengapa katup buang lebih kecil daripada katup hisap adalah karena untuk mencegah perubahan struktur dan bentuk katup. Karena semakin lebar ukuran komponen maka semakin mudah memuai.

Kita ketahui bersama bahwa katup buang menjadi saluran keluarnya gas sisa pembakaran yang memiliki panas yang tinggi.

Bisa dikatakan, katup buang adalah komponen paling panas di mesin. Jika ukuran katup buang dibuat besar maka ia mudah memuai kemudian berubah bentuk yang akhirnya dapat mengganggu kinerja mesin.

Jikapun katup tidak memuai, panas berlebih yang tersimpan di katup buang akan mengakibatkan bahan bakar terbakar sebelum busi memercikan api, atau biasa di kenal dengan istilah pre-ignition.

Fenomena ini kemudian dapat menjadi salah satu penyebab Knocking akibat bahan bakar yang terbakar sendiri karena panas dari katup buang kemudian terbakar lagi karena percikan bunga api dari busi.

Lagi pula Gas buang yang panas dan bertekanan tinggi akan lebih mudah terdorong keluar karena di bantu gerakan piston dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas), jadi tidak akan kesulitan menerobos keluar melalui saluran buang meskipun di buat kecil.

Sedangkan saluran inlet di buat lebih besar agar gas baru (campuran udara dan bahan bakar) dapat dengan mudah mengalir masuk keruang bakar.

Karena Gas baru tersebut hanya mengandalkan perbedaan tekanan atmosfer dengan bantuan gerakan piston dari TMA ke TMB yang seperti menghisap membuat ruang bakar menjadi vakum sehingga udara dapat mengalir masuk ke ruang bakar.

Untuk memaksimalkan aliran bahan bakar dan udara maka katup hisap dibuat lebih besar. Pada beberapa mesin yang membutuhkan performa tinggi, ditambahkan perangkat supercharger atau turbocharger untuk memaksimalkan aliran suplai udara segar keruang bakar.

Perbedaan Tentang Turbocharger dan Supercharger sendiri memberi kelebihan dan kekurangannya masing-masing bagi peningkatan performa mesin secara keseluruhan.

Tujuan lain katup hisap dibuat lebih besar agar aliran udara dan bahan bakar lebih mudah masuk keruang bakar selain untuk keperluan membantu proses pembilasan ruang bakar agar lebih bersih dari sisa-sisa pembakaran, juga berguna untuk menurunkan suhu ruang bakar agar ideal dan siap untuk proses pembakaran selanjutnya.

Mengapa Katup Hisap lebih besar dari pada Buang

Dalam proses kerja mesin, terdapat kondisi dimana katup buang dan katup hisap sama-sama terbuka (valve overlap) beberapa saat pada akhir langkah buang dan awal langkah hisap dimulai, hal ini memberi kesempatan sisa gas buang terdorong keluar oleh masuknya campuran bahan bakar dan udara melalui saluran hisap (pembilasan). Dan ruang bakar bersih dari sisa-sisa pembakaran sehingga proses pembakaran selanjutnya bisa maksimal.

Selain perubahan ukuran katup, pengaturan kerenggangan celah katup pun di buat berbeda. Pada katup buang biasanya memiliki ukuran celah katup yang lebih renggang dibanding katup hisap, hal ini dikarenakan katup buang menerima panas yang lebih besar sehingga tingkat pemuaiannya lebih tinggi.

Meskipun begitu, tidak semua mesin kendaraan menerapkan perbedaan setelan celah katup. Beberapa mengantisipasi pemuaian berlebih pada katup buang dengan menggunakan komposisi material yang tahan panas agar tingkat pemuaiannya dapat di tekan.

Kerenggangan celah katup dapat diukur dengan menggunakan bantuan alat yang bernama Feeler Gauge.

Teknologi katup pada mesin terus berkembang hingga tercipta salah satu mekanisme Katup berbentuk bulat yang diharapkan mampu bekerja lebih baik dibanding kayup yang sudah ada.

Demikianlah sekiranya yang dapat disampaikan terkait mengapa katup hisap lebih besar dari pada katup buang. Bila ada yang perlu ditambahkan, jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.