Monster-Trucks, makan-nya apa kok bisa besar begitu?

Melompat, menerjang mobil-mobil kecil didepannya, wheelie, bahkan backflip dapat dilakukan dengan mudah oleh truck besar ini saat pertunjukan.

Ugal-ugalan sekali tampaknya, tapi jangan salah meskipun tampak berbahaya mobil monster truck di buat dengan perhitungan yang matang dengan tanpa mengenyampingkan faktor keselamatan.

Untuk lebih mengenal dengan mobil monster truck yang tampak kurang bersahabat ini mari kenali sedikit saja bagian per bagiannya.

Monster-Trucks


Ban
Yang paling menarik perhatian dari sebuah mobil Monster Truck adalah bagian ban yang berukuran super besar. Ban monster truck berdiameter 66 inchi dan lebar 43 inchi sangat efektif dipakai "melumat" mobil-mobil kecil yang biasanya menjadi bagian dari pertunjukan.

BKT adalah Salah satu merk ban yang mensuplai keperluan mobil monster ini karena BKT telah berpengalaman memproduksi ban untuk keperluan traktor berukuran besar untuk pertanian.


Suspensi
Suspensi tipe gas sangat berperan meredam goncangan saat mobil mendarat setelah melakukan lompatan. Suspensi mobil monster truck memiliki jarak main hingga 28 inchi dan dapat diatur sesuai situasi dan kondisi sirkuit yang akan di lalui. Suspensi yang berisi gas nitrogen membuat monster truck mampu melopmpat lebih tinggi dan lebih jauh.


Bodi
Bagian bodi mendapat perhatian khusus agar mampu menarik minat penonton menyaksikan pertunjukan dan atraksi yang dilakukan para driver truck monster ini.

Beberapa monster truck menghiasi bagian bodi dengan teknik airbrush beberapa lagi memanfaatkan cuting stiker untuk menghias bagian bodi agar tampil menarik dan ada juga yang mendesain bodi dengan figur hewan sepeti anjing atau banteng.

Umumnya bagian bodi tidak dilengkapi pintu untuk akses drivernya jadi pengemudi harus memanjat dari kolong mobil untuk masuk ke kokpit. Tapi ada juga yang menyediakan pintu untuk keluar masuk pengemudi. Dalam sekali pertunjukan, Bodi adalah salah satu bagian yang jarang kembali ke garasi dengan utuh. Bagian bodi terbuat dari fiber untuk menambah nilai estetika dan entertainment.


Kemudi
Monster truck menggunakan mekanisme kemudi empat roda. Dimana keempat rodanya dapat berbelok sehingga memperkecil radius belok. Hal ini tentu sangat diperlukan untuk dapat bermanufer lincah mengingat ukuran ban yang sangat besar dan sirkuit yang terbatas.


Chasis
Monster truck menggunakan rangka yang didesain sedemikian rupa agar kuat menahan guncangan saat bermanufer khususnya saat melompat dan mampu melindungi pengemudinya saat mobil terbalik.


Transmisi
Salah satu tipe transmisi yang digunakan pada mobil monster truck adalah menggunakan tipe automatic Powerglide transmission. Tidak seperti transmisi otomatis pada mobil umumnya, Transmisi otomatis monster truck hanya memiliki dua atau tiga percepatan. Gear satu untuk berakselerasi gear dua dan tiga untuk high speed.


Mesin
Mesin monster truck ditempatkan dibagian tengah mobil agar bobot mobil seimbang. Mesin berkapasitas 9 liter mampu menghasilkan tenaga hingga 1,500 horsepower. Mesin dengan kekuatan segitu mampu membuat mobil yang besarnya nyaris seukuran rumah tipe 21 terbang di udara dan melakukan berbagai trik.


Safety
Faktor keamanan sangat penting di pertunjukan monster jam yang menampilkan monster truck sebagai sajian utamanya. Tidak hanya bagi pengemudi. Keamanan penonton dan orang-orang disekitar sirkuit pun menjadi perhatian.

Salah satu yang berpotensi mengancam keamanan dan ketentraman sebuah pertunjukan yang melibatkan monster truck adalah Ban. Ban ini cukup penting dan cukup berbahaya.

Bayangkan jika ban seberat 800 - 900 lbs terlepas dari posisinya dan bergerak liar tak terkendali, siapa yang mau menangkapnya?. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ban pada monster truck di ikat sedemikan rupa agar jika terjadi kerusakan yang mengakibatkan ban terlepas, ban tidak akan menggelinding linglung kearah penonton, melainkan tetap terkait dengan mobil.

Monster-Trucks,Monster-Trucks ban lepas,

Tidak hanya ban yang harus dijaga dari kemungkinan njepat, poros propeler yang menghubungkan dan menyalurkan tenaga mesin keroda pun di lengkapi pelindung untuk mencegah poros propeler ini terlempar tak tentu arah jika terjadi insiden. Yang tentunya akan sangat membahayakan.

Monster-Trucks, pengaman


Yang jadi pertanyaan, Bagaimana mobilisasinya mobil sebesar ini dari satu tempat ke tempat lain?
Saat berpindah lokasi, salah satu caranya adalah; ban mobil monster truck yang besar ini dapat diganti dengan ban yang berukuran lebih kecil sehingga ketika berpindah lokasi mobil monster truck ini dapat menumpang kedalam sebuah trailer karena ukuran asli tanpa ban “donatnya” cukup untuk dimasukkan kedalam sebuah trailer.

Monster-Trucks transport


Demikian informasi mengenai monster truck yang tidak jelas makan-nya apa kok bisa besar gitu. Semoga saja bermanfaat.

Please Share Artikel "Monster-Trucks, makan-nya apa kok bisa besar begitu?" ini :)

0 Response to "Monster-Trucks, makan-nya apa kok bisa besar begitu?"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.