Jenis katup pada mesin kendaraan bermotor

Mesin kendaraan bermotor sudah memiliki perkembangan yang sangat pesat, meskipun secara prinsip, tidak banyak perubahan pada konstruksi mesin pembakaran dalam.

Perkembangan teknologi yang banyak terjadi adalah terkait pengembangan fitur keselamatan, entertainment, dan kompatibility untuk terkoneksi dengan perangkat lain seperti handphone.

Salah satu bagian kendaraan bermotor yang paling fital adalah mesin. Mesin sendiri terdiri dari berbagai perangkat ataupun komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan kendaraan.

Salah satu komponen mesin yang harus mampu berfungsi maksimal adalah katup. Katup pada mesin harus dapat membatasi antara ruang bakar dengan lingkungan sekitar tanpa celah sedikit pun demi tercapainya kinerja mesin yang optimal.

Katup sendiri dapat bergerak karena bantuan poros kem yang digerakan melalui berbagai mekanisme penggerak poros kem.

Untuk mengenal lebih jauh komponen yang satu ini, mari kita simak beebrapa jenis katup yang ada pada mesin kendaraan bermotor berikut ini.

1. Katup payung

Katup payung paling sering ditemui pada mesin 4Tak. Katup jenis ini berbentuk menyerupai payung dengan batang katup cukup panjang dan pada bagian ujungnya terdapat coakan untuk dudukan pengancing pegas katup.

Katup payung memiliki perbedaan diameter “payungnya” antara katup buang dan isap. Katup buang memiliki ukuran diameter yang lebih kecil daripada katup isap.

Hal ini bertujuan agar gas segar lebih banyak masuk keruang bakar untuk dapat membantu membersihkan ruang bakar dari sisa pembakaran sehingga proses pembakaran berikutnya bisa sempurna.

Katup payung tidak banyak mengalami perubahan bentuk, perkembangan yang terjadi pada katup payung adalah bahan yang digunakan untuk membuatnya agar tercipta katup yang ringan, kuat dan tahan panas..

katup payung salah satu jenis katup pada mesin

2. Katup rotary/Plate Valve

Katup yang dapat ditemukan pada mesin 2tak, biasanya terletak atau terpasang pada poros engkol. Katup ini berbentuk setengah lingkaran sepeti kepingan CD dengan ketebalan sekitar 1mm dan biasanya terdapat di bak bagian kanan beserta karburator.

katup rotary salah satu jenis katup pada mesin


3. Katup bola/Coates Spherical Rotary Valve

Inovasi baru dari dunia otomotif adalah bentuk katup yang menyerupai bola dengan rongga di bagian tengahnya untuk saluran gas segar ataupun sisa pembakaran.

Konstruksinya yang sederhana membuatnya diklaim mampu bekerja lebih senyap karena tidak diperlukan banyak komponen seperti pegas katup dan rocker arm untuk mendukung kerja katup.

Katup berbentuk bola ini diklaim tidak membutuhkan pelumasan sehingga dapat meringankan kerja oli pelumas. Meskipun sebenarnya cukup disangsikan apakah Coates Spherical Rotary Valve tidak memiliki masalah jika tanpa pelumas saat kondisi mesin semakin panas.

katup bola salah satu jenis katup pada mesin


4. Katup buluh/reed valve

Katup ini juga dapat ditemukan pada mesin 2tak. Katup buluh atau reed valve berupa plat tipis yang terbuat dari bahan yang lentur.

Katup buluh membuka hanya berdasarkan perbedaan tekanan atmosfer yang ada di ruang engkol dengan udara sekitar dan sifat elastisnya membuatnya dapat membuka dan menutup kembali tanpa adanya mekanisme tambahan untuk menggerakannya.

reed valve salah satu jenis katup pada mesin

Itulah beberapa jenis katup pada mesin pembakaran dalam yang bisa dijumpai diberbagai kendaraan bermotor. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Jenis katup pada mesin kendaraan bermotor" ini :)

0 Response to "Jenis katup pada mesin kendaraan bermotor"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.