Bagaimana ragam mekanisme rem tangan pada mobil

Rem tangan atau biasa juga dikenal dengan rem parkir merupakan piranti mobil yang berguna untuk menahan mobil saat sedang parkir atau berhenti agar tidak bergerak sendiri.

Rem tangan umumnya di operasikan melalui handel yang di letakkan disisi pengemudi atau di bagian dashboard mobil dan biasanya di tandai dengan indikator lampu bergambar logo ((P)) di dashboard.

Seiring perkembangan teknologi di bidang otomotif. Piranti rem tangan pun mengalami banyak peningkatan terkait sistem penggeraknya, mekanisme pengoperasiannya, dan teknologi pendukungnya.

Rem parkir atau rem tangan konvensional umumnya menggunakan handel dan dioperasikan secara manual. Berikut beberapa mekanisme rem tangan pada mobil yang umum di temui.

mekaninsme rem tangan pada mobil, tempat rem tangan, rem parkir mobil,

Mekanisme melalui handel rem
Mekanisme ini banyak di temukan pada berbagai mobil yang di pasarkan di Indonesia.hanya saja penempatannya yang berbeda tergantung desain interior mobil yang bersangkutan. Tapi pada umumnya di letakkan di samping kiri pengemudi atau di antara jok depan mobil.

Untuk mengoperasikan rem tangan jenis ini dilakukan secara manual, Tarik untuk mengaktifkan dan turunkan untuk menonaktifkan.

Mekanisme melalui pedal rem
Mekanisme rem tangan yang di letakkan di sekitar area pedal di kaki, seperti pada Honda Freed yang bertipe transmisi otomatis menggunakan konstruksi rem parkir yang diaktifkan dengan kaki.

Handel rem parkir diletakan di sebelah kiri di sebelah area pedal kopling jika pada mobil transmisi manual dan ditandai dengan tulisan “Push on-Push Off”.

Untuk mengoperasikan rem parkir jenis ini yaitu dengan
menginjaknya untuk mengaktifkan dan injak lagi untuk melepaskan.

Tapi ada juga mobil yang berbeda cara menonaktifkan rem tangannya meskipun lokasi handelnya ada di kaki dan cara mengaktifkannya sama, hanya saja untuk menonaktifkannya melalui mekanisme yang berbeda dan biasanya diletakan diarea kemudi dan ditandai dengan logo rem tangan/rem parkir seprti yang dapat di temukan pada mobil buatan Mersedez Benz

Mekanisme rem tangan melalui tombol
Untuk mengaktifkan rem tangan jenis ini di lakukan secara elektronis melalui tombol yang biasanya di letakkan di dekat tuas transmisi.

Cara pengoperasian rem tangan jenis ini adalah dengan menekan tombol untuk mengaktifkan rem tangan dan tekan kembali untuk menonaktifkan.

Mekanisme seperti ini pun memiliki cara yang berbeda untuk menonaktifkannya.

Sistem yang berbeda yang digunakan pada mobil Chevrolet Captiva dimana untuk mengaktifkannya harus menekan tombol namun untuk menonaktifkannya yaitu dengan menginjak pedal gas agar RPM mesin meningkat.

Jadi tekan tombol untuk mengaktifkan rem tangan dan akan nonaktif secara otomatis ketika mesin berputar pada 2000rpm. Kemampuan ini sangat bermanfaat, karena kadang kala pengemudi lupa menonaktifkan rem parkir ketika hendak berjalan meskipun sudah diperingatkan melalui indikator lampu di dashboard.


Rem tangan atau rem parkir merupakan salah satu piranti mobil yang wajib di ketahui lokasi dan cara pengoperasiannya. Hal ini terkait keselamatan dan kenyamanan berkendara bersama mobil tersebut.

Itulah informasi tentang mekanisme rem tangan dan cara penguperasiannya. Dengan informasi ini semoga anda tidak bingung lagi mencari dimana tempat rem-tangan yang biasanya di tandai dengan logo ((P)) ini dan bagaimana mengoperasikannya sehingga ketika memiliki mobil baru, atau baru pertama kali mengendarai mobil yang belum pernah anda kendarai sebelumnya, anda tidak perlu bingung lagi.. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Bagaimana ragam mekanisme rem tangan pada mobil" ini :)

0 Response to "Bagaimana ragam mekanisme rem tangan pada mobil"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.