Yamaha Niken, 4 buah USD di depan

Niken, produk sepeda motor roda tiga buatan Yamaha. Tapi jangan membayangkan roda tiga yang biasa dijadikan angkutan umum, Niken adalah motor sport berteknologi tinggi.

Dengan kombinasi dua roda depan dan satu roda belakang, Niken dilengkapi shock Type Upside-Down.

Tidak tanggung-tanggung dua pasang shock Upside Down digunakan untuk meredam kejutan jalan di bagian depan. Saat sepeda motor lainnya berharap mendapatkan USD secara default.

Jadi total 4 buah, dua di kanan dan dua di kiri. Salah satu kendala yang dihadapi ketika terlalu banyak komponen yang berfungsi sama adalah akurasi dan tingkat presisi setiap komponen ketika beroperasi.

Itulah sebabnya banyak yang kemudian beralih dari shock ganda menjadi shock tunggal untuk sistem suspensi belakang.

Motor yang rencananya akan dirilis tahun 2018 ini memang memiliki tampilan yang sama sekali beda dengan motor lain yang pernah ada, khususnya pada bagian depan.

Tapi anda mungkin akan teringat dengan Scooter Piaggio Mp3 yang memiliki desain roda depan yang mirip, tapi Yamaha Niken bukan Scooter.

Yamaha Niken menganut aliran Sport tiga roda dengan mesin 847 CC 3 silinder yang berpadu dengan transmisi 6 percepatan yang telah di dukung teknologi quickshifter elektronik dan juga slip-assist clutch.

Niken juga dilengkapi dengan teknologi Traksi kontrol, pilihan mode berkendara, ABS, dan cruise control.

Yamaha Niken

Tampaknya akan sangat menyenangkan mengendarai Niken di jalan pegunungan yang penuh lika-liku, karena dua roda depannya ditambah suspensi depan yang bisa diatur sesuai kebutuhan membuatnya akan terasa nyaman dan yakin menapak aspal dengan benar meskipun diajak rebah 45 derajat.

Sistem LMW (Leaning Multi-Wheel) yang unik dikombinasikan dengan teknologi terkini, dengan bertumpu pada dua buah roda depan yang bekerja serentak ketika rebah di tikungan, menjadikan Yamaha Niken mampu memberikan Doubel-Grip dan meningkatkan kepercayaan diri saat menikung dengan tetap mempertahankan sensai kemudi yang alami layaknya motor roda dua.

Tidak seperti motor roda tiga kebanyakan yang bisa berdiri sendiri saat parkir, Niken tampaknya perlu bantuan standart samping untuk menahannya saat sedang tidak digunakan.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment