5 Motor tercanggih dan termahal di dunia harga Milyaran

Sepeda Motor sebagai kendaraan roda dua yang memiliki fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi

Rentang harga sepeda motor cukup beragam mulai puluhan juta hingga ratusan juta bahkan Milyaran.

Jika Anda sudah mulai bosan dengan motor-motor seharga puluhan juta yang begitu-begitu saja, mungkin Anda bisa mulai melirik motor-motor berikut ini yang di produksi sangat terbatas, canggih dan tentu saja sangat mahal.

Baiklah, ini dia motor tercanggih dan termahal di dunia dengan harga mencapai milyaran.

1. Honda RC213V-S

Bagi yang tergila-gila dengan motor yang digunakan di ajang balap MotoGP, motor yang satu ini bisa menjadi pelipur lara. Honda RC213V-S dibangun dari DNA motor Honda yang berhasil meraih juara dunia 2013-2014.

Motor ini sangat eksklusif bahkan saking istimewanya, untuk urusan perbaikan atau perawatan, motor ini harus di terbangkan ke Negara asalnya.

Harganya?

US$184,000 atau kalau pakai uang Rupiah, sama dengan Rp. 2.481.608.000 (kurs Rp. 13.487). Bisa lebih murah kalau pakai Kurs Rp. 2.000 per Dollar, tapi kapan itu bisa terjadi?

Apa kecanggihannya? Jelas karena motor ini berbasis Motor MotoGP jadi teknologi yang di gunakan pastinya yang paling canggih yang pernah ada.

Contohnya, pada pelek yang pakai 7-spoke Forged Magnesium, jelas tidak akan di temukan pada motor seharga 15 jutaan rupiah.

Dan motor ini dibangun semirip mungkin dengan versi motoGP nya yaitu RC213V, baik dari proses produksi yang Hand Made, hingga treatment yang di lakukan pada setiap komponen motor.

Motor tercanggih dan termahal


2. Vyrus 987 C3 4V

Di banderol seharga US$91,700 atau jika di-Rupiah-kan dengan Kurs 13.000, harga motor ini sama dengan uang sebanyak Rp. 1.192.100.000,-

Tidak jauh berbeda dengan motor eksklusif lainnya yang di banderol milyaran, motor asal Italia ini di buat terbatas dan butuh waktu 4 bulan untuk menyelesaikan satu unit motor yang dipesan.

Salah satu yang istimewa dari motor ini adalah sistem suspensi yang menggunakan lengan ayun di bagian depan dan belakangnya. Membuat tampilannya berbeda dari motor pada umumnya.

Sektor mesin cukup meyakinkan dengan kapasitas 1198 CC type overbore (Bore 106 mm, Stroke 67.9 mm) didukung sistem katup Desmodromic berpenggerak gear sehingga mampu menghasilkan daya 167 HP dengan kecepatan maksimum yang bisa diraih adalah 295 Km/jam.

Baca juga : Macam-macam sistem Penggerak poros Kem

Motor tercanggih dan termahal


3. Dodge Tomahawk v10 SuperBike

Kendaraan ini sebenarnya masih tanda tanya, apakah masuk kategori motor atau mobil karena Dodge menggunakan empat roda, sedangkan Menurut National Highway Traffic Safety Administration definisi sepeda motor seharusnya tidak lebih dari tiga roda.

By the way, motor eksotis yang satu ini menggunakan mesin kapasitas 8.3 liter V10 4-Tak yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 500 HP.

Beberapa sumber melaporkan bahwasanya Dodge Tomahawk mampu melaju hingga 400 mph atau 600 km/jam.

Tapi konon angka tersebut belum benar-benar teruji, tapi hanya dari hasil perhitungan matematis dengan memperhatikan parameter seperti daya kuda dan rasio gear tanpa memperhitungkan tahanan angin, gesekan dan faktor penghambat lainnya.

Jadi masih sekedar teori, mungkin suatu saat produsennya akan melakukan uji coba di untuk membuktikan klaim tersebut. Kalau sampai kecepatan 600 Km/jam harus di uji coba di Salt lake City sepertinya untuk lebih leluasa.

Dodge Tomahawk dihargai US$500,000 atau sekitar henam milyard. Ehm-uhuk-uhuk, kok tiba-tiba tenggorokan terasa gatal.

Motor tercanggih dan termahal


4. MTT New 420 RR

Sebenarnya tidak ada banderol harga yang terlihat saat menjelajah website resminya.

Tapi melihat versi pendahulunya yang ditawarkan hanya US$175,000 atau Rp. 2.366.000.000, MTT 420 RR pastilah tidak jauh-jauh dari angka tersebut, apalagi motor ini dibuat sangat terbatas alias limited edition.

Desainya lebih baik dari pada type MTT Y2K, MTT 420 RR terlihat seperti layaknya motor sport.

Faktor mahalnya sudah, terus canggihya dimana? Kecanggihan motor ini adalah pada mesin yang digunakan.

Motor ini tidak pakai mesin biasa yang jamak digunakan pada sepeda motor tapi pakai mesin turbin buatan Roll Royce yang biasa di pakai helikopter.

Dengan mesin itu, MTT 420 RR bisa melaju hingga 400 Km/jam. Dengan power maksimum 420 HP di 52.000 RPM, dengan torsi 500 ft/lbs @ 2,000-rpm

Transmisinya hanya 2 percepatan, masih kalah banyak dengan motor bebek yang biasa dipakai balapan Road Race.

Seperti layaknya motor balap, MTT 420 tidak dilengkapi kaca spion, sebagai gantinya, dipasang kamera di bodi belakang yang terhubung ke layar di kokpit.

Motor ini tidak hanya mahal tapi juga boros, bayangkan saja, untuk jalan-jalan selama kurang-lebih 30 menit menghabiskan bahan bakar sebanyak 34 liter.

Untungnya mesin ini bisa menggunakan solar, tapi tetap saja biaya opersionalnya super mahal, Jadi tidak berlebihan jika motor ini masuk daftar paling mahal dan paling canggih di dunia.

Motor tercanggih dan termahal


5. MV Agusta F4 CC

Sekilas motor ini tampak seperti motor sport pada umumnya hanya saja lebih memilih warna gelap dengan dominan hitam.

Yang istimewa tentu saja harganya, $120,000 untuk dapat menebus motor yang dibuat hanya 100 unit ini.

Terus canggihnya dimana?

Kecanggihan dari motor ini di tandai dengan penggunaan knalpot racing berbahan titanium dan karbon fiber untuk fairingnya.

Motor inipun sudah menjalani diet ketat dengan memanfaatkan bahan magnesium pada gearbox, kopling dan altenator.

Sehingga bisa membuatnya melaju hingga 315 Km/Jam, dan itupun karena sudah di limit oleh MV Agusta untuk keamanan karena keterbatasan yang mungkin terjadi seperti ketersediaan Ban high-performance di tempat konsumen.

Motor tercanggih dan termahal


Itulah 5 motor canggih dan mahal seharga milyaran. Lihat nol berjejer-jejer rasanya mata berkunang-kunang.

Beberapa motor canggih seharga milyaran tersebut tentu tidak menjadi kendaraan transportasi sehari-hari, ada yang hanya dipakai sebulan sekali saat liburan, ada yang menjadi subjek pajangan sebagai barang seni.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment