5 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Seiring dengan semakin beragamnya fungsi dari sebuah ponsel maka kebutuhannya pun tidak hanya sekedar pulsa reguler khusus SMS/Telepon.

Sepaket data dengan jumlah batasan kuota atau paket limited dengan FUP terbatas sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan mendasar dari ponsel masa kini.

Harga paket internet yang mahal membuat pengguna ponsel harus pintar-pintar menghemat kuota internet di android mereka.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Berikut ini adalah 5 cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android.

1. Kurangi nonton Video

Sekarang dimana-mana kita bisa menemukan beragam tontonan dari yang hanya berdurasi pendek hingga menengah.

Video Youtube atau video yang di share ke sosmed dengan caption yang bikin penasaran membuat kita gatal untuk mengkliknya.

Jika anda sayang dengan kuota data, untuk menghemat Kuota Internet di Android sebaiknya kurangi nonton klip-klip pendek yang dibagikan di sosmed, apalagi streaming video seleb yang sedang siaran langsung.

Video-video pendek yang dibagikan di sosmed tersebut sepertinya tidak "memakan" banyak kuota, tapi meskipun kecil jika sering menonton klip pendek tersebut maka Kuota internet anda akan cepat terkuras.

Begitu juga untuk Video yang ada di Youtube sebaiknya dikurangi, jika pun terpaksa harus menonton Youtube, seting pengaturan kualitas video ke Low. Memang sedikit kurang nyaman karena gambarnya akan buram tapi langkah ini bisa lebih menghemat kuota.


2. Kontrol Update Aplikasi

Aplikasi yang terpasang di ponsel akan selalu melakukan update berkala untuk menyempurnakan kinerja dan melakukan penambahan fitur. Semakin banyak aplikasi yang diinstal maka akan semakin banyak kuota yang tersedot saat mereka melakukan update.

Memang saat update biasanya tidak makan kuota banyak, ada aplikasi yang hanya perlu mendownload 10 MB untuk update tapi ada juga yang jarang update tapi begitu update bisa sampai 30-50 MB sekali update.

Kontrol Aktifitas update ini agar hanya melakukan update ketika terhubung ke jaringan Wi-fi saja. Atau anda bisa mematikan auto-update sekalian.

Tapi anda tetap harus meng-update aplikasi anda secara berkala, karena biasanya perbaikan dari fitur security sangat penting untuk akun anda, dan versi terbaru tentu akan bekerja lebih baik dari versi lama.


3. Cari area Hotspot gratis

Perbanyak info lokasi hotspot gratis dan pastikan anda selalu updet informasinya.

Jadi ketika anda butuh update aplikasi yang memakan kuota atau streaming felm terbaru, anda bisa nongkrong di tempat Hotspot gratis dan bisa mencari dimana dan jam berapa yang tidak terlalu ramai penggunanya.


4. Pilah-pilih Aplikasi Sosmed

Semakin banyaknya aplikasi chatting yang bertebaran bikin penasaran pingin mencoba semuanya lalu menginstal semuanya, dari mulai BBM, WA, Wechat, Instagram, Line, Path, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Setelah instal, daftar, coba-coba fitur dan akhirnya hanya satu dua saja yang benar-benar aktif digunakan, sisanya hanya menjadi penggembira di Home Screen.

Pilah-pilih aplikasi sosmed yang ingin digunakan, cukup instal yang benar-benar aktif anda gunakan saja hapus sisanya jika anda memang ingin menghemat kuota internet di Android.


5. Matikan Jaringan Data

Tidak ada cara paling ampuh untuk menghemat kuota internet selain mematikan jaringan data. Kuota anda akan tetap tak “tersentuh” selama anda mematikan Jaringan Data.

Tampaknya bercanda tapi ini serius, Ada saat-saat anda tidak perlu terkoneksi dengan dunia luar melalui internet, seperti saat istirahat dimalam hari.

Saat anda berangkat tidur jangan lupa untuk mematikan koneksi data untuk menghemat kuota. Jangan takut “hilang kontak” karena anda masih bisa dihubungi melalu SMS dan Telepon jika ada kondisi darurat.


Itulah Cara menghemat Kuota Internet di Smartphone Android, semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment