Cara Merubah Google Maps jadi Bahasa Indonesia


Google Maps menjadi aplikasi andalan bagi mereka yang akan bepergian jauh atau sedang ingin menjelajah kota yang baru saja disinggahi.

Dengan bantuan Google Maps kita tidak perlu lagi khawatir tersesat, atau "disesatkan" pengguna jalan lain yang mungkin salah menunjukan arah yang ingin kita tuju.

Untuk pengguna kendaraan roda empat, suara petunjuk arah berbahasa Inggris pun tidak mengapa karena pengemudi dapat melihat langsung dilayar ponsel yang bisa diletakan di dashboard mobil.

Tapi bagi pengguna sepeda motor, hal ini tentu bisa dilema. Karena bisa berbahaya jika berkendara sambil mengawasi arah GPS, Meskipun handphone diletakan pada Braket atau ponsel holder yang diikatkan ke stang.

Lagipula penggunaan braket ini konon katanya melanggar aturan lalulintas karena memasang perlengkapan yang mengganggu keselamatan. Meskipun ternyata katanya lagi itu hanyalah isu semata.

Terlepas dari semua itu, Ponsel Android sudah canggih sehingga tidak terpaku pada satu metode pengoperasian, kalau memang kesulitan berkendara sambil lihat google maps, yaa cukup di dengarkan saja.

Google Maps akan menginformasikan jalur yang akan dilalui melalui suara, jadi ponsel tetap di simpan dalam kantong atau tas dan dihubungkan ke head set.

Tapi secara default biasanya Google Maps pakai suaranya orang inggris yang tentu saja pakai bahasa inggris juga.

Kalau anda termasuk yang memiliki keterbatasan dan kendala bahasa, khususnya bahasa inggris. Anda bisa merubah suara Google Map menjadi bahasa Indonesia.

Merubah Google Maps jadi Bahasa Indonesia

Untuk merubah suara Google menjadi Bahasa Indonesia sangatlah mudah.

Pastikan Goole Maps yang ada di ponsel anda adalah versi yang terbaru.

Untuk merubah Suara Google Maps ke bahasa Indonesia, Anda hanya perlu merubah bahasa Ponsel ke Bahasa Indonesia.

Caranya masuk ke Setting >> Language anda Input >> Language dan pilih Bahasa Indonesia.

Merubah Google Maps jadi Bahasa Indonesia

Selesai, semudah itulah cara merubah bahasa Google Maps menjadi Bahasa Indonesia.

Untuk memastikan Bahasa panduannya sudah berubah ke bahasa Indonesia, Anda bisa memeriksanya melalui menu Setting yang ada di Google Maps.

Buka aplikasi Google Maps, Tap pada ikon tiga garis di kiri atas layar

Merubah Google Maps jadi Bahasa Indonesia

Kemudian pilih Setelan >> Setelan Navigasi >> Putar Suara Percobaan.

Merubah Google Maps jadi Bahasa Indonesia

Bagaimana, mudah bukan? Jadi anda tidak perlu lagi mengira-ngira, mentranslate bahasa di ruang logika, ketika muncul perintah dari Google map untuk siap-siap berubah arah.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment