Cara menjadikan HP Android sebagai modem

Meskipun sudah punya handphone Android yang bisa menjelajah dunia maya, terkadang kita ingin juga browsing-browsing lewat PC atau laptop karena bisa lebih leluasa dengan ukuran layar yang lebih lebar.

Keterbatasan sarana dan prasarana membuat sebuah Komputer atau Laptop untuk terhubung dengan jaringan internet menjadi tidak mungkin.

Sebuah komputer atau laptop perlu Modem atau jaringan Wi-fi untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet.

Harga modem sendiri cukup lumayan mahal sedangkan jaringan Wi-fi tidak bisa menjangkau semua area apalagi kalau cari yang gratisan.

Untungnya sebuah Smartphone android bisa dimanfaatkan sebagai modem dengan dua metode koneksi yang bisa di gunakan.

Cara menjadikan HP Android sebagai modem

Dua cara yang bisa diterapkan tersebut adalah melalui sambungan Wi-fi dan melalui Kabel Data.

Cara Menjadikan HP Android sebagai Modem

Lewat Kabel Data

Menjadikan ponsel Android sebagai modem lewat sambungan kabel data bisa dilakukan dengan melakukan sedikit pengaturan sebagai berikut.

Hubungkan ponsel dan Komputer / Laptop via Kabel Data.

Selanjutnya Anda perlu mengaktifkan USB Thatering/Penambatan USB agar ponsel android bisa berfungsi sebagai Modem.

Pengaturan ini akan berbeda untuk setiap ponsel, tapi biasanya berada di sekitaran Connection atau di Menu Wireless and Network.

Setelah USB Thatering aktif maka komputer otomatis akan terhubung ke jaringan dengan ponsel android sebagai modemnya

Cara hp jadi modem lewat kabel data ini sangat mudah di lakukan dan tidak terlalu banyak pengaturan yang harus dilakukan


Lewat Wi-fi

Untuk menjadikan smartphone android sebagai modem yang terhubung ke komputer via Wi-fi, Anda perlu memastikan komputer anda memiliki perangkat hardware penerima sinyal Wi-fi.

Kalau untuk Laptop biasanya dan umunya sudah dilengkapi dengan Wi-fi receifter, tapi anda perlu pastikan bahwa perangkat Wi-fi tersebut bekerja normal.

Cara menjadikan hp sebagai modem lewat Wi-fi cukup mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan Wi-fi Thatering and Portable Hotspot atau mungkin di ponsel lain bernama Mobile Hotspot.

Jika anda baru pertama kali mengaktifkannya, mungkin anda perlu mengatur Network SSID dan Password untuk syarat mengakses jaringan Wi-fi Anda.

Setelah pengaturan di ponsel selesai, saatnya anda beralih ke Laptop atau Komputer dan perhatikan ikon sinyal di sudut kanan bawah layar laptop.

Jika jaringan Wi-fi yang di sebarkan oleh ponsel anda sudah terdeteksi di laptop maka klik Connect dan masukan password maka laptop anda pun sudah terhubung ke internet dengan menjadikan ponsel sebagai modemnya yang terhubung dengan laptop melalui jaringan Wi-fi.


Itulah cara mudah menjadikan HP Android sebagai Modem, Cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan.


Kelebihan dan Kekurangan menjadikan HP Android sebagai Modem

Kelebihannya
  • Lebih hemat, Cara ini dapat menghemat biaya membeli modem dan juga Kuota internet. Cukup beli paket internet untuk Smartphone dan share ke Laptop lewat kabel data atau Wi-fi jika diperlukan.
  • Praktis, Ponsel bisa Multi-fungsi, sebagai alat komunikasi juga sebagai Modem. Tidak perlu bawa modem kemana-mana yang bisa saja terselip dan malah hilang.

Kekurangan
  • Koneksi tidak maksimal karena ponsel android sendiri membutuhkan jaringan tersebut untuk keperluan pribadinya.
  • Kerja Ponsel menjadi semakin berat ketika berfungsi sebagai modem dan rentan menjadi panas. Hal ini bisa mempengaruhi umur komponen ponsel sehingga dapat mempersingkat masa pakai ponsel khususnya untuk baterai.
  • Dari segi keamanan juga perlu menjadi perhatian karena orang lain bisa melihat jaringan yang tersebar lewat ponsel anda dan bisa saja iseng untuk mencoba "masuk" tanpa ijin. Sehingga perlu untuk membuat password yang rumit agar tidak mudah di tebak dan di retas.

Itulah dua cara menjadikan HP Android sebagai modem yang bisa anda praktekan. Semoga bermanfaat.

Please Share Artikel "Cara menjadikan HP Android sebagai modem" ini :)

0 Response to "Cara menjadikan HP Android sebagai modem"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar anda.