Cara Setting Ponsel Samsung untuk dijadikan Hotspot


Cara Setting Ponsel Samsung untuk dijadikan Hotspot. Terhubung dengan internet sudah bagaikan menjadi kewajiban bagi kaum milenial saat ini.

Jaringan internet dapat diakses melalui Smartphone Android dengan paket internet oleh kartu seluler atau lewat Wi-fi.

Sumber jaringan Wi-fi bisa dari mana saja entah itu Cafe, Alun-alun, Wi-fi sekolah atau dari hape kita sendiri.

Yaa kadang kala ada saatnya kita perlu berbagi koneksi internet kepada teman yang kebetulan lagi kehabisan kuota hanya untuk sekedar mencari bahan untuk menyelseaikan tugas sekolah di Google.

Untungnya Smartphone pada umumnya bisa dijadikan sebagai Hotspot Wi-fi, termasuk Ponsel Samsung.

Pada ponsel Samsung dan sebenarnya ponsel android umumnya juga sama. Mereka semua bisa dijadikan Hotspot dengan langkah mudah dan tanpa perlu menambahkan hrdware khusus, yang penting siapkan saja kuota banyak, karena kalau ada smartphone yang terhubung ke Wi-fi kadang suka "latah", tiba-tiba update otomatis. Yang numpang sih enak, yang punya kuota yang sedih.

Cara Setting Ponsel Samsung untuk dijadikan Hotspot.

Sekedar informasi, untuk berbagi jaringan internet dari ponsel Samsung, ada 3 cara yang bisa di lakukan antara lain ;

1. HP Samsung jadi Hotspot

Cara ini paling umum dan paling mudah serta menghasilkan koneksi yang lebih cepat di klien. HP Samsung akan berperan layaknya Router dan bisa melayani hingga 10 perangkat sekaligus (tergantung type ponsel).

Yang perlu di perhatikan adlah ketika banyak yang numpang di jaringan anda melalui Hotspot SAmsung, maka kuota anda akan cepat terkuras dan baterai ponsel anda akan boros.

Untuk mengaktifkan hotspot di HP Samsung langsung saja masuk ke menu
Pengaturan > Koneksi > Hotspot selular dan penambatan > aktifkan opsi Hotspotnya dengan menggeser slider hingga berubah warna menjadi hijau atau biru.
Anda bisa mengganti nama Hotspot (SSID) dan password di HP Samsung agar lebih terpersonalisasi.


2. Tethering di Samsung via Bluetooth

Ini bisa digunakan jika perangkat klien tidak memiliki perangkat Wi-fi receifer. Biasanya PC/laptop lawas atau ponsel lawas.

PC/Laptop lawas umunya masih mengandalkan Bluetooth sebagai sarana saling berkomunikasi dengan perangkay lainnya.

Nah disini ponsel android tetap bisa mengakomodasi kebutuhan perangkat tersebut terhadap koneksi internet dengan menjadi Hotspot seluer yang berbagi melalui jaringan Bluetooth.

Namun sebenanrya ini bukanlah barang baru, karena sejak jaman ponsel Java, berbagi koneksi antar ponsel dengan PC melalui Bluetooth sudah bisa dilakukan meskipun belum secanggih sekarang.

Untuk mengaktifkan thatring Bluetooth, caranya tidaklah sulit dan tidak jauh berbeda dengan cara mengaktifkan thatering Wi-fi diatas.

Anda tinggal memilih opsi Thatering Bluetooth kemudian lakukan pairing dengan perangkat lain yang ingin terkoneksi.

Kelemahan dari penggunaan Bluetooth sebagai media transfer data adalah pada kecepatan transfer ratenya yang lebih rendah daripada Wi-fi.


3. Penambatan USB HP Samsung

Kalau yang ini menggunakan kabel data, bisa dibilang ponsel akan berperan layaknya modem untuk PC atau Laptop yang terkoneksi dengannya. Jadi cara ini khusus untuk perangkat Laptop dan PC.

Untuk membuat PC/Laptop agar dapat terkoneksi dengan internet maka hubungkan ponsel Samsung dengan mengaktifkan opsi "Penambatan USB", maka nanti ponsel samsung akan terdeteksi oleh PC/Laptop dan menginstal Driver yang dibutuhkan.

Jika sudah selesai maka otomatis PC/Laptop akan terkoneksi ke jaringan internet melaui Ponsel SAmsung anda.

Cara ini bisa lebih menghemat baterai ponsel karena, ponsel selalu tercharge melalu sambungan USB Cable.


Itulah cara setting Ponsel SAmsung untuk dijadikan Hotspot melalui 3 metode, Wifi, Bluetooth dan USB Cable, semoga bermanfaat.


Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment