Tips Aman terhubung di Hotspot WiFi gratis

Hari Gini, dapat koneksi Wi-fi gratis bagaikan menemukan Oase di padang pasir yang luas. Apalagi kalau quota sudah kritis, nikmatnya benar-benar tiada duanya.

Internet gratis melalui jaringan Wi-fi menjadi salah satu strategi untuik menarik calon konsumen, oleh karena itu di berbagai tempat seperti Cafe, Warung makan, tempat pencucian motor ataupun tempat-tempat umum menawarkan Wifi yang bisa diakses dengan gratis.

Tapi namanya gratisan, akan banyak sekali perangkat yang terkoneksi di jaringan tersebut dengan berbagai alasan dan keperluan.

Dan jika dalam suatu jaringan tersebut ada yang usil bin jahil suka ngintip-ngintip perangkat orang lain, maka privacy anda bisa terusik.

Akun Sosmed anda bisa saja di ambil alih, data perbankan bisa saja di ulik-ulik jika kebetulan anda menggunakan internet banking saat berada di jaringan Wi-fi.

Tips Aman terhubung di Hotspot WiFi gratis

Jadi bagaimana biar aman saat terhubung di jaringan Hotspot wifi gratis. Berikut ini adalah Tips aman saat terhubung di hootspot Wifi gratis.

1. Hindari menggunakan sosial media atau hal lainnya yang membutuhkan akses login dan password. Jika pun terpaksa, pastikan anda sudah mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk memastikan akun anda aman dari tangan jahil. Dan segera logout jika urusan sudah selesai.


2. Jangan mengatur secara otomatis koneksi wireless dengan jaringan yang terdekat, sebaiknya pilihlah secara manual jaringan Wifi dari hotspot yang tersedia. Dan jangan biarkan Smartphone terkoneksi secara otomatis ke jaringan Wi-fi yang tidak dikenal.


3. Waspada terhadap jaringan Wi-fi tanpa password, pastikan jaringan yang akan anda gunakan benar-benar aman, meskipun yang berpassword pun tetap di waspadai dan perlu diketahui sumber jaringannya dan siapa pemiliknya.


4. Non-aktifkan fitur file sharing pada smartphone atau laptop agar tidak bisa diakses oleh user lain yang ada di jaringan Wifi yang sedang anda gunakan.


5. Jangan pernah melakukan transaksi online saat terhubung dijaringan WI-fi, apalagi sampai masuk ke akun perbankan melalui internet banking meskipun hanya untuk mengecek saldo rekening.


6. Lengkapi Smartphone anda dengan antivirus terupdate, ini akan mempersulit serta mencegah upaya malware dan spyware yang mungkin mencoba masuk ke sistem sndroid anda. Banyak pilihan anti virus yang bisa digunakan mulai yang gratis dan berbayar, pilihlah salah satu untuk mengamankan smartphone anda.


7. Saat tidak digunakan, Jangan biarkan perangkat anda terus-terusan terhubung ke jaringan wi-fi gratis tanpa pengamatan.

Karena saat kondisi idle ini, mungkin saja perangkat anda sedang di akses secara remote oleh orang lain dari jauh. Jadi sebaiknya matikan koneksi ke jaringan hotspot wi-fi segera, setelah anda selesai menggunakannya atau sedang tidak menggunakannya.


8. Gunakan Wifi gratis hanya untuk keperluan umum dan standart saja seperti browsing untuk mencari informasi bahan tugas kuliah, membaca informasi terkini dari portal berita atau download file gajah (file berukuran besar) untuk menghemat kuota data data.


Itulah Tips Aman saat terhubung di jaringan Hospot WI-fi gratisan yang semoga bisa membuat anda merasa sedikit lebih aman sat bereselancar menggunakan internet gratis.

Saat terkoneksi di sebuah jaringan wifi gratis, anda berada di sebuah jaringan terbuka dan data anda tidak benar-benar aman. Setidaknya, pemilik jaringan Wi-fi bisa saja mengetahui aktifitas anda selama berada di jaringannya.

Jadi meskipun tidak ada pengguna lain yang usil mengerjai pernagkat anda, aktifitas anda selama terkoneksi di jaringan wi-fi, bisa saja diketahui oleh pemilik jaringan.

Share Informasi "Tips Aman terhubung di Hotspot WiFi gratis" ini ke temanmu :)