Cara Mengganti Pompa Bensin mobil Toyota Avanza

Pompa bensin pada mobil menjadi komponen penting untuk menyalurkan bahan bakar pada mesin.

Jika komponen ini rusak maka aliran bahan bakar pun terganggu atau malah terhenti, otomatis mesin pun tidak bisa dihidupkan.

Terkadang penggantian perangkat pompa bensin tidak hanya karena terjadi masalah pada fuel pump. Tapi bisa juga karena ada komponen lain yang mengalami kerusakan.

Seperti kerusakan pada pipa saluran bensin yang pecah, sebenarnya kondisi pompa masih dalam keadaan baik hanya saja pipa saluran bensin yang keluar dari tangki mengalami kerusakan alias pecah.

Jadi, ketika mesin berhenti atau parkir tidak ada masalah tetesan bensin dari area tangki namun ketika kunci kontak di On-kan dan terdengar pompa bensin bekerja maka terlihat tetesan bensin yang mengalir dari sekitar tangki dan setelah di periksa ternyata pipa saluran bensin dari tangki, pecah.

Setelah di coba mengakalinya dengan berbagai aneka lem, ternyata tidak menyelesaikan masalah, dan bensin tetap saja mengalir deras dari tangki menetes ke kolong mobil setiap kali kunci kontak di putar ke ON.

Oleh karenanya setelah mempertimbangkan perhitungan efisiensi waktu dan tenaga, maka di putuskan untuk menggantinya.

Proses, menganti pompa bensin mobil Toyota Avanza sebenarnya relatif mudah. Hanya saja perlu merayap di bawah mobil. Dan anda perlu bantuan seseorang untuk mengerjakannya. Karena letak fuel pump Avanza berada di tangki bensin, jadi harus melepas tangki dari tempatnya.

fuel pump avanza, mengganti fuel pump avanza


Pertama-tama dongkrak bagian sisi mobil yang menjadi tempat bertenggernya tangki bensin Avanza. Untuk Toyota Avanza letak tangki berada di sebelah kanan mobil.

Baca juga : Cara mengetahui letak tangki bensin Mobil

Jadi, dongkrak ban kanan bagian belakang sehingga ruang gerak sedikit lebih lapang agar anda mudah masuk ke bawah kolong mobil.

Setelah mobil terdongkrak dengan ketinggian yang cukup, ganjal bagian as roda menggunakan Jack Stand atau Balok kayu yang cukup besar dan kokoh untuk memastikan mobil tidak bergerak saat anda bekerja.

Jangan hanya mengandalkan dongkrak saja untuk menahan beban mobil karena, Bahaya!!!

Sangat beresiko, Jika hanya mengandalkan dongkrak sedangkan anda akan bekerja di bawah kolong mobil.

ganjal as roda, mendongkrak avanza,

Setelah mobil terdongkrak sempurna dan anda bisa leluasa masuk ke kolong mobil, longgarkan empat baut pengikat tangki, jangan langsung di lepas (longgarkan saja). Perhatikan pipa-pipa atau kabel-kabel yang terhubung ke tangki.

Di bagian belakang terdapat dua pipa yang mengarah ke corong pengisian bensin dan perlu dilepas terlebih dahulu. Kemudian ada kabel yang terhubung via socket ke tangki.

Sebaiknya anda menyiapkan balok balok kayu (kira-kira berukuran PxLxT 100x20x10 cm) yang disusun di bawah tangki untuk menahan tangki ketika semua baut sudah terlepas.

Kemudian keluarkan balok kayu tersebut satu persatu hingga tangki turun sempurna sambil memperhatikan kabel dan selang yang terhubung ke tangki.

tangki avanza, melepas tangki avanza

Setelah tangki turun sempurna, anda bisa menariknya keluar dari kolong. Beri alas di bagian bawah tangki dengan kardus atau kain agar ketika anda menariknya keluar, tangki tidak bergesekan langsung dengan permukaan lantai/tanah yang bisa membuatnya tergores, lecet atau malah bocor.

Setelah ini, pekerjaan mengganti pompa bensin yang ada di tangki Avanza semakin mudah, anda bisa melepas pompa bensin Avanza yang terletak di tangki dengan melonggarkan baut pengikatnya menggunakan kunci “8”.

melepas tangki avanza

Pisahkan pompa bensin avanza lama dari plat yang menjadi penahannya ke tangki. Kemudian pasangkan pompa bensin baru ke tangki, jangan lupa karet sealnya.

pompa bensin avanza, ganti pompa bensin avanza

Setelah selesai, pasangkan kembali tangki Avanza kedudukannya.

Agar lebih memudahkan proses pemasangan, Karena tangki Avanza cukup berat, apalagi kalau isinya masih penuh, Anda bisa kembali memanfaatkan balok kayu yang di susun layer per layer hingga tangki terangkat sedikit demi sedikit hingga mendekati dudukannya dan lubang bautnya sudah center.

Pasangkan baut-bautnya, jangan lupa pasangkan juga selang dan kabel yang terhubung ke pompa bensin melalui soket yang tersedia.

Karena fuel pump avanza bersifat elektrik maka anda harus memasang kabel ini, yang akan berguna sebagai aliran sumber power untuk pompa bensin. Jika tidak, maka pompa bensin avanza tidak akan bekerja.

Sebelum mengencangkan semua baut-bautnya, ada baiknya anda mencoba kerja pompa apakah sudah berfungsi normal dengan memutar kunci kontak ke posisi ON.

Jika sudah yakin Fuel Pump bekerja sempurna, kencangkan semua baut, pasang kembali selang yang terhubung dengan corong di tangki dan periksa kembali apakah semua sudah terpasang sebelum menurunkan dongkrak.

Selesai, itulah informasi mengenai Cara mengganti pompa bensin mobil Toyota Avanza, semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar anda.

Click to comment